oleh

Inilah Tips Untuk Mengamati Hujan Meteor Dengan Nyaman

Mengamati hujan meteor dengan berbaring. Kredit: Bill Klinsman

 – Fenomena alam menarik akan terjadi di atas langit Indonesia mulai tanggal 27, 28 dan 29 Juli 2014 dini hari. Hujan Meteor Delta Aquarid akan jatuh ke segala penjuru langit dari rasi Aquarius.

Astrofisikawan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin menyampaikan fenomena hujan meteor dapat dilihat dengan menggunakan mata telanjang.

Agar optimal, upayakan melihat di kawasan yang jauh dari polusi cahaya. Hujan meteor juga sebaiknya diamati sesudah tengah malam, ini dikarenakan ketika itu langit sudah benar-benar gelap.

Apa ada cara terbaik untuk melihat hujan meteor? Ada, caranya hanya dengan berbaring menatap langit berharap melihat pergerakan meteor yang menakjubkan.

Pemburu hujan meteor sebaiknya menanti sambi berbaring di atas tanah atau bangku. Menanti jatuhnya meteor dapat berlangsung usang di udara dingin, jadi disarankan untuk menggunakan pakaian hangat. Jangan sambil main gadget, tidak akan berhasil.

Sebelum memutuskan untuk bangkit dini hari, sebaiknya mengecek prakiraan cuaca. Sebab, percuma Anda menunggu lama-lama dalam mendung atau hujan. Meteor hanya akan terlihat ketika langit cerah.

Biasakan mata dalam gelap, setidaknya 15 menit. Pertunjukan ini dapat berlangsung setidaknya setengah jam. Tak perlu alat khusus, ibarat teropong atau teleskop, alasannya ialah meteor bergerak terlalu cepat.

Selamat mengamati!

INFO UPDATE