oleh

Esemka Jadi Pujian Joko Widodo Semenjak Jadi Walikota Solo

 Jokowi bersama Esemka Rajawali ketika masih menjadi Walikota Solo. Foto: Rachman Haryanto

Jakarta – Mobil Esemka cukup identik dengan nama Joko Widodo (Jokowi). Bagaimana tidak? Jokowi memang sempat terlibat dalam membesarkan nama Esemka. Saat menjabat sebagai Walikota Solo Jokowi tetapkan untuk memakai Esemka sebagai kendaraan dinasnya.

Digunakan oleh Jokowi, Esemka menjadi daya tarik tersendiri di kalangan pejabat. Banyak pejabat kepincut akan Esemka.


Kabarnya pada tahun 2013 sudah ada 7.000-an unit Esemka terpesan salah satunya untuk Menteri PU ketika itu. Namun lagi-lagi Esemka seolah isapan jempol saja alasannya yaitu hingga ketika ini kendaraan beroda empat belum juga muncul.

Tahun 2018, Esemka kembali menggema. Tampaknya sang produsen serius untuk menggarap kendaraan beroda empat tersebut. Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono bahkan menyampaikan Presiden Jokowi terus memantau perkembangan Esemka di Indonesia.

Namun memang hingga ketika ini belum ada satu pun informasi didapat dari dua perusahaan yang disebut-sebut menggarap Esemka yakni PT Solo Manufaktur Kreasi dan PT Adiperkasa Citra Esemka Hero. Meski begitu, Esemka dikatakan sudah melakoni serangkaian tes sebelum diproduksi.

“Arahan dari Pak Jokowi selalu menekan, memastikan Esemka benar-benar terwujud, alasannya yaitu itu pujian dia semenjak jadi Walikota Solo. Ada beberapa investor lokal, yang di Solo juga ada. Ada satu perusahaan tapi ada beberapa investor. Dua hingga tiga investor,” sebut Diaz di Jakarta belum usang ini.

Mobil kabarnya siap diluncurkan dalam waktu dekat. Kata Diaz, setidaknya sebelum selesai 2019 Esemka sudah sanggup mengaspal di Tanah Air.

Tonton juga ‘Fahri: Jangan-jangan Mobil Esemka Diimpor Terus Distempel Gitu’:

[Gambas:Video 20detik]

News Feed