oleh

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Bau Mulut merupakan hal yang tidak nyaman saat bersama teman atau kelaurga, adapun beberapa penyebab bau mulut dalam banyak khasus disebabkan oleh berbagai faktor, diantarnya seperti merokok, gak saran, sariawan, bakteri, akibat mengkonsumsi makanan tertentu dan masih banyak lagi. Untuk mengatasinya gak sedikit orang yang memilih untuk mengemut atau mengunyah permen karet dengan rasa mint. Selain itu berkumur dengan mouthwash atau obat kumur juga bisa mengatasi bau mulut gak sedap. Tetapi tentunya pemakaian dalam jangka panjang akan berakibat buruk bagi kesehatan gigi dan mulut anda.

Bau Badan dan bau mulut gak sedap juga bisa menurunkan kredibilitas seseorang. Sehingga bisa memunculkan image negatif dari orang lain jika si orang yang punya bau mulut adalah orang yang jorok dan gak suka menjaga kebersihannya. Ini bisa menjadi masalah yang lebih besar lagi jika anda adalah 1 orang pebisnis yang kerjanya selalu wajib berkata dengan rekan yang tentunya membutuhkan aroma yang sedap yang keluar dari mulut.

PENYEBAB BAU MULUT

Kemudian apa penyebab bau mulut? sebelum berkata cara menghilangkan bau mulut, ada baiknya kami kenali beberapa karena yang bisa menjadikan mulut seseorang itu bau yakni antara lain:

  1. Kurang bisa menjaga kebersihan mulut. Pastikan untuk sikat gigi minimal 2 kali dalam sehari, pagi serta malam menjelang anda tidur.
  2. Makan makanan pemicu bau mulut seperti jengkol atau petai. Makan itu memang lezat rasanya, tetapi tentu saja menimbulkan bau mulut gak sedap.
  3. Kebiasaan merokok juga bisa membuat nafas orang yang merokok menjadi gak sedap. Begitu banyak bahaya merokok, selain itu akan mengakibatkan mulut anda bau tembakau dan terasa kecut setiap saat.
  4. Sakit sariawan. Munculnya sariawan juga bisa mengakibatkan bau mulut gak sedap. Segera obati sariawan anda.
  5. Lupa akan sarapan pagi. Kebiasaan gak sarapan bisa menimbulkan bau mulut gak sedap. Seharusnya pastikan sikat gigi setelah sarapan.
  6. Adanya gangguan pada gigi seperti gigi berlubang. Bakteri pada gigi yang berlubang juga menimbulkan bau mulut gak sedap. Terlebih pada saat sakit gigi, kami malas sekali sikat gigi dan memasukkan makanan sehat lewat mulut dikarenakan menahan rasa sakit pada gigi.

CARA MENGATASI BAU MULUT

Itulah beberapa penyebab bau mulut yang mungkin gak disadari. Kemudian gimana cara mengatasinya bila kami sudah terlanjur bau mulut? Diantara cara menghilangkan bau mulut yang bisa anda lakukan merupakan:

  • Menjaga mulut anda tetap lembab. Mulut yang kering merupakan sumber dari bau mulut. Air liur membantu supaya mulut anda tetap lembab dan berfungsi sebagai antiseptik dan enzim yang membunuh bakteri. Itu sebabnya napas lebih bau di pagi hari karena mulut menghasilkan sedikit air liur saat tidur.
  • Permen karet. Selain menutupi bau dengan beberapa jenis aroma yang segar, permen karet juga merangsang produksi air liur. Tapi hindari permen rasa mints, karena mints gak mendorong produksi air liur. Pilihlah permen karet yang berkualitas. Permen karet yang asal-asalan malah mengakibatkan gigi anda sakit.
  • Minum air. Minumlah banyak air putih dan gunakan air dengan berkumur diantara sela-sela gigi anda. Air gak selalu meningkatkan produksi air liur, tapi itu akan membersihkan mulut dan itu baik untuk membuat mulut anda tetap lembab.

Mulut kering bisa disebabkan oleh obat-obatan tertentu dan kondisi medis. Konsultasikan kepada dokter tentang obat yang anda konsumsi dan ceritakan tentang efek samping mulut anda yang kering.

  • Berkumur. Seringlah berkumur untuk membersihkan sisa-sisa makan pada mulut anda. Anda juga bisa memakai obat kumur yang higienis dan berkualitas yang bisa anda beli di pasaran.
  • Menjaga kebersihan mulut dan gigi secara gosok gigi secara teratur. Gosok gigi secara teratur berguna untuk menghilangkan bau mulut anda. Cobalah untuk gosok gigi sehabis makan secara teratur.
  • Menghentikan kebiasaan merokok. Selain buruk bagi kesehatan, menghentikan kebiasaan merokok juga mengurangi bau mulut yang gak sedap.
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang bisa menimbulkan bau mulut. Untuk sementara hindari makanan antara lain: jengkol dan petai.
  • Banyak mengkonsumsi buah-buahan. Buah terutama yang berisi vitamin c seperti jeruk, apel, pisang dll membantu memerangi bakteri di mulut. Selain buah-buahan, sayuran seperti wortel dan seledri juga berguna menghilangkan bau mulut.
  • Mengkonsumsi Jus Jeruk atau Jus Nanas. Sebelum tidur, buatlah segelas jus jeruk atau jus nanas dengan air hangat. Anda bisa menambahkan 1 sendok madu dan sedikit kayu manis untuk menambahkan rasa yang nikmat. Mengkonsumsi jus jeruk atau nanas membuat bangun pagi anda dengan napas yang segar.

Cara menghilangkan bau mulut secara alami di atas bisa anda lakukan sendiri di tempat tinggal. Di beberapa toko sudah ada juga yang menyediakan larutan untuk menjaga supaya mulut tetap bersih dan sedap. Mungkin anda juga bisa untuk mencobanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE