oleh

Heboh Virus Wannacry Begini Cara Pencegahannya

Sejak pertengahan bulan mei 2017 lalu, ramai dibicarakan serangan siber yang sanggup menginfeksi data pengguna komputer yang terhubung dengan internet, dimana data yang telah terinfeksi akan di kunci dan meminta sejumlah tebusan semoga bisa.membuka data yang telah terkunci.  Serangan virus komputer yang disebut dengan ransomeware atau wannacry ini sempat menciptakan heboh dan beberapa negara melaksanakan antisipasi terhadap serang virus tersebut.

ilustrasi

Virus WannaCry umumnya menyerang komputer yang memakai operasi sistem berbasis Windows. Nah, untuk menangkal atau melindungi komputer Anda dari virus Wanna Cry bergotong-royong menyerupai dengan virus komputer lain, selama Anda rajin mengupdate antivirus, pacth Windows Anda dan berprilaku mengakses internet yang legal pasti kondusif dari serangan virus komputer.

Baiklah apapun, untuk mencegah dan melindungi komputer Anda dari  Virus Wanna Cry, begini caranya menyerupai yang pernah di rilis Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) , langkah pencegahannya ialah :

  1. Segera lakukan pemutusan koneksi jaringan internet dengan mencabut kabel LAN dan atau matikan koneksi WiFi.
  2. Matikan semua fitur Macros dan SMB Service, kemudian aktifkan Firewall Block Port 139, 445, 3389.
  3. Download Tools dan Security Patch secara manual dari komputer lain, simpan di USB flashdrive. kemudian nstall Tools dan Security Patch yang sudah diunduh ke komputer.
  4. Scan komputer Anda dengan antivirus yang telah diupdate dengan memakai mode full scan.
  5. backuplah data penting Anda ke media penyimpanan lain yang kondusif dan bersih

Nah mulai sekarang, viasakan untuk secara bersiklus mengupdate antivirus maupun os windows anda dan juga berprilaku berinternet yang legal

INFO UPDATE