oleh

Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Cemilan sehat diharapkan oleh ibu hamil terutama pada usia kehamilan trimester pertama sebab pada usia itu ibu hamil masih mengalami morning sickness (mual dan muntah) yang membuatnya sulit untuk mengkonsumsi kuliner berat. Dengan cemilan, perut dapat terisi sehingga ibu hamil tidak hingga kehabisan tenaga.

Terlalu banyak ngemil memang tidak manis sebab dapat menciptakan lemak badan menumpuk, namun beda masalahnya ketika Anda sedang hamil terutama ketika usia kehamilan muda. Mengapa demikian ? sebab cemilan dapat dipakai sebagai pengganti kuliner berat yang umumnya dikeluarkan dari perut ibu hamil sebab peningkatan hormon kehamilan membuatnya terasa mual dan ingin muntah.

Walaupun demikian Anda dihentikan sembarangan mengkonsumsi cemilan sebab jikalau salah pilih, cemilan yang dikonsumsi tidak dapat diterima oleh perut dan jusru menciptakan morning sickness semakin parah. Lalu apa saja cemilan yang baik untuk ibu hamil itu ? Silakan Anda simak klarifikasi kami berikut ini

source of pixabay

Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Usia kehamilan trimester pertama (bulan 1 – 3) memang menjadi masa yang cukup berat bagi ibu hamil. Asupan nutrisi yang banyak dibutuhkan oleh ibu hamil trimester pertama bukan lah karbohidrat melainkan asam folat. Pakar kesehatan memberi saran kepada ibu hamil semoga memenuhi kebutuhan folat hingga 400 cmg per hari sehingga ibu hamil muda perlu mengkonsumsi banyak kuliner yang mengandung folat. Berikut ini yaitu beberapa jenis kuliner yang sangat baik dikonsumsi ibu hamil sebab banyak mengandung folat :

  1. Cemilan denga jenis tepung yang dibentuk dari materi kacang polong, kacang tanah, kacang kenari, kacang lenting dan kacang kedelai
  2. Cemilan yang terbuat dari materi daging ikan salmon, daging sapi, telur dan daging ayam
  3. Cemilan yang berupa buah – buahan ibarat pepaya, jeruk, strowberry, persik, melon, pisang, alpukat, tomat dan lain – lain
  4. Cemilan yang yang terbuat dari sayuran ibarat sledri, selada, asparagus, kubis, bayam, brokoli dan lain – lain

Selengkapnya silakan baca [makanan yang mengandung asam folat tinggi]

Cemilan Ibu Hamil yang Sehat

Sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa perempuan hamil muda lebih banyak memerlukan asam folat sehingga ibu hamil perlu komplemen cemilan berfolat tinggi. Cemilan tersebut dapat diperoleh dari beberapa jenis kuliner yang telah kami tulis di atas sesuai dengan selera. Berikut ini beberapa teladan cemilan berbahan dasar kuliner berfolat tinggi yang patut Anda coba :

  • Asparagus kukus
  • Salad berbahan kuliner berfolat, contohnya dari daun bayam
  • Jus buah alpukat, jeruk dan tomat
  • Aneka buah berfolat tinggi yang dibentuk cemilan
  • Roti gandum
  • Dan aneka cemilan lain yang dapat Anda buat dari materi kuliner kaya folat

Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil Lainnya

Selain kuliner yang banyak mengandung folat, ibu hamil muda juga membutuhkan kuliner bervitamin A sebab diharapkan untuk membantu perkembangan organ dalam janin, memperlancar peredaran darah dan menguatkan sistem syaraf. selain itu vitamin A juga berperan aktif untuk ibu hamil dalam rangka mencegah terjadinya infeksi. Vitamin A dapat diperoleh dari berbagai buah – buahan dan keju. Ibu hamil muda juga membutuhkan cemilan yang mengandung beta karoten yang dapat diperoleh dari buah – buahan dan sayuran. Salah satu buah yang banyak mengandung beta karoten yaitu buah jeruk.
[baca : manfaat buah jeruk untuk ibu hamil]

Ketika usia kehamilan Anda telah memasuki trimester kedua ( bulan keempat ), Anda perlu banyak mengkonsumsi kuliner berkalsium tinggi sebab di ketika itu janin sangat memerlukan banyak asupan kalsium guna membantu pembentukan tulang, pembentukan gigi dan jaringan syarafnya. Tidak cukup dengan kalsium sebab kalsium tidak akan diserap oleh badan dengan baik jikalau badan kekurangn vitamin D, maka perhatikan juga asupan vitamin D dalam tubuh.

Itulah cemilan sehat untuk ibu hamil trimester pertama yang dihentikan Anda abaikan. Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola makan yang sehat selama hamil semoga kehamilan terus dapat dijalani dengan baik, sehat dan tanpa banyak keluhan. Semoga kehamilan Anda menyenangkan dan sehabis datang saatnya bayi lahir dengan selamat sesuai harapan..

News Feed