oleh

Cara Menentukan Smartphone Android Menurut Spesifikasi

Intinya yaitu bahwa jikalau teman memerlukan smartphone baru hanya untuk mengirim pesan WhatsApp dan mempublikasikan beberapa posting di jaringan sosial, teman mungkin perlu budget sekitar 1-3 jutaan. Sementara jikalau teman menginginkan device yang mumpuni untuk pengalaman bermain game yang memuaskan, teman mungkin perlu menyiapkan dana sekitar 4jutaan. Terakhir, jikalau teman menginginkan smartphone terbaik di abad kini baik dalam hal desain, kinerja maupun fungsionalitas maka perlu menyiapkan anggaran sekitar 5 jutaan atau lebih dari itu.

Setelah menentukan jenis hp yang teman butuhkan, mari kita lihat faktor apa yang paling penting untuk dipertimbangkan sebelum menentukan smartphone berikut ini.

1. Ukuran Layar

Ukuran Layar yaitu hal utama ketika kita menentukan Smartphone Android.Ukuran layar menentukan portabilitas android. Layar 4,5 – 5,2 inci yaitu pilihan tepat, cukup nyaman dibaca dan untuk mengetik dan muat di saku.

Selain itu, perhatikan juga review / testimoni penggunanya, alasannya yaitu terkadang layar smartphone tertentu praktis pecah atau bocor LCDnya.

Bagi teman yang ingin mendapatkan update gosip atau menggemari grafis HD game Android terbaru, sobatharus benar-benar mempertimbangkan smartphone yang dilengkapi dengan layar minimal 5,2 inchi. Bagi mereka yang memakai smartphone terutama untuk WhatsApp atau membaca posting Facebook, layar yang lebih kecil akan lebih dari cukup.

Namun begitu, ketahui juga bahwa layar yang lebih kecil dari 4,5 inci akan menciptakan mata lelah jikalau dipakai dalam jangka waktu lama, selain itu juga lebih sulit untuk mengetik secara cepat. Sementara layar lebih besar dari 5,2 inci sangat nyaman untuk membaca atau buat kerja, namun tidak masuk dikantong dan sulit untuk digenggam ataupun mengetik dengan satu tangan.

2. Resolusi dan Jenis Layar

Resolusi / densitas / display layar besar lengan berkuasa terhadap kejernihan dan ketajaman layar, semakin tinggi resolusi smartphone, semakin jernih dan tajam juga layar android sobat. Jenis layar juga menghipnotis kualitas gambar yang dihasilkan layar.

Adapun teknologi layar, ada dua jenis utama di Android: LCD dan AMOLED. Perbedaan utama antara keduanya terletak pada proyeksi cahaya. Secara teori, layar LCD cenderung lebih cerah dan menampilkan konten yang lebih baik ketika di sinar matahari langsung, sedangkan layar AMOLED menyampaikan kontras lebih tajam dan warna yang lebih jenuh. Dalam prakteknya, bagaimanapun, dengan berlalunya waktu dan kedatangan teknologi baru, perbedaan antara kedua menjadi kurang terlihat. Yang mengatakan, Full-HD atau resolusi qHD untuk gambar hampir selalu sempurna. Jenis layar IPS (in-Plane Switches) dengan minimal ukuran 800×1280 pixel dengan densitas 216 ppi serta mendukung multitouch direkomendasikan untuk dipilih.

Layar gorilla glass sanggup menjadi pertimbangan juga. Layar jenis gorilla glass sudah teruji kualitasnya tidak praktis baret atau pecah, bahkan tidak perlu lagi memasang pelindung layar/anti gores.

3. Sistem Operasi / OS (operating system)

Sebelum membeli smartphone baru, teman mungkin perlu melihat riwayat dari sistem operasi Android – atau setidaknya menguji perbedaan antara Lollipop (5.x) , Marshmallow (6.x) dan Nougat (7.x) . Nama-nama ini sesuai dengan versi sistem operasi Android yang berbeda dan masing-masing menyampaikan fitur dan fungsi yang unik. Android versi terbaru yang tersedia yaitu 7.1 Nougat, tapi sayangnya tidak semua perangkat yang beredar dipasar kini ini yang beroperasi pada sistem operasi Nougat.

Saran dari yaitu jangan membeli smartphone dengan versi usang, ibarat Lollipop dan KitKat atau bahkan versi sebelumnya.

Pilihlah smartphone yang mempunyai sistem operasi terbaru ibarat Nougat atau minimal Marshmallow (terlebih jikalau vendor menjanjikan untuk senantiasa menyediakan upgrade ke versi terbaru Android).

Karena biasanya, aplikasi-aplikasi tertentu akan tidak menyampaikan sumbangan lagi kepada OS yang dianggap sudah usang.

4. Resolusi Kamera

Mayoritas pengguna android hobi foto, terbukti dengan nge-hits-nya foto selfie. Itu dikarenakan smartphone sangat efektif dan efisien untuk mengambil foto dan pribadi mengunggahnya ke sosial media dibanding kamera saku.

Produsen smartphone mulai lebih memperhatikan kualitas kamera dan fitur akhir-akhir ini, dan itu hal yang anggun untuk pengguna. Jumlah megapixel, auto focus hybrid, stabilisasi optik, mode manual, imbas khusus dan fitur selfie khusus: smartphone menjadi lebih dan lebih ibarat kamera digital.

Resolusi kamera untuk kualitas foto yang baik pada kamera utama (belakang) minimal berukuran 8 Mp yang dilengkapi dengan flash dan mendukung pengambilan gambar dengan kondisi minim cahaya. Selain itu, bagi yang sering melaksanakan panggilan video, android haruslah mempunyai kamera depan (kalau bisa 2 Mp, dibawah itu (0,3 Mp) juga masih anggun asal ditempat yang terang.

Namun begitu, teman juga jangan hanya terlalu banyak memikirkan angka pada lembar teknis. MP tidak menceritakan seluruh hasil jepretan dan penting untuk mengetahui jenis sensor terintegrasi, kualitas lensa, ukuran pixel, kecerahan gambar dan fitur software. Untuk itu teman mungkin perlu menyelidiki review dari para penggunanya atau mencoba pribadi jikalau tokonya memperbolehkan.

5. Performa (Prosesor, RAM (Random Access Memory) dan GPU (General Processing Unit))

Performa smartphone android diperngaruhi oleh processor, RAM, dan GPU. Prosesor merupakan otak smartphone yang menghipnotis keseluruhan kinerja smartphone, RAM menghipnotis berapa banyak aplikasi yang bisa dijalankan secara bersamaan, dan GPU menghipnotis sistem grafis (tampilan) android ketika menjalankan game berat ataupun menonton video.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa kerja prosesor tergantung kinerja secara keseluruhan. Kadang-kadang, kemampuan prosesor yang membatasi update software. Qualcomm dan Mediatek yaitu taruhan yang aman. Sementara itu, Huawei dengan prosesor Kirin yang menunjukan dirinya bisa menyampaikan kinerja yang baik kepada pengguna. Harus dicatat bahwa untuk setiap prosesor untuk menjadi yang terbaik, jumlah RAM yang tersedia sangat penting. Ya, prosesor yaitu penting, tetapi kita perlu melihat spesifikasi teknis secara keseluruhan.

Untuk kinerja yang optimal dikala ini android membutuhkan minimal processor yang sudah quadcore berapapun frekuensinya, RAM 2 GB, dan GPU yang sudah mendukung HD (High Definition). Prosesor quadcore mempunyai empat inti (core) sehingga android teman bisa bekerja secara optimal, tidak mengalami overheat, dan mempunyai kemampuan multitasking yang baik.

Sementara RAM minimal 2 GB dibutuhkan alasannya yaitu kini ini kebanyakan pengguna android memakai beberapa aplikasi chatting (BBM, whatsapp, line, dll) dan juga beberapa aplikasi sosial media (facebook, twitter, path, instagram, dll) yang aktif bersamaan, belum lagi ditambah aplikasi lainnya.

Jika RAM android dibawah 2 Gb, android teman akan melambat (lemot) bahkan tersendat (force close) alasannya yaitu banyaknya aplikasi tersebut. Jika teman memaksa memakai RAM 1 Gb, maka disarankan untuk secara terencana menutup aplikasi yang berjalan.

Spesifikasi GPU perlu diperhatikan bagi teman yang hobi bermain game HD, semakin besar kapasitas GPU nya maka akan semakin anggun grafik yang ditampilkan. Sementara bagi yang tidak hobi nge-game sudah cukup dengan kualitas HD.

6. Jaringan Internet dan Konektivitas

Smartphone android tanpa sumbangan jaringan internet yang memadai tentu tidak akan bekerja maksimal. Untuk kenyamanan kegiatan dunia maya, smartphone android minimal mempunyai kemampuan konektifitas jaringan 3G atau HSDPA. Jika mendukung LTE atau 4G hanyalah nilai tambah, alasannya yaitu di Indonesia keduanya belum tersedia secara memadai.

Sementara konektifitas ibarat Wi-Fi, Bluetooth, USBport minimal ada. Karena kini ini hal tersebut sudah menjadi keharusan, sehingga jarang sekali smartphone yang tidak mempunyai konektifitas itu. Sobat hanya perlu memastikan saja semoga tidak terlewat.

Fitur lain (tambahan), kalau bisa smartphone teman mendukung USB OTG (On the Go), yaitu kemampuan membaca isi flashdisk atau hardisk secara pribadi dari smartphone melalui kabel data. Fitur ini akan memudahkan teman mengakses data yang terdapat di USB flashdisk.

