oleh

Gambar Cantik: Sungai Kuno Di Mars?

— Mars Express telah usang mengambil gambar dari apa yang sepertinya menjadi sebuah sungai kuno di Mars. Bahkan, Reull Vallis yaitu salah satu objek pertama di Planet Merah yang pernah dicitrakan Mars Express pada tahun 2004 dikala pesawat ruang angkasa NASA datang di orbit.

Gambar terbaru memperlihatkan fitur-sungai berliku-liku menyerupai yang membentang selama hampir 1.500 km di seluruh permukaan Mars. Depresi tanah berliku mempunyai lebar 6-10 km, dan kedalamannya bervariasi, 100-600 meter. Sebagai perbandingan, Sungai Amazon di Bumi yaitu panjangnya sekitar 6.500 km dan lebar 11 km.

Jadi, ini benar-benar sebuah sungai kuno? [Lihat foto-foto sungai kuno di Mars]

Ilmuwan yang mempelajari planet Mars sepertinya cukup setuju bahwa, dari orbit, ini menjadi sebuah sungai. Ada sistem sungai dan jalan masuk samping yang semua sepertinya mengalir ke Cekungan Hellas besar.

Ada banyak sekali teori mengenai bagaimana hal itu mungkin telah terbentuk. Namun, beberapa ilmuwan menyampaikan bahwa fitur ini mungkin telah dibentuk cepat dari hasil limpasan banjir di masa lalu.

Lainnya menyarankan sistem ini terdiri dari bagian-bagian yang terbentuk selama beberapa tahap, bukannya sebagai jalan masuk berlanjut tunggal, dan mungkin mempunyai fase pembentukan independen dan banyak sekali sumber air.

Ada juga bukti deposito volatil di dinding jalan masuk yang sanggup mencair.

Dalam konteks yang lebih luas dari gambar di atas, anak sungai yang memotong jalan masuk utama sepertinya menjadi bab dari forking dari lembah utama menjadi dua cabang yang berbeda jauh dari hulu sebelum penggabungan kembali ke lembah tunggal utama.

Bagian (utara) kanan gambar utama didominasi oleh Promethei Terra Highlands dengan pegunungan tinggi, meningkat sekitar 2500 m di atas dataran yang sekitarnya datar.

Bagaimana dengan ajaran lava? Mungkinkah ini ajaran lava raksasa atau tabung yang telah runtuh? Para astronom menyampaikan bahwa pengikisan lava dan glasial akan menghasilkan jalan masuk yang sangat berbeda.

Dan sehingga muncul Reull Vallis memperlihatkan bukti ada air pada masa kemudian di Mars. Dan kalau demikian, itu berarti bahwa iklim planet Mars telah berubah secara dramatis semenjak fitur ini terbentuk antara 3,5 miliar dan 1,8 miliar tahun yang lalu. [universetoday]

News Feed