oleh

Inilah Bukti Pertama Adanya Awan Air Es Di Tata Surya Lain

Ilustrasi katai coklat W0855 yang berada pada jarak 7 tahun cahaya dari tata surya kita. Kredit: NASA

– Awan air es di tata surya kita terdapat pada atmosfer planet Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, namun belum pernah terlihat di luar tata surya kita, hingga sekarang.

Astrophysical Journal Letters menerbitkan temuan baru dari bukti adanya awan air es di luar tata surya kita pada Selasa, 9 September 2014.

Temuan itu berasal dari pengamatan yang dilakukan Las Campanas Observatory di Chile oleh Jacqueline Faherty dan tim dari Carnegie Institution for Science.

Para astronom ini memakai kamera inframerah untuk mendeteksi objek yang disebut WISE J085510.83-071442.5. Jika Anda malas membaca bahkan menghapal namanya, Anda bisa sebut W0855.

Objek ini pertama kali terlihat oleh satelit Wide-Field Infrared Explorer (WISE) milik Lembaga Antariksa AS (NASA). Objek ini tidak bisa diamati lewat teleskop berbasis Bumi.

Tim astronom berhasil memotret 151 gambar dari W0855 selama tiga malam. Kemudian mereka menggabungkan gambar-gambar tersebut.

Perbandingan gambar inframerah tim dengan model untuk memprediksi isi atmosfer katai coklat W0855 mengatakan bukti adanya awan beku berupa sulfida dan air.

Katai coklat kadang kala digambarkan sebagai hibrida, objek yang mempunyai massa bagai planet namun disebut bintang. Mereka agak ibarat dengan planet gas raksasa di tata surya kita, Jupiter.

W0855, khususnya, yaitu sistem keempat terdekat dikenal dengan matahari kita sendiri, mudah merupakan tetangga bersahabat Bumi dengan jarak sekitar 7 tahun cahaya. 1 tahun cahaya setara 9,4 triliun kilometer.

W0855 mempunyai suhu sekitar -55° F hingga 8° F. Di luar angkasa, suhu ibarat ini sangatlah panas.

News Feed