oleh

Foto Menakjubkan Ledakan Bintang Raksasa Cas A

— Sebuah gambar gres yang indah dipotret oleh pesawat ruang angkasa NASA yang menangkap sesudah ledakan bintang raksasa dengan resolusi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Gambar – diambil oleh pesawat ruang angkasa NASA NuSTAR dalam sinar-X – memperlihatkan Cassiopeia-A, sisa-sisa supernova yang terletak sekitar 11.000 tahun cahaya dari Bumi.

Cahaya dari ledakan itu pertama mencapai bumi sekitar 300 tahun yang lalu, kata para peneliti. Cincin biru terdiri dari energi tinggi sinar-X. Cincin terbentuk saat gelombang kejut dari simpulan hidup bintang itu menabrak partikel di dekatnya, mempercepat mereka untuk hampir kecepatan cahaya.

Gambar gres ini memperlihatkan pandangan sangat rinci simpulan hidup bintang. Dengan teknologi sebelumnya, menyerupai yang disediakan oleh Chandra X-Ray Observatory milik NASA, ledakan supernova seluruhnya akan muncul sebagai satu titik, kata peneliti utama NuSTAR Fiona Harrison, seorang astrofisikawan di Institut Teknologi California di Pasadena.

Pesawat ruang angkasa NuSTAR diluncurkan pada bulan Juni 2012 dalam misi dua tahun untuk menyidik energi tinggi kawasan alam semesta, menyerupai lubang hitam dan sisa-sisa supernova. Pesawat ruang angkasa harus membantu peneliti lebih memahami bagaimana galaksi terbentuk dan bagaimana lubang hitam tumbuh, kata Harrison. [space]

INFO UPDATE