by

Ciri Ciri Batu Akik Yaman Asli

Ciri Ciri Batu Akik Yaman Asli bagi anda yang ingin membeli dan memiliki jenis batu akik ini, sebaiknya anda berhati-hati dan teliti dalam memilih jenis batu akik yaman. Hal ini dikarenakan, banyak beredar jenis batu akik yaman yang imitasi atau palsu. Untuk memastikan keaslian dari batu akik ini, anda dapat mengenali beberapa kriteria berikut ini.

Jenis batu akik yaman yang asli memiliki beberapa kriteria, diantaranya yakni:

  • Tingkat kejernihan
    Tingkat kejernihan pada batu akik yaman yang asli gak bisa dibandingkan dengan jenis batu akik lainnya, karena jenis batu yaman yang asli bisa dilihat dari batunya yang tampak basah. Hal ini dikarenakan, batu ini memiliki unsur air yang cukup tinggi, sehingga gak akan terlalu susah untuk membedakan jenis batu ini dengan jenis batu lainnya.
  • Memiliki kepadatan yang baik
    Jenis batu akik ini memiliki kepadatan dibagian dalam batu itu, hal ini bisa dilihat dengan memakai kaca pembesar atau dengan membiaskan cahaya memakai baterai. Kepadatan yang solid menjadikan batu ini juga memiliki tingkat kekerasan yang cukup kuat sekitar 7-8 skala mohs.
  • Memiliki potongan batu bertebing
    Keunikan dari batu akik ini terlihat jelas pada bagian potongan batu yang bertebing, keunikan inilah yang menjadikan ciri khas pada batu yaman asli. Batu akik yaman yang asli berasal dari yaman, tetapi saat ini sudah banyak dijual bi berbagai toko atau pusat penjual batu akik di indonesia.
  • Memiliki sertifikat keaslian
    Bagi anda yang akan membeli atau mencari jenis batu yaman yang asli, lebih baik anda membeli batu akik ini yang dilengkapi dengan sertifikat keasliannya yang langsung dikeluarkan oleh lembaga yang bersangkutan dinegara yaman. Sehingga keaslian batu itu sudah gak perlu diragukan lagi.
  • Faktor Yang Menentukan Harga Batu Akik Yaman
    Mungkin sebagian dari anda merasa heran, apa yang menjadikan batu akik ini sangat terkenal dan memiliki harga jual yang sangat tinggi? Supaya lebih jelas, lebih baik anda simak penjelasan yang menjadikan batu akik ini menjadi salah satu jenis batu akik terkenal dan termahal di dunia.
  • Keanekaragaman jenisnya
    Batu akik ini memiliki hampir 25 jenis yang beberapa diantaranya terdiri dari batu yaman ka`bah, yaman kalimah, merah, hitam, hijau dan masih banyak lagi jenis –jenis lainnya. Setiap jenis tentunya memiliki keunikan dan harga yang berbeda-beda, tetapi hampir semua jenis batu yaman ini banyak diminati para pecinta dan kolektor batu mulia.
  • Kualitas
    Jenis atau batu akik yang memiliki kualitas keren bisa di tatap dari kemulusan batu itu, karena jika ada retak meskipun sedikit maka kualitas dan harga batu itu akan turun. Hal ini dikarenakan, keindahan batu itu akan menurun jika terdapat retakan pada permukaan batu.
  • Keanekaragaman warna
    Batu akik ini dinilai tinggi jika memiliki perpaduan warna yang keren dan motif yang indah, ini dikarenakan batu yaman kaya akan warna alami yang menjadikan batu akik ini banyak dilirik para kolektor dunia.
  • Memiliki grade
    Sama hal nya dengan batu giok, batu akik ini juga memiliki grade mulai dari grade 1, 2 dan 3. Jenis batu yaman yang memiliki grade 1 merupakan jenis batu yang paling terkenal dan termahal didunia.
  • Berat
    Jika batu akik ini memiliki berat karat yang keren, maka nilai jual batu ini juga akan melayang tinggi.
  • Ukiran atau potongan
    Jika anda memiliki bongkahan batu yaman asli, lebih baik anda mengukit atau mempotong batu dengan ekstra hati-hati. Hal ini dikarenakan, ketepatan dan ketelitian dalam pengukiran atau pemotongan bisa mempengaruhi nilai jual batu itu.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang batu akik yaman, semoga penjelasan ini sedikit bisa membantu anda dan menambahkan pengetahuan anda dalam mengenali batu akik yaman.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed