oleh

Fungsi Lain Led Flash Pada Smartphone

Selain kelengkapan sensor, kebanyakan smartphone ketika ini juga sudah dilengkapi dengan LED flash. LED flash lebih umum ditemukan berdekatan dengan kamera utama di belakang bodi, tetapi kini juga sudah mulai banyak smartphone yang turut menyematkan lampu kilat ini di sisi depan.

Kegunaan utamanya? Tentu saja untuk membantu menunjukan foto pada kondisi kurang cahaya maupun backlight, atau menghilangkan bayangan dari sudut tertentu. Sedangkan LED flash di sisi depan mempunyai kegunaan untuk menciptakan hasil foto selfie kau menjadi semakin baik. Tapi tahukah kamu kalau bahwasanya LED flash di smartphone kalian punya beberapa fungsi lain? Berikut lima fungsi lain LED flash yang sanggup kamu coba di smartphone Android dan iOS.

1. Sebagai Senter

Kalau yang ini sih mungkin kamu sudah tidak aneh atau bahkan memakai fitur ini setiap hari. Ya, selain untuk berfoto, LED flash di smartphone kalian juga sanggup berfungsi sebagai senter. Fitur ini sangat mempunyai kegunaan terutama ketika keadaan darurat menyerupai lampu padam. Di kebanyakan smartphone Android, fitur ini tersedia melalui notification bar. Beberapa smartphone bahkan mempunyai pintasan untuk menyalakan fitur ini, menyerupai Moto G5s Plus yang hanya perlu melaksanakan gerakan dua kali ke bawah atau disebut chop chop.

Untuk perangkat iOS, kamu dapat mengaksesnya lewat action center. Untuk iPhone 5S ke atas dengan iOS 11, alasannya ialah mempunyai lebih dari satu modul LED, kau sanggup mengatur tingkat kecerahan senter dengan menekan atau menahan logo senter kemudian menggesernya ke atas dan bawah.

2. Pengirim Sandi Darurat

Selain sanggup menyala sebagai senter, LED flash juga sanggup berfungsi sebagai pengirim sandi dalam kondisi darurat menyerupai ketika tersesat di pegunungan atau sedang terjebak di dalam gua yang gelap. Dengan aplikasi pihak ketiga, LED flash sanggup diatur biar sanggup mengirimkan SOS atau aba-aba morse lewat kedipan cahaya. Di iOS, kamu bisa memakai aplikasi menyerupai Torch. Sedangkan di Android, sanggup coba pakai aplikasi berjulukan Tiny Flashlight.

3. Pengingat Notifikasi

LED flash juga sanggup difungsikan sebagai pengingat jikalau ada notifikasi masuk. Jika fitur ini diaktifkan, lampu LED akan menyala-nyala ketika pesan diterima di smartphone. Untuk Android, kamu bisa menginstall aplikasi Flash Notification untuk mencoba fitur ini. Sedangkan di iOS, fitur ini sudah tersedia secara bawaan dengan mengakses Settings – General – Accessibility – LED Flash for Alerts.

4. Pengukur Detak Jantung

Smartphone kamu tidak mempunyai heart-rate sensor secara built-in? Jangan khawatir. Ada aplikasi menyerupai Instant Heart Rate di Android dan iOS yang memanfaatkan kombinasi kamera serta LED flash untuk memantau perubahan warna dan kecepatan ajaran darah, yang dikalkulasi untuk mengukur detak jantung kamu. Hasilnya mungkin tidak seakurat sensor detak jantung aslinya, tapi paling tidak sanggup menghasilkan angka yang tidak jauh berbeda.

5. Proyektor

Ya, LED flash juga sanggup difungsikan menjadi proyektor. Tetapi bukan yang menyerupai proyektor pada umumnya, melainkan dengan LED flash, kamu bisa memproyeksikan gambar dari kertas foto atau bayangan tangan memakai cahaya flash dari smartphone. Lumayan untuk menghibur terutama belum dewasa ketika sedang camping atau di ruangan gelap menyerupai kamar tidur.

Dari lima tips di atas, ada berapa yang kamu belum pernah ketahui sebelumnya? Semoga tipsnya bermanfaat ya.

INFO UPDATE