oleh

Inilah Warna Orisinil Langit Planet Mars

Warna orisinil langit planet Mars. Kredit: NASA, JPL-California Institute of Technology

 – Jika di siang hari kita melihat langit Bumi berwarna biru, bagaimana jikalau kita berada di Mars. Seperti apa warna langitnya?

Lembaga Antariksa Amerika Serikat, NASA merilis foto warna orisinil alias warna sebetulnya dari langit planet Mars. Foto tersebut diambil melalui robot penjelajah Curiosity yang berada di planet Mars semenjak dua tahun yang lalu.

Kenapa warna langit Mars terlihat coklat? Sebelumnya, kita cari tahu dulu mengapa warna langit Bumi yaitu biru.

Cahaya merupakan gelombang yang mempunyai panjang gelombang, frekuensi, dan frekuensi. Nah, cahaya matahari yang kita terima di Bumi merupakan cahaya polikromatik, yaitu cahaya yang terdiri dari 7 warna monokromatik (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu).

Untuk menuju Bumi, cahaya matahari harus melewati atmosfer. Sebelum melewati atsmosfer, cahaya berwarna putih, namun ketika melewati atmosfer, cahaya akab mengalami penghamburan.

Saat matahari di atas kepala kita, cahaya matahari yang melewati atmosfer akan bertabrakan dengan molekul udara, kemudian dihamburkan.
Pada insiden penghamburan cahaya, warna hijau-biru-ungu yaitu yang mempunyai frekuensi paling tinggi sehingga paling banyak dihamburkan.
Namun, langit berwarna biru, alasannya yaitu di dalam retina mata kita terdapat reseptor biru yang lebih sensitive untuk menangkap warna biru daripada ungu. Akibatnya, kesan warna yang paling lebih banyak didominasi yaitu warna biru.
Lalu, bagaimana dengan langit Mars yang berwarna coklat?

Atmosfer Mars terdiri dari 95% karbon dioksida, 3% nitrogen, 1,6% argon, serta mengandung jejak oksigen dan air.

Atmosfernya relatif berdebu dan mengandung partikulat berdiameter 1,5 µm yang memperlihatkan kenampakan kuning kecoklatan di langit Mars ketika dilihat dari permukaan.
Dengan banyaknya partikulat di atmosfer Mars, jikalau kita berada di sana maka kita akan melihat langit kecoklatan tanpa awan. Tekanan udara rendah dan kondisi Mars yang kering bisa menciptakan kita merasa terasingkan di sana.

INFO UPDATE