oleh

Jejak Curiosity Terlihat Dari Luar Angkasa

— Jejak dari NASA’s Mars rover Curiosity di planet merah terlihat terang dalam gambar gres yang diambil oleh wahana ruang angkasa ‘bermata’ tajam. Foto rover, yang diambil pada 2 Januari oleh kamera HiRISE, wahana NASA Mars Reconnaissance Orbiter, menawarkan bekas jejak Curiosity semenjak mendarat di kawah besar Gale Planet Merah pada bulan Agustus 2012.

Tempat mendarat Curiosity itu, dijuluki “Bradbury Landing” untuk menghormati penulis sci-fi Ray Bradbury, muncul di sebelah kiri foto sebagai noda gelap.

Foto di atas menawarkan jalan Curiosity yang berkelok-kelok menuju ke lokasi ketika ini yaituYellowknife Bay. Robot beroda enam yang telah bergerak sekitar 2.300 kaki (700 meter) selama lima bulan pertama di Mars terlihat sebagai titik terang di arah kanan gambar itu, kata para peneliti.

Sementara itu, misi utama dari Curiosity yakni untuk mengusut apakah kawasan kawah Gale pernah bisa mendukung kehidupan mikroba.Curiosity membawa 17 kamera dan 10 instrumen pengetahuan yang berbeda untuk membantu pencarian ini.

Curiosity telah melintasi fatwa kuno dimana air mengalir pada masa lampau dan telah melihat gejala lain dari paparan air cair pada masa kemudian di kawasan Teluk Yellowknife.

Tim Misi ketika ini berkemas-kemas untuk memakai bor Curiosity untuk pertama kalinya. Dalam dua ahad ke depan atau lebih, mereka berencana untuk melaksanakan pengeboran sebuah watu di Yellowknife Bay yang disebut “John Klein”. Bor Curiosity akan memungkinkan para ilmuwan untuk mengintip 1 inci (2,5 cm) di dalam batu, lebih dalam dari yang telah dilakukan oleh rover mars lain sebelumnya.

Curiosity telah menemukan banyak hal yang menarik bersahabat lokasi pendaratan, tujuan simpulan robot Curiosity yakni dasar Gunung Sharp. Dengan tinggi 3,4 mil (5,5 kilometer) yang menyembul dari sentra kawah Gale.

Lapisan Gunung Sharp banyak menyimpan catatan kondisi lingkungan Mars dari waktu ke waktu dan ilmuwan berharap sanggup membaca perubahan itu ketika Curiosity mendaki di dasar gunung itu.

Curiosity kemungkinan akan ke arah Gunung Sharp yang terletak sekitar 6 mil (10 km) jauhnya, sesudah menuntaskan operasi pengeboran di Yellowknife Bay, kata para ilmuwan. [space]

News Feed