oleh

Ini Kendaraan Beroda Empat Pikap Esemka Yang Katanya Juga Seolah-Olah Kendaraan Beroda Empat China

 Mobil pikap double cabin yang diduga Esemka Digdaya. Foto: Facebook Anindya Tejo Martoyo

JakartaEsemka tidak hanya akan meluncurkan satu jenis kendaraan beroda empat di Indonesia. Menurut daftar Uji Tipe, ada delapan mobil Esemka yang siap masuk jalur produksi. Digembor-gemborkan bakal meluncur, wujud Esemka belum juga terlihat.

Esemka sempat beberapa kali terlihat dikala digunakan sebagai kendaraan dinas Joko Widodo dikala menduduki jabatan sebagai Walikota Solo juga pada awal tahun 2018.

Bedanya pada awal tahun 2018, Esemka wara-wiri di jalanan dengan pelat berwarna putih. Ada juga yang diangkut memakai sebuah truk dan terlihat di bab belakang ada emblem bertuliskan ‘Esemka‘ di sebelah kiri serta ‘Garuda 1’ di kanan.


Munculnya foto tersebut cukup meramaikan jagat sosial media. Ada juga yang menyebut kendaraan beroda empat itu merupakan asal China Foday Lanfort alasannya bentuknya seolah-olah yaitu sebuah SUV.

Ini bukan pertama kali kendaraan beroda empat bertuliskan Esemka disama-samakan dengan kendaraan beroda empat China. Sebelumnya ada juga pikap beremblem Digdaya yang juga merupakan salah satu model Esemka muncul di jalanan.

 Foday Lion F22 Foto: China Auto Web


Secara bentuk keduanya memang mirip, contohnya saja SUV Foday Lanfort dengan Esemka Garuda 1. Tampilannya sangat seolah-olah mulai dari beling belakang, lampu belakang, sampai reflektor.

Begitu pula dengan pikap double cabin Digdaya. Foday pun mempunyai model serupa yang disapa Foday Lion F22 Pickup Truck. Lion F22 pickup truck ini ditawarkan dalam dua varian mesin yaitu 1.9L diesel dan 2.4 L bensin. Keseluruhannya dikawinkan dengan transmisi manual. Untuk mesin bensinnya mengambil dari jantung Mitsubishi.

Digdaya yang terdaftar dalam Uji Tipe tertluis bermesin 2.0L dengan pencetus roda 4×2 transmisi manual juga memakai BBM berjenis solar.


Spesifikasi detil soal Esemka memang belum diungkapkan. Otolovers yang sudah menanti Esemka harus sabar sedikit ya alasannya kendaraan beroda empat bakal meluncur dalam waktu dekat.

Seperti diungkap salah satu orang erat Joko Widodo yang menjabat sebagai Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono. Diaz menyebut kendaraan beroda empat bakal meluncur sebelum tahun 2019 usai.

Tonton juga ‘Fahri: Jangan-jangan Mobil Esemka Diimpor Terus Distempel Gitu’:

[Gambas:Video 20detik]

News Feed