oleh

Galaksi Bima Sakti Jauh Lebih Ringan Daripada Yang Kita Duga

Galaksi Bima Sakti dalam panjang gelombang inframerah. Kredit: NASA, Spitzer

 – Seperti yang kita ketahui, galaksi Andromeda ialah galaksi tetangga terdekat galaksi kita, galaksi Bima Sakti pada jarak 2,5 juta tahun cahaya. [1 tahun cahaya = 9,4 triliun km]

Penelitian sebelumnya mengambarkan bahwa galaksi Andromeda mempunyai dua kali lebih banyak bintang daripada yang dimiliki galaksi Bima Sakti, meskipun masih ada beberapa astronom yang menganggap bahwa galaksi kita lebih besar.

Sebuah metode anyar untuk menghitung massa galaksi ternyata menawarkan bahwa Bima Sakti sebetulnya setengah lebih besar dari Andromeda.

Perhitungan gres ini dikembangkan oleh tim astronom internasional dan telah diterbitkan dalam jurnal Royal Astronomical Society.

Metode gres ini sangat mengejutkan, alasannya ialah dalam melaksanakan perhitungan melibatkan 54 galaksi yang berjarak realtif sama menyerupai Bima Sakti ke Andromeda, dan kebanyakan dari 54 galaksi tersebut ialah kerdil yang ada di Grup Lokal Galaksi kita.

Meskipun alam semesta berkembang, galaksi dalam Grup Lokal tarik-menarik secara gotong royong alasannya ialah gaya gravitasi; fakta yang pada risikonya akan mengarah pada perhitungan gres ini.

Setelah daftar galaksi dan jarak masing-masing disusun, para peneliti bisa mengidentifikasi titik sentra dari Grup Lokal untuk menambahkan semua bahan yang terlihat serta bahan gelap (dark matter).

Pada akhirnya, mereka bisa membuktikan penelitian lain yang telah mengklaim Bima Sakti bermassa lebih besar dari Andromeda.

Bahkan, galaksi kita hanya mempunyai setengah massa dari galaksi Andromeda. Terlebih lagi, mereka menemukan bahwa hanya 10 persen dari masing-masing galaksi ini terdiri dari bahan biasa. Sisa massa berasal dari bahan gelap.

Bagaimana cara menimbang sebuah galaksi hingga mengetahui massanya? Begini, dalam ilmu sains massa tidak perlu ditimbang. Cukup dipelajari materi-materi yang terdapat pada sebuah objek kemudian kita bisa menemukan massanya.

INFO UPDATE