by

Ciri-Ciri Hamil Muda/Tanda Kehamilan Yang Sangat Gampang Dikenali

Ciri hamil muda – Mempunyai anak yakni dambaan dari semua pasangan suami istri. Kehadiran sang buah hati di tengah-tengah keluarga menciptakan keharmonisan rumah tangga semakin terasa. Namun demikian, tak jarang perempuan yang menganggap dirinya hamil tapi sehabis diperiksakan ke dokter  balasannya tidak hamil. Oleh alasannya yakni itu setiap pasangan suami istri perlu mengetahui ciri dan tanda kehamilan muda.

Telat haid bukanlah satu-satunya tanda perempuan hamil dan bukan termasuk tanda-tanda hamil yang dijadikan tolok ukur dalam memastikan kehamilan. Untuk itu, pada kesempatan kali ini www.Toplintas.com akan membahas ihwal tanda awal kehamilan yang sering muncul.

Ciri-ciri / Muda

Ada beberapa tanda-tanda yang diduga sebagai mengambarkan kehamilan muda, antara lain yakni sebagai berikut :

 Mempunyai anak yakni dambaan dari semua pasangan suami istri Ciri-ciri Hamil Muda/Tanda Kehamilan yang Sangat Praktis Dikenali
Gambar ilustrasi (sumber : pixabay.com)

1. Perubahan bentuk tubuh

Perubahan bentuk badan yakni salah satu dari sekian banyak tanda-tanda kehamilan yang umum terjadi. Perut yang kian membuncit niscaya terjadi pada setiap ibu hamil. Namun Anda perlu mengetahui bahwa bentuk badan yang berubah ketika sedang hamil bukan hanya perut saja tapi bab lain menyerupai paha, bok0ng, lengan dan dada juga mengalami perubahan.

2. Perubahan payudara

Perubahan pada bab payudara yakni perubahan fisik yang terjadi pada semua perempuan hamil. Payudara ibu hamil akan terasa berat, nyeri dan sakit terutama ketika terkena sentuhan.

Pada usia dua ahad pertama kehamilan, payudara ibu hamil akan terlihat semakin membesar. Kondisi ini terjadi sebagai persiapan untuk memproduksi ASI. Perubahan payudara ketika hamil yakni lantaran peningkatan hormon esterogen dan progesterone. Payudara perempuan hamil menjadi sangat sensitif terhadap sentuhan bahkan lantaran sentuhan kain bra.

3. Lelah berat

Tanda-tanda kehamilan yang berikutnya yakni mengalami kelelahan yang sangat berat terutama di awal masa kehamilan. Hal ini menciptakan ibu hamil butuh waktu istirahat lebih usang terutama pada ahad awal kehamilan.

Tubuh ibu hamil bekerja lebih keras untuk memompa darah untuk memenuhi kebutuhan janin. Hormon progesterone akan menjadi depresan alami untuk sistem syaraf pusat. Produksi hormon progesterone juga menciptakan ibu hamil merasa sangat lelah dan mengantuk.

4. Sering buang air kecil

Pada ketika sedang hamil, janin dalam kandungan butuh daerah yang luas di dalam rahim. Hal menciptakan kandung kemih ibu hamil tertekan sehingga frekuensi buang air kecil ibu hamil semakin meningkat. Jangan pernah menahan untuk buang air kecil lantaran dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan serius.

5. Sering mual

Mual yakni salah satu tanda-tanda kehamilan yang paling umum dialami oleh perempuan mengandung. Memang, tidak semua ibu hamil mengalami mual dan muntah namun kebanyakan ibu hamil tetap mengalaminya meski hanya sebentar. Mual di pagi hari (morning sickness) yakni hal yang lumrah dialami oleh ibu hamil muda. Rasa mual ini biasa dialami oleh ibu hamil pada usia kehamilan trimester pertama.

Ibu hamil tidak hanya merasa mual dan ingin muntah saja tapi indra penciuman juga menjadi lebih sensitif terhadap bau menyengat menyerupai aroma parfum, kopi, rokok dan lainnya sehingga memicu mual muntah.

6. Keluar bercak darah

Di awal masa kehamilan, bercak darah ringan akan muncul melalui jalan lahir. Warna bercak darah tanda kehamilan jauh berbeda dengan darah menstruasi. Pendarahan ini terjadi pada usia kehamilan di hari 10 sampai 14 hari sehabis pembuahan. Bersamaan dengan pendarahan ringan ini, Anda juga akan mengalami kram perut ringan.

7. Sakit kepala

Tanda-tanda kehamilan berikutnya yakni sakit kepala yang sering tiba meski tidak diundang. Sakit kepala ini terjadi lantaran peningkatan sirkulasi darah akhir perubahan hormon. Sakit kepala tanda kehamilan ini terasa menyerupai ketika Anda naik kapal. Silakan baca pusing tanda hamil menyerupai apa ?

8. Hipersalivasi (sering meludah)

Gejala kehamilan yang satu ini terjadi lantaran perubahan hormon esterogen di dalam badan terutama pada usia kehamilan trimester pertama. Tanda kehamilan ini akan segera hilang seiring bertambahnya usia kehamilan.

9. Mengalami perubahan persepsi terhadap masakan tertentu

Beberapa ibu hamil merasa mual jikalau mencium aroma masakan tertentu padahal sebelumnya tidak menyerupai itu. Sebaliknya, terkadang ibu hamil ngidam terhadap masakan yang dulunya begitu dibenci.

10. Muncul tanda-tanda menyerupai PMS

Di awal masa kehamilan, ibu hamil akan mengalami tanda-tanda yang sangat menyerupai dengan PMS menyerupai pinggang terasa sakit, perut kembung, nyeri di bab payudara dan lainnya. Oleh alasannya yakni itulah beberapa orang mengira kalau dirinya akan menstruasi padahal ia lagi hamil. Silakan baca : perbedaan tanda akan hamil dan tanda menstruasi

11. Sakit punggung

Tanda-tanda hamil yang berikutnya yakni nyeri pada bab pinggang dan punggung. Rasa sakit ini sering muncul selama masa kehamilan sampai jelang persalinan.

12. Konstipasi

Hormon progesteron yang mengalami peningkatan menciptakan pencernaan ibu hamil terganggu sehingga ibu hamil mengalami kontipasi atau susah buang air besar. Hormon progesteron menciptakan kerja usus ibu hamil lambat.

13. Temperatur basal naik

Jangan kaget jikalau suhu badan Anda naik. Memang salah satu ciri kehamilan yakni terjadi kenaikan suhu basal tubuh.

14. Telat haid

Telat haid yakni tanda-tanda kehamilan yang sangat umum terjadi pada ibu hamil. Sel telur yang telah berhasil dibuahi menciptakan ibu hamil tidak haid. Terlambat tiba bulan yakni salah satu ciri kehamilan yang banyak dijadikan teladan oleh masyarakat ihwal kehamilan dirinya.

15. Perubahan mood

Peningkatan hormon menciptakan mood ibu hamil mengalami perubahan. Ibu hamil biasanya menjadi lebih sensitif, gampang murka dan gampang menangis tanpa ada alasan yang jelas.

Itulah tanda-tanda kehamilan yang perlu Anda ketahui. Satu hal yang perlu Anda ingat, yaitu ketika beberapa tanda kehamilan tersebut telah muncul pada diri Anda bukan berarti Anda konkret hamil. Untuk itu, silakan lakukan tes kehamilan jikalau beberapa tanda tersebut telah muncul. Salam

News Feed