oleh

Inilah Konsep Habitat Astronot Di Planet Mars

Ilustrasi astronot di Mars dan habitatnya. Kredit: NASA

 – Sekitar satu dekade mendatang, misi mendaratkan insan di planet Mars bakal dilakukan beberapa forum antariksa dunia, termasuk NASA. Yang menarik, konsep rumah atau habitat astronot Mars NASA tampak ibarat penggabungan antara hab Mark Watney di film “The Martian” dengan rumah Owen Lars, paman Luke Skywalker di film “Star Wars.”

Habitat rancangan NASA ini disebut, “Mars Ice Home“, yaitu sebuah kubah karet besar yang dikelilingi oleh cangkakng air es. NASA menyampaikan desain ini hanya salah satu dari banyak konsep potensial untuk membuat rumah yang berkelanjutan untuk penjelajah Mars di masa depan.

Konsep ini tiba dari tim di Langley Research Center NASA yang dimulai dengan konsep memakai sumber daya di Mars untuk membantu membangun habitat yang efektif untuk bisa melindungi insan dari unsur-unsur di permukaan Planet Merah, termasuk radiasi energi tinggi.

Teknisi senior sistem Langley, Kevin Vipavetz, yang ikut dalam mendesain habitat ini mengatakan, “Banyak ide-ide abnormal di tim kami, kami mengumpulkan ide-ide itu dan hasilnya membuat desain Mars Ice Home ini.”

Mars Ice Home merupakan jenis hunian yang secara teoritis memanfaatkan es di bawah tanah permukaan Mars yang baru-baru ini ditemukan para peneliti. Seperti rumah Iglo di kutub, Mars Ice Home sangat bergantung dengan fasadnya. Pasalnya, temperatur di dalam Mars Ice Home akan dijaga kehangatannya sampai 22 derajat celcius.

Bagian dalam Mars Ice Home. Kredit: NASA/Clouds AO/SEArch
Tim menyampaikan konsep Mars Ice Home sanggup memperlihatkan astronot Mars pertolongan dari radiasi, tanpa harus repot-repot membangun habitat di bawah tanah. Desain habitat ini memaksimalkan ketebalan es di yang melapisi dinding dan langit-langitnya untuk mengurangi paparan radiasi, namun masih memungkinkan cahaya Matahari untuk menyinari bab dalamnya.
Tidak ibarat model rumah Mars dikala ini yang memanfaatkan tanah Mars, Mars Ice Home akan bisa menahan tekanan sangat baik sampai 6,66 kilogram per inci persegi. Mars Ice Home akan berisi daerah tidur, daerah rekreasi, dan persiapan masakan serta ruang kerja dan ruangan kaca. Setiap rumah dibentuk untuk bisa menampung empat orang.

INFO UPDATE