7. Bahan dan Desain Body serta fungsi

Dalam menentukan smartphone baru, selera pribadi faktor besar pengambilan keputusan, baik dari segi software maupun penampilan luar. Desain dan warna smartphone bersifat subjektif yang bergantung pada selera sobat. Beberapa orang mungkin lebih suka baris lebih bundar dan desain berliku-liku, sedangkan yang lain ibarat terlihat kokoh, ditandai dengan garis lurus dan tepi logam tajam. Kita harus mengakui bahwa dengan setiap bulannya dan suksesi insiden peluncuran kita lihat dalam industri, smartphone semakin mulai ibarat satu sama lain dan pilihan yang tersedia sangat dipengaruhi oleh kampanye pemasaran dan tren.

Pilih saja yang sesuai dengan selera, hanya utamakan saja yang lebih tipis dan lebih ringan semoga yummy digenggam. Sementara pada bahan, utamakan dari materi logam, tapi materi plastik juga bagus. Yang perlu diperhatikan yaitu pada bab belakang smartphone tersebut tidak licin semoga tidak praktis terlepas dari genggaman ketika sedang digunakan.

Namun begitu, desain smartphone juga didasarkan pada fungsi. Desain unibody logam yang gaya dan trendi, terkadang menjadikan tidak tersedianya fitur ibarat kartu microSD atau baterai yang tidak bisa dilepas. Maka sebelum membeli, periksa kualitas perangkat untuk memastikan teman sanggup menggunakannya dengan cara yang paling nyaman(dan tentunya tersedia elemen penting ini).

8. Baterai

Baterai yaitu salah satu fitur yang paling penting untuk dipertimbangkan. Jangan tertipu: jumlah yang lebih tinggi dari mAh tidak menjamin tahan baterai, atau siklus hidup baterai yang lebih lama. Masih terdapat faktor-faktor lain yang ikut mempengaruhi.

Layar dengan resolusi yang lebih tinggi mengkonsumsi lebih banyak energi, sedangkan prosesor terbaru mengoptimalkan daya tahan baterai. Lalu ada modus Doze dan teknologi pengisian cepat. Daripada hanya melihat spesifikasi teknologi, yang terbaik untuk menyelidiki ulasan dan hasil benchmark untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor ini tampil ketika menggabungkan dalam satu perangkat.

Meskipun kini ini sudah banyak tersedia powerbank dengan bermacam-macam kapasitas, kapasitas baterai juga harus tetap diperhatikan. Menggunakan powerbank akan merepotkan kita alasannya yaitu adanya kabel data yang menjuntai antara smartphone dengan powerbank, sehingga powerbank harus dilihat sebagai kapasitas tambahan.

Rekomendasi kapasitas baterai yaitu minimal 3000 Mah untuk layar berukuran hingga dengan 5 inci dan 3500 Mah untuk layar 5 inci ke atas.

9. Memori Internal dan Ruang Penyimpanan

Ketika teman menyelidiki memori internal, bukan hanya apa yang tertulis di stiker. Namun lihatlah berapa banyak ruang aplikasi yang terpasang menghabiskan memori internal dan berapa memori internal yang tersisa untuk digunakan. Meskipun Anda sanggup memakai kartu MicroSD untuk memperluas kapasitas penyimpanan smartphone Anda, jangan lupa bahwa selalu lebih dianjurkan untuk memakai kartu internal yang lebih besar. Sementara memori eksternal hanya untuk menyimpan file-file ibarat gambar, dokumen dan lainnya.

Pada dikala yang sama, sebelum teman menentukan memori internal berkapasitas 64 atau 128GB, pikirkan juga perihal berapa banyak yang benar-benar teman butuhkan. Apakah teman memakai ponsel cerdas sebagai hard drive eksternal untuk komputer dengan menyimpan film, musik, file dan aplikasi berat? Jika jawabannya tidak, mungkin 32 GB sudah cukup. Belum lagi bahwa teman sanggup memanfaatkan layanan penyimpanan awan untuk menghemat ruang namun masih selalu mempunyai kanal terhadap file selama mempunyai koneksi internet. Sebagai hukum umum, mengingat smartphone di pasar, disarankan untuk menentukan setidaknya memori internal 16GB (meskipun 32GB berdasarkan yaitu yang terbaik).

10. Harga

Harga yaitu preferensi terakhir ketika kita ingin meng-upgrade smartphone, kecuali bagi yang gres akan membeli. Karena kalau kita sabar menunggu sebentar, harga smartphone dengan spesifikasi yang kita inginkan bisa didapat dengan harga yang sama alasannya yaitu penurunan harga yang cepat. selain itu, teman juga bisa menunggu adanya harga diskon pada smartphone android yang teman idamkan.

INFO UPDATE