oleh

Inilah Doa Malam Pertama Pengantin Baru

Ilustrasi : Pengantin Baru

Inilah Doa Malam Pertama Pengantin Baru


Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Inilah Doa Malam Pertama Pengantin Baru
Pernikahan yaitu keinginan setiap manusia. Menyatukan dua insan berbeda jenis yang tak halal menjadi halal hanya sanggup dilakukan dengan sebuah pernikahan. Namun tahukah anda bahwa tak semua orang mengetahui adanya sebuah doa malam pertama bagi pengantin baru?. Doa pengantin gres di malam pertama yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Banyak yang mengira bahwa doa malam pertama bagi pengantin gres itu sama dengan doa yang diucapkan pada ketika akan melaksanakan korelasi suami istri. Jelas doa ini berbeda. Doa malam pertama bagi pengantin gres ini berbeda dengan doa ketika hendak melaksanakan korelasi suami isteri.


Doa Malam Pertama Pengantin Baru

Dalam sebuah riwayat, menceritakan ketika sepasang pengantin telah memasuki kamar, seorang suami disunnahkan untuk meletakkan tangannya di ubun-ubun istri, sambil berdoa dalam hati dengan doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَمِنْ شَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

“Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan yang ada pada dirinya (sitri saya ini) dan kebaikan yang Engkau tanamkan padanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan yang Engkau tanamkan padanya.” [HR. Abu Dawud; dengan sanad Hasan]

Doa di atas yaitu doa yang begitu indah. Doa tersebut memang terkesan sangat ringkas, tidak ngalor-ngidul, namun sangat sempurna pada sasaran, penuh makna dan telah meliputi segala apa yang diharapkan dalam berumah tangga.

Di dalam kandungan doa tersebut juga mencerminkan abjad muslim yang mulia. Bahwa dalam kondisi apapun, Islam senantiasa mengajarkan pada kebaikan. Islam juga senantiasa menunjukkan pedoman bahwa bahkan dalam sebuah rumah tangga sekalipun, kita mesti senantiasa memohon pemberian kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dari keburukan pasangan kita. Doa ini juga menjadi penguat bahwa di dalam pedoman Islam, menikah bukanlah soal pemenuhan kebutuhan biologis semata, namun lebih dari itu, menikah merupakan upaya menyempurnakan separuh agama, biar sebagian hawa nafsu insan sanggup tersalurkan pada jalan yang halal.

Adapun dalam doa tersebut di atas disebutkan kata ‘kebaikan’ dan ‘keburukan’. Sedangkan kebaikan dan keburukan di sini tidaklah sama dengan definisi umumnya. Akan tetapi, yang dimaksud dengan kebaikan dan keburukan di sini yaitu kebaikan dan keburukan berdasarkan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

اَلْخَيْرُ مَا أَرْضَاهُ اللهُ وَالشَّرُّ مَا أَسْخَطَهُ اللهُ

“Kebaikan yaitu apa saja yang diridhai oleh Allah, sedangkan keburukan yaitu apa saja yang dimurkai (dibenci) oleh Allah.”

Sehingga apabila dalam sebuah keluarga, baik suami maupun istri tidak menemui apapun dari pasangannya kecuali kebaikan dari keduanya, maka tentunya keluarga tersebut yaitu keluarga yang dirahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan inilah keadaan yang dimohonkan dari doa tersebut di atas. Kebaikan yang berarti mensyukuri segala nikmat yang telah Allah berikan kepadanya, dan bersabar atas ujian yang diberikan kepada rumah tangganya.

Keadaan sebaliknya tentu sanggup saja menimpa keluarga dan rumah tangga manapun. Jika seorang suami maupun isteri tidak memperoleh apapun dari pasangannya kecuali yang ia rasakan hanyalah keburukan, suami suka marah, itri doya bergunjing, suami tertarik pada perempuan lain dan sang istri juga larut dalam imajinasinya dengan pria lain, sang suami jarang ke masjid dan istri bahagia menunda-nunda sahalat, dan lain sebagainya. Tentu saja keadaan ini yang sangat dihindari, sehingga muncullah doa malam pertama di atas biar dihindarkan dari keadaan rumah tangga yang jelek dan jauh dari Rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Wallahu a’lam bishshawab

Demikian risalah perihal “Doa Malam Pertama Bagi Pengantin Baru”, semoga bermanfaat bagi kita sekalian. Kita semua berdoa biar setiap pasangan muslim (istri dan suami) sanggup dihindarkan dari segala jenis keburukan rumah tangga dan semoga senantiasa dilimpahkan banyak kebaikan dan Rahmat sehingga tergerak hatinya untuk senantiasa ingat kepada Allah ‘Azza wa Jalla yang telah menunjukkan segala nikmat yang kita rasakan selama ini.

Semoga kita semua sanggup menjadi keluarga Sakinah mawaddah wa Rahmah. Aamiin Yaa Rabb.

_____
Label : Keluarga, Doa, Doa Malam Pertama, Doa Pengantin Baru
Deskripsi : Pernikahan yaitu keinginan setiap manusia. Menyatukan dua insan berbeda jenis yang tak halal menjadi halal hanya sanggup dilakukan dengan sebuah pernikahan. Namun tahukah anda bahwa tak semua orang mengetahui adanya sebuah doa malam pertama bagi pengantin baru?. Doa pengantin gres di malam pertama yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

INFO UPDATE