oleh

Jembatan Terpanjang Di Dunia

Jembatan merupakan sebuah alat penghubung antara satu tempat ke sesuatu tempat lainnya. Sebuah jembatan sangatlah berguna untuk kegitan mobilitas orang. Jembatan di jaman modern ini punya karakteristik kecanggihan yang luar biasa, jembatan-jembatan itu menghubungkan antara 2 tempat yang berbeda dengan jarak yang luar biasa jauh. Bahkan ada jembatan didunia ini yang punya jarak penghubung sampai mencapai 4, 3 mil atau sekitar 7 km, dari sekian banyaknya jembatan yang terdapat didunia, ada sekitar 5 jembatan yang punya jarak penghubung terpanjang di bandingkan dengan jembatan-jembatan lainnya,berikut jembatan terpanjang di dunia yang kami rangkum saat ini.

1. Jembatan Danyang–Kunshan Grand Bridge

Jembatan Kunshan Grand Bridge

Jembatan yang dibangun di tahu n 2010 diatas sungai Yangtze ini memegang rekor nomor 1. Dengan panjang 102. 4 mil melintasi sungai terpanjang di China. Pembangunannya sangat singkat, sekitar 4 tahun dengan mempekerjakan banyak orang lokal dan asing dengan jumlah pekerja tak kurang dari 10. 000 orang. Jembatan dengan panjang 164, 8 kilometer ini tercatat di buku rekor dunia.

Menurut perkiraan biaya yang dikeluarkan untuk pembangunannya sekitar USD8. 5 milyar. Bangunan ini juga merupakan satu-satunya bridge yang memiliki panjang lebih dari 150 kilometer. Merupakan bagian dari Beijing – Shanghai High Speed Railway dengan tipe Viaduct. Jika kalian berada di Nanjing, Shanghai tak ada salahnya mengunjungi salah satu ikon dunia ini.

2. Jembatan Tianjin Grand Bridge

Jembatan Tianjin Grand Bridge

The Tianjin Grand Bridge adalah bagian dari Beijing-Shanghai kereta api kecepatan tinggi. Ini merupakan jembatan yang terpanjang kedua didunia yang baru selesai dibangun pada tahun 2010 untuk melayani kemudian lintas kereta api.

Jembatan membentang antara kota-kota Langfang dan Qingzian. Pembangunan jembatan dimulai pada tahun 2006 dan membutuhkan waktu 4 tahun untuk menyelesaikannya. Lokasi utama jembatan adalah kota Hebei di Tianjin.

Dengan jarak penghubung jembatan yang mencapai 113.700 meter atau sekitar 113,7 km (70,6 mil) membuat jembatan Tianjin grand bridge ini menjadi jembatan terpanjang kedua di dunia.

3. Jembatan Weinan Weihe Grand Bridge

Jembatan Weinan Weihe Grand Bridge

Jembatan terpanjang ke-3 di dunia adalah Weinan Weihe Grand Bridge. Weinan Bridge merupakan 1 buah jembatan kereta api yang berada di China. Jalur kereta api yang menghubungkan kota Zhengzhou dan Xi’an di china, merupakan jalur kereta api tercepat di kota Zhengzhou ini. Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 2008 tetapi pada saat itu, jembatan jalur kereta api ini baru bisa digunakan untuk umum setelah februari 2010.

Kemudian di China terdapat lagi jembatan bernama Weinan Weihe Grand Bridge yang panjangnya 79, 7 km atau 49, 5 mil. Jembatan ini merupakan bagian dari High-Speed Railway yang menghubungkan Zhengzhou dan Xi’an, di Cina.

4. Jembatan Bang Na Expressway

Jembatan Bang Na Expressway

Jembatan terpanjang lebih lanjut adalah jembatan Bang Na Exspressway merupakan Jembatan yang secara resmi punya julukan Burapha Withi Expressway ini punya jarak penghubung sampai 55 km. jembatan yang terletak di Negara Thailand ini membutuhkan sekitar 1800 meter kubik beton untuk membangun keseluruhan badan jembatan. Tepat pada tahun 2010 jembatan ini resmi dibuka untuk umum.

Berada di negara Thailand terdapat sebuah jembatan yang sempat masuk di Guinnes World Record sebagai terpanjang di dunia pada tahun 2000 yakni bernama jembatan Bang Na Expressway. Jembatan ini memiliki panjang 54 km. Dalam pembangunan jembatan ini membutuhkan 1, 8 juta meter kubik beton.

5. Jembatan Beijing Grand Bridge

Jembatan Beijing Grand Bridge

Jembatan terpanjang di dunia lebih lanjut merupakan Beijing Grand Bridge. Dengan panjang penghubung sampai mencapai 48, 153 meter atau sekitar 29, 921 mil. Hanya membutuhkan waktu 1 tahun saja untuk membangun jembatan ini. Dibangun pada tahun 2010 dan tepat pada tahun 2011 jembatan ini sudah siap digunakan untuk umum.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE