by

Hamil 6 Bulan Sering Buang Air Kecil, Normalkah ?

Hamil 6 bulan sering buang air kecil – Kehamilan sangat diperlukan oleh setiap pasangan suami istri, pasalnya kehamilan merupakan buah cinta dari pasangan suami istri yang telah usang dinantikan – tunggu. Kehamilan yakni anugerah dari Tuhan yang tidak diberikan kepada sembarangan orang.

Ketika kehamilan telah wujud, pasangan suami istri akan berusaha sekuat tenaga untuk menjaga dan merawat kehamilan hingga bayi terlahir dengan selamat. Jangan kaget, kalau ternyata dalam menjalani kehamilan banyak hambatan dan keluhan yang dihadapi. Mulai dari usia kehamilan trimseter pertama hingga trimseter akhir, keluhan akan terus ada silih berganti.

Salah satu keluhan yang mungkin Anda rasakan yakni sering buang air kecil di ketika usia kehamilan telah masuk 6 bulan. Hati pun berkecamuk dan bertanya – tanya, hamil 6 bulan sering buang air kecil itu normal atau tidak ya ?? Jangan biarkan pikiran Anda membayangkan hal yang tidak tidak (suudhon), silakan lanjut membaca biar kecamuk dalam hati segera terobati.

Kehamilan sangat diperlukan oleh setiap pasangan suami istri Hamil 6 Bulan Sering Buang Air Kecil, Normalkah ?
image from pixabay

Hamil 6 Bulan Sering Buang Air Kecil

Sebelum membahas mengenai pokok pembahasan, ada baiknya kami sampaikan terlebih dahulu banyak sekali macam keluhan yang mungkin dialami ibu hamil mulai dari usai kehamilan muda. Keluhan memang banyak, namun Anda tak perlu takut lantaran kebanyakan dari keluhan tersebut wajar, kondusif dan tidak membahayakan ibu hamil maupun janin. Di bawah ini yakni keluhan kehamilan yang sering dialami ibu hamil :

Keluhan Hamil Trimeter pertama

Di usia ini, banyak terjadi keluhan yang disebabkan lantaran terjadi peningkatan hormon kehamilan dalam tubuh. Sering kali ibu hamil bimbang dan resah dalam menghadapi keluhan yang muncul, terutama perempuan yang gres pertama kali hamil. Beberapa keluhan tersebut antara lain yakni :

Morning sickness

Morning sickness yakni mual dan muntah yang sering muncul di waktu pagi. Morning sickness ini terjadi mulai usia kehamilan awal dan terus berlanjut hingga usia kehamilan trimester pertama usai. Tak perlu khawatir dengan keluhan ini lantaran hampir semua ibu hamil mengalaminya, namun kalau morning sickness terlalu parah sebaiknya konsultasikan ke dokter atau bidan. Anda juga dapat mengatasi mual dan muntah ini dengan menerapkan cara mengatasi mual ketika hamil muda

Perlu Anda ketahui bahwa mual dan muntah yang normal itu hanya terjadi pada usia kehamilan trimester pertama (tiga bulan pertama). Jika mual dan muntah tetap saja terjadi meski usia trimester pertama berakhir, sebaiknya pribadi saja tiba ke dokter untuk berkonsultasi. Dokter akan memperlihatkan penanganan yang sempurna sesuai dengan hasil investigasi yang dilakukan.

Bercak darah disertai kram perut

Jangan kaget kalau testpack telah memperlihatkan positif hamil, namun Anda menjumpai bercak darah yang keluar dari jalan lahir dengan disertai kram perut, itu bukan darah haid. Bercak darah disertai kram perut ringan tergolong normal kalau terjadi pada usai kehamilan muda ahad awal. Pendarahan ini terjadi lantaran proses implantasi.

Namun, kalau bercak darah ini terus saja keluar, sebaiknya segera tiba ke dokter untuk memastikan apa penyebabnya. Apalagi kalau dibarengi dengan kram perut hebat, Anda harus bergerak lebih cepat untuk mendapat investigasi dari dokter. Untuk isu lebih lengkap mengenai bercak darah yang keluar ketika hamil, dapat Anda baca bercak darah tanda kehamilanberpa usang dan berapa banyak ?

Letih dan lelah

Salah satu keluhan yang sering dirasakan oleh ibu hamil pada usia kehamilan trimester pertama yakni tubuh terasa letih dan lelah meskipun tidak habis melaksanakan acara berat. Keluhan ini tidak tergolong berbahaya, bahkan banyak orang yang menyebutnya sebagai tanda awal kehamilan. untuk mengatasi hal keluhan ini, bunda perlu mengkonsumsi masakan bernutrisi tinggi, menerapkan referensi hidup sehat dan istirahat cukup.

Keluhan Setelah Kehamilan Trimeser Pertama

Menginjak usai 4 bulan, bunda akan menjumpai banyak sekali macam keluhan yang tak kalah dengan bulan bulan sebelumnya. Sering buang air kecil yakni salah satu keluhan yang muncul di usia kehamilan ini. Berikut ini yakni beberapa keadaan yang sering  di keluhkan ibu hamil pada usia kehamilan trimester kedua dan ketiga.

Sering buang air kecil

Sebenarnya semenjak awal kehamilan, bunda hamil suda mengalami keluhan ini, akan tetapi seiring bertambahnya waktu, ibu hamil akan lebih sering buang air kecil. Keadaan ini masuk akal dan normal lantaran semakin membesarnya janin dalam kandungan akan semakin menekan kandung kemih sehingga ibu hamil akan lebih sering pipis daripada biasanya. Jadi, kalau Anda bertanya : hamil 6 bulan sering buang air kecil, normalkah ? jawabnya normal dan tak perlu dikhawatirkan. Kecuali kalau keadaan tersebut dibarengi dengan keluhan lain yang menyakitkan ibarat kencing bercampur darah, pedih di kanal kencing dan lainnya.

Sakit punggung

Perut ibu hamil yang semakin membesar menciptakan banyak sekali macam keluhan muncul, salah satunya yakni rasa sakit di belahan punggung atau tulang belakang. Ada banyak hal yang mengakibatkan keadaan ini terjadi, salah satunya lantaran posisi tidur yang salah. Informasi lengkap perihal sakit punggung dan tulang belakang ketika hamil sudah kami tulis pada sakit tulang belakang ketika hamil, normalkah ?

Kesimpulan
Hamil 6 bulan sering buang air kecil, normalkah ? jawabnya normal. Keadaan itu terjadi lantaran kandung kemih semakin tertekan oleh rahim yang semakin membesar mengikuti perkembangan janin. Selama tidak dibarengi dengan keluhan lain yang menyakitkan Anda tak perlu takut.

News Feed