oleh

Inilah Galaksi Spiral Terbesar Di Alam Semesta

— Para astronom telah menobatkan sebuah galaksi spiral yang paling besar di semesta yang dikala ini diketahui,galaksi spiral raksasa ini mempunyai ukuran 5 kali lebih besar dari galaksi Bima sakti kita.

Galaksi itu berjulukan NGC 6872,sebuah galaksi spiral terlarang yang berjarak 212 juta tahun cahaya di konstelasi selatan Pavo,kata ilmuwan yang mengumkannya (Januari 10).Jarak antara dua lengan spiral besar galaksi ini yaitu 522.000 tahun cahaya, dibandingkan dengan galaksi bima sakti yang keseluruhannya berukuran 100.000 tahun cahaya.

NGC 6872 mempunyai memiliki peringkat teratas diantara galaksi spiral paling besar lainnya yang sudah ditemukan.Galaksi ini di nobatkan sehabis studi data yang rinci yang dikumpulkan oleh sejumlah instrumen, termasuk pesawat ruang angkasa NASA Galaxy Evolution Explorer, atau GALEX.

“Tanpa kemampuan GALEX untuk mendeteksi sinar ultraviolet dari, bintang muda panas,mungkin kita tidak akan pernah mengakui temuan yang spektakuler ini, kata pemimpin ilmuwan Rafael Eufrasio dari NASA’s Goddard Space Flight Center reenbelt, Md, dan the Catholic University of America.

Eufrasio mempresentasikan akibatnya di 221st meeting of the American Astronomical Society di Long Beach,California.

Dia menekankan bahwa mungkin diluar sana masih ada galaksi lain yang lebih besar dari NGC 6872 yang menunggu untuk ditemukan dan di pelajari secara mendalam.

Ukuran besar NCG 6872 dan penampilannya yang gila yaitu konsekuensi dari interaksi gravitasi dengan galaksi tetangganya yang disebut IC 4970, yang hanya berisi 20% dari massa NGC 6872,kata para peneliti.

Simulasi dari komputer menawarkan bahwa IC 4970 menciptakan pendekatan terdekat dengan NGC 6872 sekitar 130 juta tahun yang lalu,membuat ledakan acara di bagian-bagian tertentu dari NCG 6872.

“Lengan dibagian timur maritim dari NGC 6872 yaitu yang paling terganggu dan paling tinggi dengan acara pembentukan bintang,di ujungnya terdapat sebuah objek yang seolah-olah dengan galaksi kerdil yang hanya terlihat dengan pertolongan sinar ultraviolet”,kata Duilia de Mello seorang profesor astronomi di Universitas Katolik.

Lengan NGC 6872, yang menghubungkan lengan galaksi dan tempat yang berada di pusatnya juga besar,dengan radius 26.000 tahun cahaya,kata ilmuwan.Tidak ada bukti gugusan bintang gres yang terbentuk di lengan NGC 6872 yang berarti bahwa mereka terbentuk beberapa miliar tahun yang kemudian atau lebih.

Misi GALEX yang berbiaya $ 150 juta diluncurkan pada bulan April 2003 untuk mempelajari sejarah pembentukan bintang di alam semesta.NASA menghentikan pendanaan misi ini pada bulan Februari 2011,dan pada bulan Mei 2012 NASA menyerahkan kendali satelit ini ke California Institute of Technology dengan pendanaan pribadi. [space]

News Feed