oleh

Eropa Siap Bikin Sejarah Pendaratan Pertama Di Sebuah Komet

Ilustrasi wahana Philae ketika akan mendarat di sebuah Komet. Kredit: ESA

– Para ilmuwan, astronom profesional maupun yang amatir sedang menunggu hari Rabu (12/11) pekan ini, ketika wahana antariksa Rosetta milik Agensi Antariksa Eropa (ESA) akan melaksanakan pendaratan di sebuah komet.

Bukan Rosetta yang mendarat, melainkan Philae (baca: fee-lay). Philae akan diterjunkan dari Rosetta untuk mendarat di Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko pada tanggal 12 November 2014 pada 22:35 WIB.

Kita semua yang berada di Bumi berjarak kurang lebih 500 juta kilometer dari komet tersebut. Dengan begitu, kita tidak akan tahu Philae sudah berhasil mendarat atau belum hingga sinyal diterima sekitar pukul 23:02 WIB (12/11).

Jika semua berjalan sesuai rencana, ini akan menjadi prestasi yang mengagumkan! Sekadar informasi, komet dan Rosetta bergerak melintasi antariksa pada kecepatan 60.000 per jam.

Lokasi pendaratan –yang sebelumnya dikenal hanya sebagai J Site– kini mempunyai nama resmi. Sudah diberi nama Agilkia, dipilih sesudah kompetisi esai dari ESA.

Nama Agilkia mengacu pada sebuah pulau di Sungai Nil. Dalam sejarahnya, ada sebuah bangunan kuno yang dipindahkan ke pulau Agilkia sesudah pulau Philae banjir besar.

Lokasi pendaratan Philae. Kredit: ESA

Setelah berhasil mendarat nantinya pada tanggal 12 November 2014, Philae akan mengambil gambar pertama yang pernah diambil dari permukaan komet.

Philae juga akan mengebor ke permukaan komet untuk mempelajari komposisi, dan menyaksikan secara bersahabat bagaimana perubahan komet yang bergerak semakin bersahabat ke Matahari.

Philae sanggup tetap aktif di permukaan komet selama sekitar dua setengah hari. Induknya, Rosetta, akan tetap di orbit komet 67P hingga titik perihelion komet, atau titik terdekat komet dengan Matahari, pada bulan Juli 2015.

Selain komet merupakan objek kosmik yang indah, komet memperlihatkan petunjuk penting wacana sejarah tata surya kita.

Komet dianggap objek primitif tata surya yang secara harfiah membeku dan mereka mungkin telah memainkan tugas dalam “penyemaian” Bumi dengan air dan, mungkin, materi dasar untuk kehidupan.

Rosetta diluncurkan pada bulan Maret 2004 dan menghabiskan 957 hari “hibernasi” untuk menghemat dayanya sebelum hingga di orbit komet 67P pada Agustus 2014.

INFO UPDATE