oleh

Doa Saat Hujan Turun (Berdasarkan Dalil Hadits)

Ilustrasi : Doa Ketika Hujan

Doa Ketika Hujan Turun


Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Pada pembahasan yang lalu, telah diuraikan wacana doa minta hujan menurut hadits shahih. Selain doa meminta semoga hujan diturunkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, terdapat juga dalil-dalil hadits mengenai doa ketika hujan turun. Dan kali ini kita akan membahas wacana doa ketika hujan turun.

Betapa tepat fatwa islam dan Maha Benar Allah yang telah menurunkan air hujan yang membawa rahmat bagi alam ini. Mulai dari ketika tak ada hujan hingga ketika hujan turun, dan bahkan sesudah hujan reda, semua mempunyai tuntunan dalam syari’at islam, salah satunya dengan disunnahkan berdoa. Sedangkan doa itu ialah salah satu ibadah dzikir yang dianjurkan. Sehingga secara keseluruhan mengenai hujan, kita akan memperoleh banyak keutamaan dan pahala di sisi Allah Ta’ala dengan menghidupkan sunnah-sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang salah satunya ialah dengan doa.


Apa Doa Ketika Hujan Turun?


Berikut akan kita hadirkan beberapa dalil – dalil hadits yang berisi doa – doa ketika hujan turun.

Doa Ketika Hujan Turun (Doa ke-1)


اَللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا


Allaahumma shayyiban naafi’an.
“Ya Allah, turunkanlah hujan yang bermanfaat (untuk manusia, flora dan binatang).” [HR. Bukhari no. 985].

Doa tersebut di atas bersumber dari hadits yang diriwayatkan dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila turun hujan, ia membaca “Allaahumma shoyyiban naafi’an” (Ya Allah, turunkanlah hujan yang bermanfaat).

Doa tersebut di atas dibaca ketika curah hujan turun dalam curah normal.


Doa Ketika Hujan Turun (Doa ke-2)


اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَيِّبًا نَافِعًا


Allaahummaj ‘alhu shayyiban naafi’an.
“Ya Allah, jadikanlah hujan ini hujan yang bermanfaat (untuk manusia, flora dan hewan).” [HR. An-Nasa’i dalam sunannya no. 1534, dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Dhaif Sunan An-Nasa’i no. 1523 dan Ash-Shahihah no. 2757].

Sebagaimana doa ketika hujan turun yang pertama di atas, doa yang kedua ini juga merupakan hadits yang diriwayatkan dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila hujan ia mengucapkan: “Allaahummaj ‘alhu shayyiban naafi’an.”
Artinya : “Ya Allah, jadikanlah hujan ini hujan yang bermanfaat (untuk manusia, flora dan hewan).”


Doa Ketika Hujan Turun (Doa ke-3)


رَحْمَة


Rahmah.
“Rahmat”. [HR. Muslim 899].

Sama halnya dengan kedua doa sebelumnya, doa ketika hujan yang ketiga ini juga ialah hadits doa yang diriwayatkan dari istri Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa apabila turun hujan, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan: “Rahmah” (artinya : Rahmat).


Doa Ketika Hujan Turun Sangat Lebat (Doa ke-4)


اَللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا، اَللَّهُمَّ عَلَى اْلآكَامِ وَالظِّرَابِ، وَبُطُوْنِ اْلأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ


Allaahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa, allaahumma ‘alal aakaami wazh-zhiroobi, wa buthuunil audiyati wa manaabitisy-syajari.
“Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan menimpa kami. Ya Allah, berilah hujan ke dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan”. [HR. Al-Bukhari 933 dan Muslim no. 897].

Doa yang keempat ini biasanya dibaca ketika hujan turun dengan sangat lebat dan berlangsung lama, sehingga dikhawatirkan dengan turunnya hujan ini sanggup menyebabkan banjir pada suatu wilayah.

Wallahu a’lam

Demikian risalah singkat wacana “Doa Ketika Hujan Turun”, semoga bermanfaat bagi sahabat muslim sekalian, dan sanggup menjadi amalan yang sanggup meningkatkan kualitas ibadah kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, khususnya dalam hal dzikir mengingat kepada Rabb yang Maha Berkehendak atas segala sesuatu.



Sumber: Hisnul Muslim
Label : Doa, Aqidah, Keluarga, Doa Ketika Hujan
Deskripsi : Risalah ini berisikan dalil hadits mengenai doa ketika hujan turun. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah membaca doa – doa ini dan didengar oleh istri beliau, ‘Aisyah radhitallahu ‘anha.

INFO UPDATE