oleh

Hari Ini Tahun 1905: Einstein Untuk Pertama Kali Menjelaskan E=Mc^2

Massa dan energi yakni sesuatu yang kekal. Kredit: Getty Images

– 27 September 1905, pada tanggal ini, sambil bekerja di kantor hak paten, Albert Einstein menerbitkan makalah berjudul “Does the Inertia of a Body Depend Upon Its Energy-Content?”

Makalah tersebut merupakan makalah terakhir dari empat makalah yang disampaikan ketika itu di jurnal Annalen der Physik.

Yang pertama menjelaskan dampak fotolistrik, mengatakan bukti eksperimental. Yang kedua keberadaan atom, dan yang ketiga memperkenalkan teori relativitas khusus. Dalam kertas keempat, Einstein menjelaskan hubungan antara energi dan massa. Artinya, E = mc^2.

Apa artinya? Artinya, dari sudut pandang fisika, energi dan massa saling dipertukarkan. Dalam persamaan:

E yakni energi
m yakni massa
c yakni kecepatan cahaya

Dengan kata lain, energi = massa dikalikan kuadrat kecepatan cahaya.

Kedengarannya memang sederhana, kesederhanaan ini membuat kejeniusan Einstein mulai diakui dan mempunyai kegunaan bagi dunia.

Jadi, massa yang kecil bisa menyamai energi yang besar. Itulah mengapa Matahari dan bintang-bintang lainnya bersinar. Tak terpikirkan oleh Anda? Mungkin Anda tidak sejenius Einstein.

Dalam interior Matahari, atom (massa) berfusi secara bersama-sama, membuat energi yang luar biasa dari matahari ibarat yang dijelaskan oleh E = mc^2.

Ini juga yang menjelaskan mengapa insan bisa berguru bagaimana merakit sebuah bom yang bisa meluluh lantakan sebuah kota, ibarat bom atom Hiroshima dan Nagasaki pada tamat Perang Dunia II.

INFO UPDATE