Home Batu Cincin Jenis-jenis Batu Kalimaya

Jenis-jenis Batu Kalimaya

0
1913
Bentuk Batu Kalimaya
Bentuk Batu Kalimaya

Di kalangan penggemar batu mulia, batu kalimaya atau batu opal, menjadi salah satu batu berharga yang bisa disetarakan dengan batu mulia yang lain sepert batu zamrud, batu safir, batu ruby, dan batu mulia lainnya. Selain Indonesia, batu kalimaya ternyata banyak dihasilkan Negara-negara di sekitar Amerika latin dan benua Australia. Meski demikian, bila dibandingkan dengan batu kalimaya dari Negara lain. Batu kalimaya negeri sendiri, terutama batu kalimaya Banten gak kalah dengan batu kalimaya dari luar negeri. Bahkan Batu Kalimaya Banten sudah diakui sebagai Batu Kalimaya terbaik di dunia.

Selama ini batu Kalimaya yang tersebar di kalangan penggemar batu cincin hanya sebatas batu kalimaya yang berjenis putih susu. Padahal, batu kalimaya memiliki begitu banyak varian. Varian itu dibedakan berdasarkan warna dasar, permainan warna (play of color), serta berdasarkan corak ynag paling dominan. Berikut beberapa jenis batu Kalimaya yang terdapat di dunia yang bisa Anda ketahui.

  • Batu Kalimaya Biasa

Meski memilki bahan mineral yang sama seperti batu kalimaya lainnya. Batu kalimaya berjenis biasa gak memiliki permainan warna sebagaimana biasanya batu kalimaya yang lain. Ia hanya memiliki warna dominan putih dan kadang hanya memiliki sangat sedikit permainan warna. Karena memang memiliki warna putih pekat seperti susu.

  • Batu Kalimaya Putih

Seperti halnya batu kalmiaya berjenis biasa, batu kalimaya putih memiliki sedikit sekali permainan warna. Biasanya berwarna putih, keabu-abuan, atau putih susu. Maka gak heran bila batu Kalimaya ini ada pula yang menyebutnya sebagai batu kalimaya susu.

  • Batu Kalimaya Hitam

Batu Kalimaya yang 1 ini memiliki dominan warna gelap atau kadang berawarna coklat kehitaman. Akan tetapi 1 hal yang unik dari batu kalimaya ini yakni ia kaya akan permainan warna. Sehingga akan tampak kontras sekali dengan warnanya yang dominan hitam. Terlebih lagi bila ia terkena sinar atau cahaya. Maka warna-warnanya akan tampak seperti pelangi.

  • Batu Kalimaya Boulder

Bila batu permata atau batu mulia yang lain memiliki bentuk yang sudah terasah dan terlepas dari batu-batuan/. Maka Batu Kalimaya Boulder adalah batu kalimaya yang bentuknya masih menempel pada bebatuan yang lain. Sehingga memang bagi sebagian besra orang, batu kalimaya ini belum cocok jika dimanfaatkan sebagai batu perhiasan.

  • Batu Kalimaya Matriks

Jenis batu kalimaya yang 1 ini mengingatkan kami pada salah satu film laga yang dibintangi Keanu Reaves. Yap, enis batu kalimaya ini adalah batu kalimaya matriks. Batu Kalimaya ini masih menempel pada bebatuan lainnya, dan memiliki garis dan bercak-bercak warna.

  • Batu Kalimaya Api

Batu Kalimaya api memiliki cirri yang sangat khas di samping memiliki warna yang mirip dengan warna api. Keunikan itu yakni wujud dari batu kalimaya ini yang tembus pandang. Biasanya berwarna merah, oranye, dan kuning, atau kadang berwarna kecoklatan dengan sedikit permainan warna atau bahkan gak memiliki sama sekali.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.