oleh

Jadi Astronot Mars One, Tidak Akan Pulang Ke Bumi Lagi

— Jika insan kesannya hingga ke planet Mars, salah satu planet dalam tata surya kita, maka orang yang bersangkutan tidak akan lagi pulang ke Bumi. Kenapa demikian? Meluncur ke Mars membutuhkan roket dan dana yang besar, kalau kembali ke Bumi siapa yang menyiapkan roket dan dana di sana?

Itulah satu dari beberapa ketentuan yang disampaikan Mars One, perusahaan non-profit asal Belanda yang berharap sanggup mengirim insan ke Mars pada tahun 2023. Selain tidak sanggup lagi kembali ke planet Bumi, insan tersebut minimal berusia 18 tahun, cerdas, serta dalam kondisi fisik dan mental yang prima.

Direktur Medis Mars One dan juga mantan peneliti NASA, Norbert Kraft, mengatakan, sudah lewat zaman insan terbang dengan pesawat supersonik. “Saat ini kami lebih perhatian pada bagaimana para astronot sanggup bersahabat dan bekerja sama dengan satu sama lain dalam perjalanan panjang dari Bumi ke Mars (sekitar 9 bulan perjalanan) dan untuk sepanjang hidup, menyongsong tantangan di depan,” ujar Kraft.

Koloni pertama yang dikirim dari Bumi ke Mars diprediksi akan mendarat pada April 2023. Anggota gres dari koloni itu akan menyusul dua tahun kemudian. Ditegaskan oleh Mars One, tidak satupun dari para pionir Mars ini yang akan kembali ke Bumi.

Untuk sanggup menerbangkan insan ke planet Mars, diharapkan dana 6 miliar dollar AS. Mars One optimistis sanggup menerima dana yang dibutuhkan, salah satunya dengan menggelar semacam reality show.

Sebagai tahap persiapan, Mars One akan lebih dulu meluncurkan satelit komunikasi dan suplai ke planet Mars pada 2016. Dua tahun kemudian, akan dikirim juga rover berukuran besar. Tertarik untuk berpastisipasi? [kompas, NGI]

News Feed