oleh

Inilah 8 Rekomendasi Teleskop Untuk Pemula

Ilustrasi. Kredit: InfoAstronomy.org

 – Menggemari astronomi tanpa teleskop mungkin terasa ada yang kurang. Tetapi, sebagai pemula, kadang sulit untuk menemukan teleskop apa yang cocok untuk dimiliki. Menggunakan teleskop sanggup menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menarik bagi siapa saja. Berikut 8 teleskop yang cocok untuk pemula.

Sebelum itu, ketika menentukan teleskop untuk pemula, ada tiga pertimbangan yang cukup penting. Ada beberapa dasar-dasar untuk diperhitungkan sebelum Anda membeli teleskop:

Pertama, Aperture. Ini adalah fitur teleskop yang paling penting. Ukuran aperture dapat mengontrol jumlah cahaya yang sanggup ditangkap teleskop. Perlu diketahui fungsi teleskop bukanlah mengamati benda langit lebih dekat, tapi mengumpulkan cahaya lebih banyak. Aperture yang besar berarti benda langit yang kita lihat juga lebih jelas. Tapi, semakin besar aperture, semakin besar diameter teleskop.

Kedua, jenis reflektor atau refraktor. Setidaknya ada dua jenis teleskop yang cocok untuk pemula. Teleskop reflektor hanya memungkinkan untuk melihat langit sementara teleskop refraktor sanggup dipakai untuk melihat pemandangan di Bumi dan juga di langit. Kembali ke Anda lebih menginginkan yang mana.

Ketiga, pembesaran. Magnifikasi atau pembesaran ditentukan oleh lensa teleskop. Makin tinggi pembesaran makin bagus, tetapi nilai pembesaran ini tergantung pada aperture. Sebuah lensa pembesaran yang tinggi akan mempunyai aperture yang rendah. Untuk melihat Saturnus, diharapkan setidaknya pembesaran 70x.

Nah, itu beliau tiga pertimbangan bagi Anda yang ingin membeli teleskop. Pastikan juga teleskop yang Anda beli sudah termasuk aksesoris menyerupai tripod, tas jinjing, dan perangkat lunak astronomi sebagai penunjang pengamatan langit malam.

8 Teleskop untuk Pemula

1. Orion GoScope II 70mm Refraktor

Kredit: Orion

Teleskop Orion GoScope II 70mm refraktor yakni teleskop besar untuk astronom pemula. Harga teleskop ini relatif murah, terbuat dari materi yang ringan, dan dilengkapi dengan tripod, peta buan, dan ransel yang sanggup dipakai untuk membawa teleskop dan aksesorisnya ke mana saja. Teleskop ini mempunyai magnifikasi maksimal sampai 83x. Perkiraan harga: Rp3.000.000,00.

2. Celestron 21035 70mm Refraktor

Kredit: Celestron

Mirip dengan teleskop Orion di atas, teleskop Celestron 21035 70mm ini sudah termasuk tripod, aksesoris dan tas ransel. Teleskop Celestron yang satu ini juga dilengkapi dengan perangkat lunak astronomi dengan database 10.000 objek, peta langit dan harganya relatif murah. Teleskop ini mempunyai magnifikasi maksimal 40x. Perkiraan harga: Rp1.500.000,00.

3. Meade Infinity 60 AZ Refraktor

Kredit: Meade

Teleskop Meade 209002 Infinity 60 AZ refraktor mempunyai dua eyepiece yang mempunyai magnifikasi berbeda namun sama-sama sanggup dipakai untuk melihat benda-benda di darat dan di luar angkasa. Teleskop untuk pemula yang satu ini mempunyai mounting Altazimuth dengan batang kendali gerak untuk melacak benda-benda langit ketika bergerak melintasi langit malam. Perkiraan harga: Rp1.000.000,00.

4. Celestron Cosmos 60AZ Refraktor

Kredit: Celestron

Ini yakni sebuah teleskop level pemula dengan desain yang keren, teleskop Celestron Cosmos 60AZ yakni teleskop refraktor, sehingga sanggup dipakai untuk melihat pemandangan di darat dan di luar angkasa. Teleskop ini dilengkapi dengan finderscope yang unik, 2 eyepiece Kellner, cermin diagonal, serta aplikasi planetarium gratis. Magnifikasi maksimal teleskop ini yakni 70x. Perkiraan harga: Rp2.500.000,00.

5. Celestron AstroMaster 70AZ Refraktor

Kredit: Celestron

Teleskop Celestron AstroMaster 70AZ merupakan teleskop refraktor yang didesain untuk para pemula yang ingin mengamati luar angkasa dengan tidak mengocek kantong terlalu dalam. Teleskop ini menawarkan gambar yang terperinci dari Bulan, planet-planet, serta beberapa nebula bersahabat Bumi. Teleskop ini sudah dilengkapi tripod, filter Bulan, dan aplikasi planetarium gratis. Magnifikasi maksimalnya yakni 90x. Perkiraan harga: Rp2.800.000,00.

6. Celestron PowerSeeker 70AZ Refraktor

Kredit: Celestron

Seri Celestron PowerSeeker 70AZ dirancang untuk menawarkan para pemula mendapat kombinasi tepat dari kualitas, fitur dan kekuatan pengamatan. Sayangnya, harganya relatif lebih mahal. Teleskop ini mempunyai desain portabel tetapi mempunyai kinerja optik yang cukup baik untuk membangkitkan semangat para astronom amatir untuk semakin menyukai astronomi. Magnifikasi maksimal teleskop ini yakni 225x. Perkiraan harga: Rp3.000.000,00.

7. Orion StarBlast 90AZ Refraktor

Kredit: Orion

Dibandingkan dengan enam teleskop di atas, Orion StarBlast 90AZ Refraktor ini sedikit lebih mahal harganya, tetapi jauh lebih berpengaruh untuk pengamatan. Teleskop ini sangat kokoh tapi tetap ringan, sehingga cocok untuk dibawa pada perjalanan jauh. Teleskop ini mempunyai optik yang bergotong-royong diperuntukan bagi yang sudah berpengalaman, tapi masih cukup sederhana untuk pemula. Magnifikasi maksimalnya 213x. Perkiraan harga: Rp3.500.000,00.

8. Celestron 21023 Cometron FirstScope

Kredit: Celestron

Teleskop Celestron 21023 Cometron FirstScope yakni pilihan yang tidak terlalu mahal untuk pemula. Teleskop ini sangat ringan, tidak memakan ruang penyimpanan yang besar, dan gampang digunakan. Teleskop ini sanggup menawarkan pemandangan tajam pada komet dan benda-benda langit lainnya, serta sanggup dipakai untuk melihat perbukitan dan kawah di Bulan dengan detail yang tajam. Magnifikasi maksimalnya yakni 180x. Perkiraan harga: Rp3.000.000,00.

Nah, itulah 8 teleskop yang cocok untuk pemula. Harga yang tertera di atas hanya asumsi harga pasar saja, sanggup saja lebih mahal atau lebih murah. Yang penting diketahui adalah: harga menentukan kualitas. Jadi, mulailah menabung, dan raih mimpi Anda untuk mendapat teleskop pertama!

INFO UPDATE