oleh

Cara Men-Trace Atau Melacak Ip Address Seseorang

Ada yang penasaran cara men-trace atau melacak IP Address seseorang? Dalam posting ini dishare bagaimana cara melacak/ trace ip seseorang. Banyak  bantu-membantu cara untuk men-trace IP, dengan memakai  Yahoo Messenger(YM), Facebook dan Juga Whatsapp, Caranya men-trace dalam posting ini cukup sederhana ibarat dibawah ini :

Tracing via facebook

Facebook sudah ada fitur yang memungkinkan kita untuk menyebarkan lokasi atau disebut dengan Live Location. Jadi, kita dapat menyebarkan lokasi secara live dimanapun kita berada. Berbagi lokasi juga dapat dalam group chat. Bisa dibilang dikala ini fitur pada Facebook ini sedang menyaingi fitur pada Google Maps. Selain dapat menyebarkan lokasi pengguna, fitur terbaru Facebook ini juga memungkinkan kita untuk melaksanakan pencarian lokasi sahabat ataupun keluarga.Caranya dengan :

  1. Buka aplikasi Messenger kemudian pilih ikon dengan nama ‘Location’. Ikon ini kita pilih semoga kita dapat menyebarkan lokasi keberadaan kita dengan teman-teman. Selain menentukan ikon ‘Location’, dapat juga menentukan ikon ‘More’ untuk menentukan lokasinya secara lebih spesifik.
  2. Kita dapat melihat tampilan peta dari lokasi terkini kita sendiri sebagai pengguna Facebook. Kita dapat melihat pilihan berwarna biru. Pilih opsi tersebut untuk mulai membagikan lokasi kita pada teman-teman Facebook.
  3. Setelah fitur menyebarkan lokasi tersebut diaktifkan, maka teman-teman Facebook kita dapat melihat pergerakan kita selama 60 menit kedepan.
  4. Jika kita ingin melacak keberadaan atau lokasi sahabat yang juga menyebarkan lokasi, maka kita dapat melihatnya secara pribadi bagaimana pergerakannya. Bahkan kita dapat mengetahui berapa kira-kira estimasi waktu hingga datang dilokasi sahabat kita yang dituju.
  5. Jika kita ingin mematikan fitur menyebarkan lokasi, maka kita dapat menentukan opsi ‘stop sharing’. Secara otomatis, teman-teman kita tidak akan dapat lagi mengetahui lokasi terkini keberadaan kita.
  6. Bagi yang menggunakan fitur pencarian lokasi di Facebook untuk pertama kali mungkin akan kebingungan dengan fungsi ikon jam dibagian bawah kanan peta. Disana tertera durasi waktu. Seperti yang disebutkan diatas, bahwa kita dapat menyebarkan lokasi selama 60 menit kedepan. Ini berarti teman-teman kita dapat mengetahui posisi dan pergerakan kita selama 60 menit saja. Ikon jam dibagian bawah peta tersebut mengatakan durasi waktu yang tersisa hingga 60 menit habis. Jika sudah melewati durasi waktu 60 menit, maka fitur menyebarkan lokasi tersebut mati secara otomatis. Tapi kita dapat menghidupkannya kembali kapanpun.

Selain dapat menyebarkan lokasi kita secara update, kita juga dapat menyebarkan lokasi secara spesifik. Misalnya saja bila kita ingin melaksanakan pertemuan dengan sahabat di cafe atau lokasi tertentu. Maka kita tinggal menentukan opsi ‘Location’ atau ‘More’. Selanjutnya, kita dapat menentukan ikon dengan warna merah yang ada dibagian atas kanan. Ikon tersebut dipakai untuk kita menentukan lokasi pertemuan yang kita inginkan.
 

Trace via yahoo mesesnger :

Buka jendela prompt pada windows lalu Ketikan perintah command prompt :  netstat -a atau -n
Lalu dapat menggunakan perintah : c:/tracert <IP address>
Untuk yang visual,  coba dengan s/w visualroute , di googling aja untuk mendownloadnya

Langkah lainnya :

Pada command prompt (cmd.exe) gunakan perintah:

-Tracert (TraceRoute)
-NSLookUp (NameSpaceLookUp)

Cara untuk men tracert <ip address>

Contoh:

C:\>tracert 192.168.0.1
Perintah tracert tersebut , akan mendaftar semua nodes dari IP asal ke IP tujuan.

Untuk mengetahui DNS name saja, ketikan :

nslookup <ip address>

Contoh:

C:\>nslookup 192.168.0.1

Untuk cara gampang mengetahui lokasi seseorang ibarat kota, negara dan lainnya, pribadi berkunjung ke www.whatismyipaddress.com , sehabis itu masukin IP hasil dari berguru trace diatas.

Semoga bermanfaat.

INFO UPDATE