by

Cara Rahasia Membuat Kolam Ikan Koi

Cara Rahasia Membuat Kolam Ikan Koi hal pertama yang perlu diperhatikan bagi penggenar Koi adalah Membuat Kolam Koi yang representatif bagi kelangsungan hidup dan kesehatan Koi. Kualitas air dalam kolam Koi merupakan faktor penentu kesuksesan memelihara Koi. Keindahan dan kesehatan Koi sangat dipengaruhi oleh kondisi air dalam kolam koi. Kolam koi yang representatif meliputi syarat yang cukup bagi kehidupan Koi dan keindahan jika dipandang. Beberapa penggemar Koi ada yang gak terlalu menghiraukan aspek kedua ini tetapi ada sebagian yang terlalu menekankan aspek keindahan tetapi melupakan syarat yang cukup kolam bagi Koi. Koi merupakan Ikan yang akan terlihat indah jika dilihat dari bagian punggung bukan dari bagian samping, maka memelihara Koi dalam aquarium gak akan bisa menikmati keindahan koi secara maksimal.

  • Kedalaman Kolam Koi

Sebagian orang beranggapan bahwa supaya bisa menikmati keindahan Koi, mereka Membuat Kolam Koi yang dangkal antara 30 cm sampai 50 cm saja, sehingga Koi Mudah dilihat, sebenarnya sah-sah saja anggapan ini, akan tetapi Kolam yang dangkal akan membuat Koi tidak bisa tumbuh dalam ukuran jumbo. Bila Koi Jumbo dipelihara pada Kolam Dangkal lambat laun akan membuat tubuh Koi menjadi bengkok sehingga mengurangi keindahan. Solusinya adalah Membuat Kolam Koi dengan kedalaman yang cukup tetapi air selalu bersih dan jernih sehingga meski Kolam Koi cukup dalam tetap bisa melihat Koi meski berada di dasar kolam sekalipun.

Membuat Kolam Koi yang representatif memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit yang kadang berbenturan dengan biaya yang tersedia karena itu dalam Membuat Kolam Koi harus menyesuaikan dengan kondisi. Lebih baik kolam dengan ukuran kecil tetapi kualitasnya baik daripada kolam yang besar tetapi kualitas airnya buruk. Akan tetapi prinsip dasar Kolam Koi yang bisa dipegang adalah Mudah perawatan dan yang lebih penting bisa menjaga kesehatan dan Kualitas Koi.

  • Membangun Kolam Koi Dengan Tepat Akan Menambahkan Keindahan

Selain itu dalam Membuat Kolam Koi yang harus dipertimbangkan adalah berapa jumlah Koi yang akan dipelihara dan berapa ukuran Koi yang akan dicapai. Ukuran Kolam yang kecil dan dangkal gak bisa mendukung pertumbuhan koi mencapai ukuran Jumbo. Selain itu seiring dengan pertumbuhan Ikan Koi dalam kolam akan menghasilkan kotoran dan Kandungan Amonia yang meningkat dalam kolam. Hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan dan kehidupan Ikan Koi.

  • Sumber Oksigen Penting Dalam Membuat Kolam Koi

Untuk bisa Membuat Kolam Koi yang optimal ada 2 hal yang perlu dipertimbangkan yang pertama merupakan Sumber Oksigen yang cukup dan sistem Filter yang baik. Sebagaimana hewan lain, Ikan Koi membutuhkan Oksigen untuk bernafas dan cukup rentan dengan kondisi kolam yang mimim oksigen. Karena itu perlu suplai oksigen yang cukup dalam kolam koi. Oksigen bisa dihasilkan dari pergerakan air kolam koi, misalnya dibuat dengan air terjun atau dilakukan penambahan aerator pada kolam koi. Sistem filter juga memegan peranan yang penting untuk menjaga kualitas air dalam kolam.

Karena itu filter merupakan equipment wajib dalam Membuat Kolam Koi. Sistem Filter dalam Kolam Koi gak cukup hanya menghasilkan air yang bersih dan jernih saja seperti halnya kolam renang dengan menambahkan Chlorine misalnya. Bagi ikan koi, Chlorine merupakan zat yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidupnya. Sistem filter dalam Kolam Koi juga harus menjamin kolam Koi bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya. Maka sistem filter biologis menjadi pilihan dalam kolam koi.

  • Cara Membuat Kolam Koi Tetap Sehat

Beberapa Hal penting yang menjadi catatan sebelum Membuat Kolam Koi:

1. Lokasi Kolam Koi

Lebih baik Lokasi Kolam Koi adalah di dekat tempat tinggal, supaya bisa menikmati keindahannya dan dikasih makan paling gak 2 kali dalam sehari. Hindari Membuat Kolam Koi dibawah pohon karena daun-daun bisa mengotori kolam dan hindari di tempat-tempat yang gak aman dari hama dan orang gak bertanggung jawab.

2. Membuat Kolam Koi

Lebih baik di Bawah tanah, secara menggali tanah. Karena Keindahan Koi adalah pada bagian punggungnya. Kolam Koi seperti akuarium kurang memberikan pemandangan yang keren bagi keindahan koi.

3. Sistem Filter Kolam Koi Yang baik

Jika tidak ingin ribet dengan berbagai kerumitan filter kolam, salah satunya dalah dengan membeli filter kolam yang sudah jadi. Kita tinggal menyesuaikan spesifikasi filter dengan ukuran kolam yang dimiliki. Tetapi demikian tentunya harus bersiap dengan dana yang mungkin gak sedikit. Selain itu dalam memilih filter untuk kolam adalah kemudahan dalam maintenance dan mudah dibersihkan. Berbagai merek produk filter kolam tersedia di pasaran, salah satunya adalah Nexus. Produsen nexus memproduksi berbagai varian filter kolam antara lain Nexus Easy Pod, Nexus Eazy 210, Nexus Eazy 310 dan lain sebagainya.

Sistem filtrasi Nexus sendiri diklaim sebagai filter kolam ikan koi yang paling sukses di dunia. Hal ini karena didukung oleh desain yang inovatif dan memakai teknologi yang mutakhir. Selain itu berbagai kemudahan dalam membersihkan filter menjadi pertimbangan tersendiri. Ada katup yang tinggal dibuka untuk membersihkan filter. Nexus filter sendiri sudah terbukti merajai pasar filter kolam koi selama 8 tahun yang terus menjaga reputasinya.
Nexus Easy Pod.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed