oleh

Cara Sharing File Memakai Google Drive Menyerupai File Document, Presentation, Spreadsheet, Form, Drawing Dan Map.

Google Drive merupakan salah satu layanan di Google. Inc yang berbasis cloud untuk menyimpan serta mengedit file. Beberapa file yang dapat secara default diedit dari google drive yaitu file Document, Presentation, Spreadsheet, Form, Drawing, dan Map.  Sebelumnya untuk dapat membuatkan file di google drive tentunya harus memliki akun e-mail gmail google, alasannya ialah merupakan syarat semoga dapat memakai layanan google.

Nah, pada kesempatan ini diulas tips  cara untuk dapat membuatkan file atau sharing file lewat google drive dengan cara membuatkan file sesama antar pemilik akun gmail dan membuatkan file melalui link yang disediakan oleh layanan google drive.

Berbagi File Antar Pemilik Akun Mail Gmail

  1. Pertama masuklah ke alamat https://drive.google.com dari web browser dengan login memakai username dan password gmail.
  2. Setelah masuk dan di tampilan utama google drive carilah folder / file yang ada akan bagi.
  3. Pada folder/file yang ingin anda bagikan, klik kanan pada nama folder/file tersebut, pilih Share…..>  Share…
  4. Lalu masukkan alamat email user yang ingin anda bagikan. Disarankan user tersebut juga memakai email gmail, atau email yang telah  terintegrasi dengan google apps. Untuk e-mail lain selain gmail, hanya mempunyai jalan masuk yang terbatas, menyerupai sebatas view dan download saja tidak dapat edit file yang dibagi. 
  5. Setelah itu set juga hak jalan masuk user tersebut, dalam hal ini ada 2 level, pertama “Can Edit”, artinya user tersebut dapat melaksanakan editing, juga menghapus file. Kedua “Can View”, artinya user tersebut hanya dapat membaca/membuka file tersebut, juga mengunduh, namun tidak dapat melaksanakan editing pada file tersebut. Anda juga dapat menambahkan note/keterangan, yang mana note ini akan muncul pada mail pemberitahuan ke user tersebut. Anda juga dapat menambahkan lebih dari satu akun mail untuk berbagi. 
  6. Klik send apabila sudah selesai.
  7. Sampai di sini, user yang telah dibagikan file/folder tersebut, dapat mengecek dengan login ke google drive masing-masing di alamat https://drive.google.com, atau dapat dengan mengklik tombol open yang ada pada mail pemberitahuan yang dikirimkan oleh google drive.
  8. Cek pada sisi sebelah kiri layar, klik pada “Shared with me/Dibagikan ke saya”. Akan terlihat file/folder yang telah dibagikan oleh pemilik asal. Dari sini anda dapat mengedit file tersebut , atau mengupload file ke dalam folder yang di share.

Berbagi File Melalui Link


Selain mempunyai fitur membuatkan file melalui akun mail, Google drive juga mempunyai fitur membuatkan file melalui link. Hal ini lebih gampang alasannya ialah link tersebut dapat dibagikan ke banyak orang atau user, tanpa harus mempunyai akun gmail. Nah menyerupai apa  berikut ini langkah – langkahnya :

  1. Lakukan hal yang sama menyerupai point No 1 dan 2 tersebut di atas.
  2. Klik goresan pena “Get Shareable Link” (Dapatkan tautan yang dapat dibagikan) dengan icon menyerupai rantai, set hak jalan masuk nya apakah “Can Edit” atau “Can View”
  3. Kemudian copy link tersebut dan simpan atau eksklusif bagikan ke user yang hendak dituju. Jika sudah klik done.
  4. Biasanya link tersebut dirasa terlalu panjang, anda dapat mempersingkat link tersebut dengan memakai layanan penyingkat link menyerupai google url shortener (https://goo.gl/), paste link dari gdrive nya kemudian klik shorten url, maka anda akan mendapat link yang lebih pendek.

Semoga bermanfaat ulasan Cara membuatkan file melalui google drive ini.

News Feed