oleh

Hari Ini 1959: Luna 1 Menuju Bulan

Wahana antariksa Luna 1. Kredit: Wikimedia Commons

 – Luna 1, dikenal juga sebagai Mechta (Мечта) yakni sebuah wahana antariksa pertama yang mencapai kawasan bersahabat Bulan, merupakan misi pertama dari Program Luna milik Uni Soviet. Luna 1 diluncurkan sempurna hari ini 58 tahun yang lalu, 2 Januari 1959.

Saat melintasi bab luar sabuk radiasi Van Allen, sintilator wahana mengamati adanya sejumlah kecil partikel subatom berenergi tinggi. Pengukuran ini menunjukkan data gres mengenai sabuk radiasi Bumi dan luar angkasa.

Wahana ini juga menemukan bahwa Bulan tidak mempunyai medan magnet, juga untuk pertama kalinya melaksanakan pengamatan eksklusif mengenai keberadaan angin surya, anutan besar lengan berkuasa plasma yang berasal dari Matahari menuju ruang antar planet. Wahana tersebut juga menjadi teladan pertama komunikasi radio yang dilakukan pada jarak setengah juta kilometer.

Sebuah kegagalan pada sistem kontrol landas-bumi mengakibatkan kesalahan waktu pembakaran roket, sehingga wahana kehilangan tujuannya dan melintasi Bulan pada jarak terdekat 5.900 km. Luna 1 kemudian menjadi benda buatan insan pertama yang mencapai orbit heliosentrik dan kemudian dijuluki “planet baru” dan dinamai ulang sebagai Mechta. Orbitnya terletak antara Bumi dan Mars. Nama “Luna-1” disematkan kembali sehabis bertahun-tahun kemudian.

Luna 1 diluncurkan pada 2 Januari 1959 pukul 23:41 WIB (19:41 waktu Moskwa) dari Kosmodrom Baikonur memakai roket Luna 8K72. Luna 1 awalnya direncanakan untuk menabrak Bulan mengirimkan dua panji logam lambang negara Soviet yang disertakan dalam paket, namun hal tersebut gagal dilakukan.

Luna 1 menjadi objek buatan insan pertama yang mencapai kecepatan lepas Bumi, yaitu dikala ia terpisah dari roket tahap tiga peluncurnya. Pada 3 Januari, 03:56:20 waktu Moskwa, pada jarak 119.500 km dari Bumi, sejumlah 1 kg awan gas sodium dilepaskan, menciptakan wahana ini menjadi komet buatan pertama.

Jejak gas yang berpendar oranye kala itu sanggup dilihat di atas Lautan Hindia dengan kecerlangan menyerupai bintang bermagnitudo enam selama beberapa menit. Pelepasan gas tersebut dilakukan sebagai percobaan sikap gas di luar angkasa.

INFO UPDATE