oleh

Inilah Tangkapan Ikan Marlin Di Perairan Pantai Buleleng, Dan Tips Mancing Marlin

Jangan pernah mengaku pemancing sebelum menaklukan Ikan Berparuh (Billfish), alasannya yaitu Jenis berparuh dianggap paling besar lengan berkuasa bagi para pemancing handal. Kebanyakan dari jenis ini akan mempertontonkan atraksi yang cukup lengkap menyerupai menyelam, melompat, bagai menari dipermukaan air dengan perlawanan yang kuat.


Salah satu Billfish yaitu Marlin, ikan jenis ini terbilang tangguh, di kalangan para pemancing, Nah bagaimana caranya memancing ikan marlin?  terkadang walaupun umpan sudah dipasang dengan benar dan ikan sudah melihat keberadaan umpan tersebut, namun belum tentu ikan marlin mau memakannya. Tak jarang ikan hanya memain-mainkan umpan menggunakan ujung mulutnya yang lancip, kemudian pergi menjauh begitu saja.perlu tantangan.

Berikut Ini Tips Mancing Marlin :  

Persiapan Umpan

Tahap paling awal yaitu menyiapkan umpan. Umpan bisa berupa lure (umpan buatan), contohnya konaheaad (umpan berbentuk cumi-cumi), ikan segar, atau ikan hidup. Bila menggunakan lure, gunakan yang berujung miring-supaya bisa ‘melompat-lompat’ di permukaan air-dan bab kepalanya empuk kalau dipegang. Lure berwarna mencolok (merah, oranye, jingga) digunakan kalau air maritim agak keruh. Sedang lure berwarna perak, hitam perak, hitam biru, atau hijau digunakan kalau air maritim jernih.

Bila menggunakan ikan segar, terlebih dahulu isi perut dan insangnya dibuang. Setelah mata pancing dipasang, perut ikan dijahit kembali. Idealnya bobot ikan untuk umpan sekitar 0,5-1 kg. Bila bahtera dilengkapi dengan outrigger (alat khusus ‘pemegang’ kenur), di sebelah kanan bahtera dipasang umpan yang sanggup ‘melompat-lompat’, sedang di sebelah kirinya umpan yang ‘menyelam’. Umpan akan melompat-lompat kalau mata pancing dipasang di bab muka ikan. Supaya sanggup menyelam, mata pancing dipasang di perut bab bawah, dan di bab kepala dipasang timah pemberat.

Jenis ikan yang bisa digunakan sebagai umpan hidup ialah tongkol, kembung dan sejenisnya. Meskipun bobot ikan umpan bisa mencapai 30 kg, namun idealnya sekitar 2 ons/ekor. Supaya ikan umpan tidak cepat mati, mata pancing dipasang di atas kepala ikan dengan tali yang menembus kedua matanya, atau dipasang dangkal di bab punggunnya.

Persiapan Alat

Agar dengan kenur kecil bisa didapat ikan yang bobotnya berat, drag (pengatur kenur supaya los pada kekuatan tarik tertentu) harus disetel pada sepertiga kelas kenur. Misalnya kenur yang digunakan kelas 50 lb, drag disetel supaya pada beban seberat 16-17 lb, kenur eksklusif terulur.

Tabel berikut menunjukkan penyetelan drag untuk banyak sekali kelas kenur.

Ikatan kenur ke swivel (kili-kili) dan leader harus benar, supaya penurunan kekuatan kenur pada ikatan tersebut hanya berkurang 5-10 persen. Leader biasanya dibentuk dari monofilamen yang agak besar atau kawat. IGFA mengatur panjang leader maksimal + 9 m untuk kelas kenur lebih besar dari 20 lb, dan 4,57 m untuk kelas di bawah 20 lb. Leader berkhasiat untuk menarik ikan yang berhasil dipancing dan mencegah putusnya kenur lantaran tergores gigi ikan.

Kenur yang digunakan dianjurkan ukuran 30 lb atau 50 lb. Artinya, kenur bisa menahan beban tarikan maksimal 30 lb (15 kg) atau 50 lb (24 kg). Jika masih ragu-ragu, boleh juga menggunakan kenur 80 lb atau 130 lb (37 kg atau 60 kg) supaya risiko putus lebih kecil. Kelak, kalau sudah terbiasa memancing marlin, kenur yang lebih kecil (20 lb atau 10 lb) boleh dipakai. Dan pada ketika itulah puncak keasyikan memancing ikan besar sanggup dinikmati.

Diulur Lalu Di­-Strike, Berontak ke kiri

Marlin mempunyai sikap makan khusus. Ikan kecil yang akan dimakan selalu dipukul dahulu dengan ‘tombak’-nya sehingga ‘semaput’, gres kemudian disambar dengan bab kepala dicaplok lebih dahulu. Kebiasaan ini penting diketahui pemancing ikan marlin.

Saat umpan terlihat/terasa dipukul marlin, kenur harus segera diulur supaya umpan melayang menyerupai ikan sungguhan. Bila tidak, dipastikan marlin tidak akan menyambar umpan yang dipasang. Kenur cukup diulur selama sekitar 10 detik, kemudian kenur secepatnya di-strike (drag dinaikkan).

Bila menggunakan outrigger proses ini bisa berlangsung secara otomatis. Kenur akan terulur sekitar 20 meter. Tentu saja ketika itu reel harus dalam keadaan los. Kalau sudah terdengar bunyi, segera di-strike.


Cara Lain Menipu Marlin

Pemilihan Umpan

Dalam memancing ikan marlin, Anda bisa menggunakan umpan orisinil atau umpan buatan (lure). Umpan orisinil yang bisa digunakan menyerupai ikan tongkol, ikan kembung, dan sebagainya dalam kondisi yang segar, serta mempunyai bobot sekitar 2-5 ons/ekor. Sebelum dipasang di kail, perut ikan dan insangnya harus dibuang dahulu kemudian dijahit kembali.

Sementara itu, umpan buatan yang cocok diberikan kepada ikan marlin yaitu lure yang berbentuk ikan atau cumi-cumi. Usahakan umpan tersebut mempunyai kepala yang empuk dan panjangnya tidak sama supaya sanggup melompat-lompat ke permukaan air. Pada ketika kondisi air maritim sedang jernih, Anda bisa memasang lure yang berwarna mengkilap menyerupai perak, hitam keperakan, hitam kebiruan, atau hijua. Sedangkan bila air maritim keruh, gunakan lure yang berkelir mencolok menyerupai merah, kuning, dan jingga.

INFO UPDATE