Cara Menghitung Usia Kehamilan Kalau Lupa Hpht (Hari Pertama Haid Terakhir)

0
80

Ketika test pack memperlihatkan konkret hamil kemudian bagaimana cara menghitung usia kehamilan kalau lupa HTHP ? Banyak kaum perempuan yang tidak mengingat-ingat kapan tanggal pertama haid terakhir sebab tanggal tiba bulan itu selalu berubah tiap bulannya. Sebagaimana kita ketahui, untuk mengetahui HPL (Hari Perkiraan Lahir) diharapkan isu wacana HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir).

Apabila  Anda sudah mengetahui hari pertama haid terakhir, maka Anda dapat menghitung sendiri usia kehamilan Anda secara manual. Jika belum tahu cara menghitung umur kehamilan secara manual, silakan baca : cara menghitung usia kehamilan secara manual dengan HPHT.

Lantas bagaimana kalau Anda konkret hamil tapi lupa HPHT ? bagaimana cara mengetahui usia kehamilan padahal lupa haid terakhir ? Silakan lanjut membaca untuk mendapat isu wacana rumus usia kehamilan kalau HPHT lupa.

Ketika test pack memperlihatkan konkret hamil kemudian bagaimana cara menghitung usia kehamilan j Cara Menghitung Usia Kehamilan Jika Lupa HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir)
(foto : pixabay.com)

Cara Mengetahui Usia Kehamilan Lupa HPHT

Untuk mengetahui umur kehamilan padahal lupa kapan haid terakhir maka bidan atau dokter akan melaksanakan Palpasi abdomen dan atau investigasi USG gua mengetahui kapan hari asumsi lahir. Berikut penjelasannya :

1. Mengetahui usia kehamilan dengan Palpasi Abdominal (Leopold)

Menghitung usia kehamilan dengan cara ini tidak dapat dilakukan sendiri, harus dilakukan oleh tenaga hebat ibarat Bidan sebab metode ini ada patokannya.

Cara menghitung kehamilan dengan cara ini cukup akurat untuk mengetahui umur kehamilan sebab ditentukan menurut tinggi fundus uteri. Oleh sebab tidak dapat dilakukan oleh sembarangan orang, lebih baik anda eksklusif tiba ke bidan untuk mengetahui usia kehamilan kalau lupa HPHT. Bidan akan segera melaksanakan cara ini untuk mengetahui usia kehamilan.

2. Dengan USG (Ultrasonography)

Cara kedua untuk mengetahui usia kehamilan kalau lupa haid terakhir yakni dengan memakai pemberian alat USG. Sama dengan metode yang pertama, cara ini tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang, hanya tenaga hebat yang dapat melakukannya.

Apabila Anda pernah melaksanakan USG pada usia kehamilan trimester pertama maka Dokter akan memperlihatkan isu terkait umur kehamilan. Hasil investigasi USG ini cukup akurat daripada investigasi yang lain.

Dengan pemberian alat USG, tidak hanya usia kehamilan yang dapat diketahui tapi isu terkait dengan kondisi janin dapat dilihat dengan jelas. Apabila USG dilakukan pada usia kehamilan trimester kedua maka bentuk janin sudah terang terlihat bahkan jenis kelam!n janin sudah dapat diketahui.

Baca juga : USG janin pria ibarat apa ?

Entah dengan metode Palpasi Abdominal (Leopold) maupun dengan USG tujuannya yakni sama, yaitu untuk mengetahui asumsi usia kehamilan. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui kapan hari asumsi lahir sang buah hati.

Hari asumsi lahir (HPL) penting untuk diketahui setiap ibu hamil guna mempersiapkan persalinan. Hal yang perlu diwaspadai yakni saat bayi tidak segera lahir sesudah HPL tiba.

Demikian isu terkait cara menghitung usia kehamilan kalau lupa HPHT. Intinya, segera sampaikan ke dokter atau bidan kalau Anda lupa kapan haid terakhir sehingga dokter atau bidan akan segera melaksanakan investigasi terkait usia kehamilan Anda.