oleh

Inilah 6 Di Ahad Pertama Yang Jarang Diketahui

Sudah sepantasnya pasangan suami istri mengetahui tanda hamil di ahad pertama mengingat kehamilan muda sangat rawan terhadap keguguran. Seorang perempuan yang tidak menyadari kalau dirinya sedang hamil dapat saja melaksanakan kegiatan yang membahayakan kehamilan sampai berakhir dengan keguguran kandungan.

Kelihatannya memang sepele, namun akan berakibat fatal kalau diremehkan. Kebanyakan orang mulai menyadari kalau dirinya hamil sesudah mengetahui siklus haidnya terlambat.

Padahal bergotong-royong tanda kehamilan ahad pertama itu tidak hanya dikenali dengan terlambat tiba bulan. Ada beberapa tanda-tanda kehamilan yang sudah mulai terlihat di ahad awal kehamilan ibarat bercak darah, kram perut, kelelahan dan selengkapnya silakan lanjut membaca.

(foto : pixabay.com)

di Minggu Pertama

Setelah pembuahan terjadi, badan ibu hamil akan mengalami perubahan hormon yang berdampak pada beberapa keadaan. Perubahan keadaan inilah yang sering disebut dengan ciri-ciri hamil muda.

Apabila tanda hamil sudah muncul, silakan pastikan kehamilan dengan memakai test pack. Jika test pack menawarkan dua garis berarti aktual hamil tapi kalau hanya satu garis berarti tidak hamil. Lantas, apa saja tanda hamil di ahad pertama itu ? antara lain ialah sebagai berikut :

1. Keluar bercak darah

Bercak darah tanda kehamilan ialah tanda hamil muda yang sering dianggap sebagai menstruasi. Sebagian orang menerka bercak darah ini ialah darah haid padahal bergotong-royong darah haid dan darah tanda hamil ini berbeda sekali.

Bercak darah tanda kehamilan merupakan efek dari proses implantasi (menempelnya bakal janin pada dinding rahim). Bercak darah tanda kehamilan tidak akan berlangsung usang dan tidak dibarengi dengan tanda-tanda lain yang mencurigakan.

Umumnya bercak darah kehamilan ini hanya berlangsung tiga sampai lima hari saja. Darah yang dikeluarkan pun tidak terlalu banyak, berbeda dengan darah haid. Untuk klarifikasi lebih lengkap silakan baca bercak darah tanda kehamilan berapa banyak dan berapa usang ?

2. Kram perut ringan

Kram perut ialah tanda hamil muda yang biasanya dirasakan bersamaan dengan keluarnya bercak darah. Kram perut ini juga disebabkan lantaran proses implantasi. Kram perut tanda kehamilan normal hanya ringan saja dan tidak terjadi dalam jangka waktu yang lama. Apabila Anda mencicipi tanda-tanda yan tidak masuk akal sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

3. Perubahan payud*ra

Salah satu tanda hamil di ahad pertama yang jarang disadari ialah terjadinya perubahan pada kepingan payud*ra. Perubahan ini terjadi sebagai respon badan secara alami terhadap perubahan hormon ibu hamil.

Jangan kaget kalau Anda mencicipi payud*ra tidak ibarat biasanya, yaitu menjadi lebih besar dan lebih sensitif terhadap sentuhan. Meski hanya tersentuh kain, payud*ra sudah terasa tidak nyaman.

4. Area sekitar put!ng jadi gelap

Selain mengalami perubahan pada payud*ra, ibu hamil juga menjumpai adanya perubahan pada areola (area sekitar puti!ng) yang terlihat menjadi lebih gelap dari biasanya. Pada beberapa kasus, menghitamnya areola ini juga dibarengi dengan gatal-gatal ibarat digigit serangga. Saran : gunakan bra yang longgar semoga lebih nyaman dalam beraktivitas.

5. Mual disertai muntah

Mual muntah ialah tanda hamil di ahad pertama yang terus berlanjut sampai usia trimester pertama kehamilan berakhir. Mual muntah ini sering muncul di waktu pagi sampai disebut dengan istilah morning sickness.

Meski demikian, tak jarang ibu hamil yang mengalami mual muntah tanpa mengenal waktu, bahkan ada yang ketika mau tidur mual dan muntah tiba meski tidak diundang.

6. Kelelahan

Peningkatan hormon progesteron ibu hamil menciptakan beberapa 0rgan badan bekerja extra sehingga ibu hamil akan merasa lelah meski tidak banyak melaksanakan aktivitas. Rasa lelah ini menciptakan beberapa ibu hamil jadi malas beraktivitas dan hanya ingin tiduran saja. Jika berdasarkan Anda keadaan ini sangat mengganggu, coba lakukan beberapa tips sederhana yang telah kami tulis pada artikel berjudul tips hamil sehat dan bugar secara alami.

Demikian pembasahan singkat ihwal tanda hamil di ahad pertama. Apabila tanda hamil sudah muncul, segera lakukan tes kehamilan untuk memastikan apakah Anda benar-benar hamil atau tidak. Sekian, semoga bermanfaat, Salam

News Feed