oleh

Ikan Ternyata Menyelam Lebih Dalam Untuk Mengurangi Panas Tubuh

Sebuah studi James Cook University menyampaikan ikan menyelam  ke air yang lebih dalam untuk menghindari panas, sebuah temuan yang menyoroti apa yang dibutuhkan kalau prediksi pemanasan bahari terjadi.
image by: ancing .info


Ilmuwan  meneliti ikan-ikan di pulau heron Australia dan ikan di Great Barrier Reef. Ikan yang dilengkapi dengan pemancar yang diidentifikasi secara individual dan mengisyaratkan kedalaman mereka ke mesin peserta di sekitar pulau.
Percobaan memantau ikan ini  dilakukan hingga satu tahun dan menemukan sesuatu yaitu ikan kurang mungkin dijumpai pada lereng terumbu karang pada hari-hari ketika air lebih hangat. Para ilmuwan berpikir spesies ikan tertentu mungkin menuju air yang lebih dalam untuk mengikuti keadaan dengan  suhu hangat.
Tim peneliti menganggap hal-hal menyerupai suhu, tekanan udara curah hujan, angin dan fase bulan sebagai alasan bagi ikan untuk pergi menyelam ke kedalaman bahari yang lebih., tetapi menemukan satu-satunya relasi yang signifikan ialah dengan suhu yang kurang dari 24 derajat Celcius.
Peneliti utama Dr Leanne Currey menyampaikan kebanyakan studi melihat pengaruh dari pemanasan bahari akan berimbas biologi ikan, bukan pada bagaimana mereka akan mendistribusikan sendiri untuk mengimbangi suhu yang lebih tinggi. “Ini ialah ikan komersial penting dan kita melihat pergeseran kedalaman yang signifikan,” katanya.
Dr Currey menyampaikan spesies yang tertangkap oleh pemancing komersial dan rekreasi di akrab terumbu karang dan ikan ialah yang paling disukai kedua untuk perikanan garis karang balik trout karang.
“Jika tidak di dalam air dangkal di masa depan maka nelayan harus mengarahkan upaya mereka dan itu mungkin jauh lebih sulit untuk menangkap mereka,” katanya. Ikan telah dikenal untuk mentolerir kedalaman hingga 160 meter.
Dr Currey menyampaikan bukannya menyelam lebih dalam, spesies mungkin bukan menggeser selatan untuk mencari air hambar di kedalaman yang sama. Dia menyampaikan beberapa redthroat kaisar baru-baru ini tertangkap Perth, jauh dari habitat normal mereka lebih lanjut atas pantai Australia Barat.

Dr Currey menyampaikan tahap logis berikutnya dari penelitian ini ialah untuk menyidik apakah ikan dapat mengikuti keadaan secara fisiologis untuk suhu bahari hangat, alasannya ialah muncul spesies lain bisa.

INFO UPDATE