Ini Ia Microsoft Sql (Ms-Sql) Database Storage Engine Debutan Microsoft

0
20

Merupakan Database Storage Engine buatan Microsoft. Engine ini berbayar, akan tetapi Microsoft juga menyediakan yang versi gratisan (Express Edition). Karena buatan dari Bos Bill Gates maka Engine ini hanya bisa dijalankan di sistem operasi Windows saja (monoplatform). Keamanan datanya sudah lumayan. Kapasitas penyimpanan datanya tidak mencapai Tera Byte, sudah bisa untuk diterapkan di aplikasi besar. SQL Server banyak bermain di Memori untuk processing. Untuk backup data Ms SQL banyak extensinya ada extensi .MDB, .BAK, .file. Banyak yang menyampaikan kapasitas rollback dan recoverinya tidak secanggih di Oracle.


Kelebihan MS-SQL

  1. Cocok untuk perusahaan dengan skala kecil, menengah, dan besar sehingga bisa untuk mengolah data dengan jumlah yang besar;
  2. Memiliki kemampuan untuk management user dan tiap user bisa diatur hak jalan masuk terhadap suatu database oleh database administrator;
  3. Untuk diterapkan pada pembangunan suatu kegiatan aplikasi, akan gampang dalam melaksanakan koneksi dengan computer client yang pembangunan aplikasinya memakai software yang sama platform dengan MS-SQL, contohnya Microsoft Visual Basic;
  4. Memiliki tingkat pengamanan/security data yang baik;
  5. Memiliki kemampuan untuk back-up data, rollback data, dan recovery data;

