oleh

Fakta Manfaat Sedekah

Fakta Manfaat Sedekah – Sedekah menjadi salah satu amalam kebaikan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW merekomendasikan kita untuk selalu bersedekah dengan memberikan apa yang dimiliki meskipun hanya sebiji kurma.

Gak ada patokan khusus untuk bersedekah di jalan Allah SWT. Bahkan senyum pun sesama pun sudah terhitung sedekah di sisi Allah. Asalkan semua itu dilakukan dengan ikhlas dan hanya mengharap ridha dari-Nya.

Ada banyak keutamaan dan manfaat yang akan diperoleh bagi orang yang gemar bersedekah. Selain berharga ibadah, ternyata sedekah juga berguna untuk kesehatan tubuh orang. Gimana sedekah bisa berguna bagi kesehatan? Berikut informasi selengkapnya.

Bersedekah selain bermafaat untuk membantu memenuhi kebutuhan orang yang kelaparan, juga bisa memadamkan kesalahan yang pernah dilakukan. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

Bersedekahlah kalian, meski hanya dengan sebiji kurma. Karena, sedekah bisa memenuhi kebutuhan orang yang kelaparan dan memadamkan kesalahan, sebagaimana air mampu memadamkan api. ” (HR Ahmad dan Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih Al-Jami’)

Memberikan sesuatu pada orang lain meskipun hanya sedikit kadarnya gak hanya akan membuat orang yang diberikan sedekah bahagia karena kebutuhan mereka terpenuhi. Memberikan harta yang dimiliki untuk membahagiakan orang lain ternyata juga bisa memberikan “keajaiban” bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kesimpulan itu diperoleh dari sebuah studi yang dilakukan di Departement of Psychologgy University of British Columbia. Dilansir Huffingtonpost, para peneliti berhasil menghubungkan antara memakai uang orang lain dengan penurunan tekanan darah.

Terlebih lagi apabila uang itu dihabisan untuk kegiatan amal seperti menyumbang kegiatan anak yatim, menjadi donatur kegiatan dakwah atau sekedar memberikan sedekah kepada pengemis atau mereka yang membutuhkan bantuan.

Studi itu dibagi menjadi 2 bagian. Bagian pertama melibatkan 128 peserta berusia 40 tahun ke atas yang didiagnosis mengalami tekanan darah tinggi. Pada kelompok itu diberikan beberapa uang untuk dihabiskan selama 6 minggu. Setelah itu mereka diberikan pilihan menghabiskan aung itu untuk diri sendiri atau untuk orang lain.

Diantara mereka ada yang memilih untuk menghabiskan uang itu dengan membantu orang lain seperti beramal. Ternyata mereka yang melakukan hal itu tekanan darah sistolik dan diastoliknya menunjukkan penurunan. Hal yang sebaliknya terjadi pada mereka yang menghabiskan uang itu untuk dirinya sendiri seperti belanja dan lainnya gak mengalami perkembangan dalam kesehatannya.

Penemuan itu menjadi bukti kuat bahwa menghabiskan uang untuk berbagi pada orang lain bisa mengakibatkan perbaikan yang signifikan terhadap kesehatan fisik. Selain itu, peneliti juga menilai bahwa apabila penderia darah tinggi melakukan sedekah atau berbagi kebahagiaan dengan orang lain secara rutin, maka akan ada manfaat jangka panjang dalam hal kesehatan.

Pada bagian kedua penelitian, peneliti menganalisa data dari 186 orang lanjut usia dengan tekanan darah tinggi. Angka-angka menunjukkan bahwa semakin banyak uang yang dihabiskan untuk kebahagiaan orang lain akan membuat semakin rendah tekanan darah dalam 2 tahun ke depan.

Jauh sebelum fakta itu ditemukan oleh para peneliti, Islam sudah merekomendasikan umatnya untuk banyak memberikan sedekah. Bahkan Rasulullah SAW juga sudah memberikan bukti tentang keterkaitan antara sedekah dengan mengobati sakit yang diderita seseorang. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

Obatilah sakitmu dengan sedekah, bentengilah harta bendamu dengan zakat, dan bersiaplah menghadapi cobaan dengan doa. ” (HR. Baihaqi)

Obatilah orang yang sakit diantara kalian dengan sedekah. ” (HR. Baihaqi)

Demikianlah informasi tentang manfaat sedekah bagi kesehatan tubuh orang. Sungguh luar biasa manfaat yang akan diperoleh dari perbuatan yang ini. Gak hanya bisa menjadi media untuk membantu sesama, sedekah juga akan memberikan pengaruh positif bagi kesehatan orang yang melakukannya. Baca juga Manfaat Air Wudhu Secara ilmiah dan Doa Nurbuat Dan Manfaatnya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE