oleh

Di Bogor Tak Ada Aktivitas, Pabrik Esemka Sudah Ada Di Boyolali

 Pabrik Esemka di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto

JakartaEsemka digadang-gadang siap diproduksi massal. Bahkan, Esemka disebut sudah menyiapkan pabriknya.

Sebelumnya disebutkan Esemka sedang menyiapkan pabrik perakitan Esemka di Boyolali, Jawa Tengah, dan di Cileungsi, Bogor. Pabrik Esemka di Boyolali memang sudah tegak bangun di Boyolali.

detikOto menyambangi pabrik tersebut beberapa kali. Terakhir, detikOto mendatangi pabrik Esemka di Boyolali pada Rabu, 3 Oktober 2018. Namun, kami tidak diperkenankan masuk dan hanya hingga di Pos Satpam saja. Wartawan juga tidak dibolehkan mengambil gambar.

Sejumlah kendaraan beroda empat tampak berjejer di halaman pabrik kendaraan beroda empat Esemka di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali. Mobil jenis pikap itu diperkirakan merupakan hasil perakitan di pabrik tersebut, dari penampilannya seakan-akan pikap Esemka Bima yang sering terlihat beberapa waktu lalu.

 Pabrik Esemka di Boyolali. Foto: Bayu Ardi Isnanto

Pabrik kendaraan beroda empat Esemka berada di jalan Mangu-Sambi, Boyolali, itu disebut-sebut untuk perakitan kendaraan beroda empat Esemka. Pabrik tersebut berjarak sekitar 5 kilometer di sebelah barat Bandara Adi Soemarmo, Boyolali.

Selain di gerbang masuk, goresan pena PT Solo Manufaktur Kreasi juga tertera di pagar tembok depan pabrik dan sama-sama masih ditutupi kain. Ketika detikOto menyambangi pabrik di jam istirahat, tampak puluhan cowok dengan mengendarai sepeda motor keluar dari pabrik. Sebagian kecil dari mereka tampak mengenakan seragam warna biru kombinasi oranye. Di cuilan punggung tertulis PT Solo Manufaktur Kreasi. Sedangkan lainnya mengenakan seragam berbeda-beda, yaitu seragam praktik kerja lapangan (PKL) sejumlah Sekolah Menengah kejuruan di Boyolali dan Solo. Ada juga yang mengenakan seragam PKL bertuliskan sebuah politeknik swasta di Solo.

Sementara itu warga sekitar pabrik, juga menyebutkan bahwa pabrik kendaraan beroda empat Esemka sudah beroperasi atau berproduksi melaksanakan perakitan. Namun semenjak kapan, dan apakah semuanya dirakit di pabrik tersebut ia tidak tahu.

“Sudah, di halaman dalam pabrik sudah ada kendaraan beroda empat yang sudah jadi,” kata Ipung, ditemui di bengkel di sebelah timur pabrik.

Dia juga mengaku, sejauh ini belum pernah melihat kendaraan beroda empat Esemka yang diuji coba jalan di jalan umum sekitar pabrik. “Di dalam (pabrik) kan ada lokasi khusus untuk tes drive, ada jalan aspal, jalan manis dan jalan tidak manis untuk ngetes,” jelasnya.

Kemarin, Rabu (17/10/2018), detikOto melaksanakan penelusuran ke Cileungsi yang disebut-sebut akan menjadi pabrik kedua Esemka. Kami melaksanakan peliputan ke Cileungsi, alasannya yaitu selama ini beredar kabar bahwa Esemka juga menyiapkan pabrik di daerah Industri River Green tepatnya di Jl. Cimanggung, Cileungsi, Bogor, selain mendirikan pabrik di Boyolali. Sebab sebelumnya, telah beredar foto plang nama PT Adiperkasa Citra Esemka Hero di daerah itu. Tapi, kemarin detikOto tidak menemukan plang nama tersebut. Mungkin sudah dicabut.

 Kawasan yang disebut akan menjadi pabrik Esemka di Cileungsi. Foto: Ridwan Arifin/detikOto

detikOto melaksanakan peliputan ke sana untuk mencari tahu apakah benar Esemka menyiapkan pabrik di Cileungsi? Karena pihak Esemka memang sulit untuk dihubungi. Managing Director PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), Hosea Sanjaya, hingga info ini ditulis belum juga merespons detikOto untuk dimintai konfirmasi soal Esemka.

Tonton juga ‘Benarkah ‘Pabrik Esemka’ di Cileungsi?’:

[Gambas:Video 20detik]

News Feed