Kekurangan MS-SQL

  1. Hanya sanggup diimpelementasikan pada 1 unit server, kalau terdapat aksesori server maka hanya akan berfungsi sebagai pasif/standby server (tidak mempunyai kemampuanTechnology Cluster Server menyerupai halnya pada DMBS Oracle).
  2. Hanya bisa berjalan pada satu platform system operasi yaitu Microsoft Windows.
  3. Merupakan software berlisensi dan berharga mahal untuk perusahaan skala kecil dan menengah.
  4. Tipe Data pada MS-SQL
  5. INT, Tipe data INT ini mungkin sudah banyak dikenal oleh Anda. Tipe data ini sanggup mendapatkan nilai mulai dari -231 hingga 231-1 . Tipe data ini menghabiskan 4 bytes untuk menyimpan data pada harddisk.
  6. BIT, Tipe data BIT hanya bisa mendapatkan input angka 1 dan 0 sebagai nilai (atau bisa juga null, yang berarti tidak ada nilai). Tipe data ini sangat membantu kalau Anda ingin menghasilkan output yes/no, true/false, dsb.
  7. SMALLINT, Tipe data SMALLINT ini juga menyerupai dengan tipe data INT , hanya saja nilai yang diterima lebih kecil dari tipe data  INT. Tipe data ini sanggup mendapatkan nilai mulai dari -215 hingga 215-1. SMALLINT Sama menyerupai INT , membutuhkan 50% memory yang dipakai INT. INT berfungsi untuk mendefinisikan integer, bilangan bundar yang sanggup menampung angka hingga 4byte. Sedangkan SMALLINT hanya bisa mendefinisikan angka sebanyak 2byte.
  8. BIGINT, Tipe data BIGINT ini menyerupai dengan tipe data INT , hanya saja nilai yang diterima lebih besar dari pada tipe data INT. Tipe data ini sanggup mendapatkan nilai mulai dari -263  hingga 263-1. Tipe data ini menghabiskan 8 bytes untuk menyimpan data pada harddisk. 
  9. DECIMAL, Tipe data DECIMAL ini mendapatkan nilai yang lebih presisi dibanding tipe data integer yang telah dibahas sebelumnya. Tipe data ini memakai 2 parameter untuk memilih tingkat presisi nilai yang diterima; precision dan scale. Precision yaitu jumlah digit yang bisa diterima oleh field, sedangkan scale yaitu jumlah angka di belakang koma yang bisa diterima oleh field. Jadi, kalau kita menciptakan parameter precision sebanyak 5 dan scale sebanyak 2 maka field kita bisa mendapatkan nilai menyerupai ini : 123,45. Tipe data ini bisa mendapatkan nilai mulai dari -1038hingga 1038-1. Tipe data ini menghabiskan 5-17 bytes untuk menyimpan data pada harddisk, tergantung pada tingkat kepresisian nilai yang dimasukkan.
  10. NUMERIC, Tipe data NUMERIC ini intinya sama dengan tipe data DECIMAL. Makara tipe data ini bisa disebut sinonim dari decimal. Fungsinya yaitu untuk mendefinisikan angka cuilan baik fixed desimal ataupun floating point. Nilai n yaitu jumlah bytes total dan p yaitu presisi angka dibelakang koma.
  11. DATETIME, Tipe data DATETIME ini sanggup mendapatkan nilai tanggal dan waktu. Berfungsi untuk mendefinisikan tanggal, menyimpan tahun, bulan, hari, jam, menit, detik danseperseribu detik (milliseconds). Tipe data DATETIME ini menghabiskan 8 bytes untuk menyimpan data pada harddisk.
  12. MONEY, Tipe data MONEY merupakan Bilangan cuilan dengan 4 angka dibelakang koma. Digunakan untuk perhitungan moneter. Tipe data ini menghabiskan 8 bytes untuk menyimpan data pada harddisk.
  13. TEXT, Tipe data TEXT sanggup Menyimpan teks hingga dengan 2 GB. Text disebut juga dengan binary large objects (BLOBs).
  14. IMAGE, Tipe data IMAGE berfungsi untuk Mendefinisikan binary data untuk menyimpan image menyerupai GIF, JPG, TIFF,dll.
  15. CHAR, Tipe data CHAR berfungsi untuk Mendefinisikan string sepanjang dan mempunyai karakter. Tipe data CHAR ini sanggup dipakai untuk memasukkan data huruf non-Unicode dengan jumlah huruf yang fix. Tipe data CHAR ini bisa mendapatkan hingga 8000 karakter, dan jumlah bytes yang diharapkan tergantung jumlah huruf yang dimasukkan. Apabila jumlah huruf yang dimasukan yaitu 1 huruf maka membutuhkan 1 byte.
  16. VARCHAR, Tipe data VARCHAR ini sanggup Mendefinisikan string sepanjang variabel n. Tipe data ini menyerupai dengan tipe data char, namun tipe data ini berkhasiat bagi Anda yang tidak mengetahui secara niscaya jumlah huruf yang akan dimasukkan oleh user. Tipe data ini juga bisa mendapatkan nilai hingga 8000 karakter. Jadi, kalau pada tipe data char, Anda mendefinisikan char(5), maka Anda akan selalu membutuhkan 5 bytes untuk menyimpan data pada harddisk, walaupun jumlah huruf yang dimasukkan hanya 1 hingga 4 karakter; maka pada tipe data ini, jumlah bytes yang diharapkan akan lebih fleksibel. Tipe data FLOAT menghabiskan 4-8 bytes untuk menyimpan data pada harddisk.
  17. FLOAT, Tipe data FLOAT ini menyerupai dengan tipe data DECIMAL, hanya saja paramater scale pada tipe data ini bisa mendapatkan nilai yang tak terhingga, menyerupai pada nilai pi. Berfungsi untuk mendefinisikan angka cuilan (floating point). Nilai n yaitu jumlah angka yang sanggup ditampung.REAL, Tipe data REAL ini menyerupai dengan tipe data FLOAT, hanya saja lebih kecil dibandingkan mendapatkan nilai yang dengan FLOAT. sama dengan float namun menempati memory 50% dari float. Dan penyimpanan tipe data REAL pun hanya memakai 4 bytes untuk menyimpan data pada harddisk.
  18. BINARY, Tipe data BINARY ini sanggup mendapatkan data BINARY dengan maksimum 8000 bytes data. Tipe data ini diinterpretasikan sebagai string dari bit. dan berfungsi untuk menyimpan bit pattern menyerupai heksadecimal