oleh

Ini Beliau Lcgc Terlaris Sepanjang September 2018

 Toyota Calya. Foto: Dadan Kuswaraharja

Jakarta – Sudah lima tahun mobil-mobil Low Cost Green Car (LCGC) mengaspal di jalanan Indonesia. Mobil-mobil itu menjadi pesaing kendaraan beroda empat MPV yang selama ini mendominasi penjualan kendaraan beroda empat Tanah Air.

Ada beberapa produsen kendaraan beroda empat yang terlibat dalam produksi kendaraan beroda empat LCGC ini. Memang untuk memproduksi mobil LCGC tak dapat sembarangan alasannya yaitu harus memenuhi syarat yang sudah ditetapkan pemerintah.


Produsen kendaraan beroda empat yang turut mengikuti aktivitas LCGC yaitu Toyota, Daihatsu, Suzuki, Honda, dan Datsun. Toyota mempunyai dua LCGC andalan lewat Agya dan Calya sama halnya dengan Daihatsu. Daihatsu juga turut memproduksi dua LCGC yakni Sigra dan Ayla.

Suzuki juga tak ketinggalan dengan LCGCnya Karimun Wagon R. Datsun pun ikut mengikuti aktivitas LCGC dengan banyak sekali varian mobilnya mulai dari Go ataupun Go+. Terakhir Honda juga punya kendaraan beroda empat LCGC dengan nama Brio Satya.

Setiap merek mempunyai penggemarnya masing-masing. LCGC mana yang paling digemari?

Mengutip data distribusi wholesales (dari pabrik ke diler) data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang September Toyota Calya menjadi yang terlaris dengan penjualan sebanyak 4.819 unit. Sang kembaran, Daihatsu Sigra menjadi LCGC terlaris kedua.


Daihatsu Sigra terjual sebanyak 4.729 unit. Di bawah Sigra ada adik Sigra yakni Ayla. Ayla selama bulan kesembilan tahun 2018 terjual sebanyak 2.473 unit. Posisi Ayla diikuti Agya yang penjualannya hanya 2.437 unit. Tidak menyerupai Toyota dan Daihatsu, penjualan Datsun dan Suzuki dalam segmen LCGC ini tidak terlalu cemerlang.

Keduanya tercatat tidak menjual lebih dari 1.000 unit dalam satu bulan. Sedangkan untuk Brio Satya, data penjualannya belum tercantum. Seperti diketahui, Honda gres saja merilis Brio Satya pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

News Feed