oleh

Fase Kehamilan Trimester Pertama (1-3 Bulan)

Fase kehamilan trimester pertama – Mengetahui perkembangan janin dari waktu ke waktu yakni sebuah kebahagiaan tersendiri pagi setiap pasangan suami istri. Di usia kehamilan trimester pertama bentuk perut ibu hamil belum mengalami perubahan, masih menyerupai biasanya, hanya ada sesuatu yang terasa ganjel.

Sebenarnya, di usia kehamilan trimester pertama ini janin telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini tentu didukung dengan asupan nutrisi ibu hamil yang sanggup terpenuhi dengan baik.

Sebagai pelengkap isu mengenai fase kehamilan pada bulan 1-3,  kali ini www.Toplintas.com akan mengulas wacana pertumbuhan janin dari usia 2 ahad hingga 3 bulan pertama.

image from pixabay

Fase Kehamilan Trimester Pertama

Sebelum lanjut membaca artikel ini, alangkah baiknya Anda baca terlebih dahulu wacana makanan sehat untuk perkembangan janin alasannya yakni tumbuh kembang janin itu sangat bergantung pada asupan nutrisi ibu. Adapun fase kehamilan trimester pertama yakni sebagai berikut :

1. Perkembangan janin usia 2 minggu

Proses pembuahan terjadi pada rentang waktu sekitar 2 ahad semenjak hari pertama haid terakhir. meski dua ahad sebelum haid sudah terjadi pembuahan namun secara medis, menghitung kehamilan itu dihitung dari hari pertama haid terakhir. Menghitung usia kehamilan secara tepat diharapkan sebagai dasar untuk memilih HPL (hari asumsi lahir).

Pada proses pembuahan, sel telur yang berhasil dibuahi oleh sel $perma akan membentuk zygote. Kromosom dalam zygote ini lah yang nantinya memilih warna mata, jenis kelam!n, warna rambut dan ketinggian bayi.

Selanjutnya zygote akan berjalan menuju ke rahim untuk melekat di dinding rahim. Zygote yang telah berjalan ke rahim disebut dengan blastocyte. Menempelnya blastocyte pada dinding rahim ini disebut dengan proses implantasi.

2. Perkembangan janin 3 minggu

Di usia kehamilan 3 minggu, bakal bayi sudah benar benar  menjadi janin yang terus mengalami perkembangan. Otak, jantung dan tulang belakang akan terus berkembang seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Di usia kehamilan ini mungkin masih banyak ibu hamil yang tidak menyadari bila dirinya sedang hamil meski bahwasanya tanda kehamilan sudah mulai bermunculan.

3. Perkembangan janin 1 bulan

Di usia kehamilan satu bulan ini, janin sudah banyak mengalami perkembangan, ukuran janin sudah mencapai kurang lebih 0,8 inci. Pada fase kehamilan 1 bulan ini, 0rgan jantung sudah mulai bekerja dengan baik meski masih belum sempurna. Wajah janin  sudah mulai terbentuk lengkap dengan lisan dan telinganya.

4. Perkembangan janin 2 bulan

Di usia kehamilan dua bulan, janin mengalami perkembangan fisik yang menakjubkan. Ukuran janin di usia ini sudah mencapai satu inci. 0rgan dalam juga sudah terbentuk gallbladder dan pankreas. Di usia ini pula, kelam!n janin sudah mulai kelihatan, selaput di tangan dan kaki pun lambat laun juga mulai hilang.

5. Perkembangan janin 3 bulan

Di simpulan masa kehamilan trimester pertama ini, ibu hamil sudah mulai sanggup beradaptasi. Perkembangan janin dalam kandungan pun sudah berkembang pesat dengan bobot janin lebih kurang satu ons. Wajah janin sudah mulai kelihatan terang dan kuku sudah terbentuk lebih jelas.

Perawatan Kehamilan Trimester Pertama

Seiring bertambahnya usia kehamilan, Anda harus benar benar merawat dan menjaga kehamilan semoga janin sehat dan tidak hingga terjadi keguguran. Segala acara yang sanggup membahayakan kehamilan sebaiknya ditinggalkan. Begitu juga kuliner yang dilarang dimakan ibu hamil sebaiknya dihindari dulu. Untuk melaksanakan perawatan kehamilan trimester pertama, kedua dan ketiga sebaiknya lakukan beberapa langkah sederhana berikut ini:

1. Pilih dokter kandungan

Ketika tes pack telah mengatakan aktual hamil, sebaiknya jangan menunda untuk memilih pilihan dokter kandungan atau bidan mana yang nanti akan Anda jadikan referensi untuk berkonsultasi. Untuk menemukan bidan atau dokter yang sesuai keinginan tidak semudah membalikkan telapak tangan, silakan minta saran dari keluarga, teman atau tetangga untuk mendapat dokter atau kandungan yang pas.

2. Tentukan hari asumsi lahir

Untuk memilih hari asumsi lahir, dokter atau bidan sudah memperkirakan dengan menanyakan kapan hari pertama haid terakhir Anda. Selanjutnya, hari asumsi lahir tersebut ditulis di buku kontrol kehamilan. Apabila Anda ingin menghitung HPL sendiri dengan benar, silakan ikuti petunjuk cara menghitungnya pada post berjudul cara menghitung usia kehamilan yang benar.

3. Rutin periksa kehamilan

Untuk menjaga kehamilan tetap sehat, ibu hamil harus rutin memeriksakan kehamilannya ke dokter atau bidan meski tidak ada keluhan. Dengan melaksanakan investigasi kehamilan, dokter akan mengetahui perkembangan janin, apakah berkembang dengan baik atau tidak.

Demikianlah fase kehamilan trimester pertama (1-3 bulan) serta cara perawatannya. Semoga isu yang kami sampaikan ini bermanfaat bagi pembaca. Salam

INFO UPDATE