by

Cara Memperbaiki File Excel Dan Word Yang Terkena Virus

Pernahkah file doc word/excel anda tidak bisa dibuka gara-gara terkena virus? Setiap dibuka folder yang berisi file ber-ekstensi *.doc dan *.xls, maka file tersebut akan berkembang menjadi virus (ber-ekstensi *.exe).

Jika dipaksa dibuka dengan word/exel, maka tampilannya akan kacau balau. Kebanyakan orang menghapus file tersebut yang sesungguhnya merupakan file yang cukup penting. Karena ukuran dan ciri virus tidak tetap, maka aneka macam anti virus yang sudah dicoba tak bisa mendeteksi virus ini, walaupun dengan versi terbaru.

Setelah melihat sendiri file yang terinveksi virus, sesungguhnya si pembuat virus tidak terlalu jahat, alasannya yaitu dokumen itu masih bisa diselamatkan 100%. Virus ini hanya menambahkan file dokumen ke dalam dirinya, sehingga ukurannya berbeda-beda sesuai dengan ukuran file. Lalu bagaimana cara menyelamatkan dokumen tersebut?


Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Download dulu Free Hex Editor 3.10 download disini

  1. Buka file yang terinfeksi virus dengan aplikasi Hex Editor 3.10.
  2. Buka juga file *.doc atau *.xls yang tidak terkena virus (jika tidak ada silahkan menciptakan file doc    atau xls baru) dengan Hexapad)
  3. Ada 3 bab ditampilan Hexapad.
  4. Ada 3 bab ditampilan Hexapad. Mulai dari kiri yaitu offset (alamat kode). Kode (dalam    bilangan Hexadesimal), dan paling kanan yaitu isyarat dalam text.
  5. Coba perhatikan awal isyarat antara file yang terinfeksi virus dengan yang asli. File yang terinfeksidiawali dengan isyarat hex = 4D 5A …(text:MZ …) dan file orisinil Hex = DO CF 11 EO A1 . Masing-  masing merupakan bab dari header file yang selalu sama. Kode MZ untuk file menyerupai *.exe dan  *.dll.
  6. Karena header file orisinil sudah diketahui, selanjutnya tinggal mencari isyarat DO CF 11 EO A1   (sepertinya 3 isyarat awal sudah cukup) pada file yang terinfeksi virus.   Caranya : Buka pencarian [Ctrl+F] dan isikan di bab isyarat nilai DO CF 11 EO A1 (beri spasi  antar kode). Kemudian klik tombol search. Setelah ditemukan, itulah awal file doc atau xls-nya. Tinggal menentukan isyarat mulai dari isyarat     sebelum DO CF… hingga awal isyarat dan hapus.
  7. Kemuadian Save As dengan ekstensi yang sesuai doc/xls.

Langkah-langkah di atas sanggup dilakukan bila file yang terinfeksi tidak banyak, tetapi bila filenya banyak tentu sangat menyita waktu. Misalnya:, dikala disini file 2000 lebih, maka diharapkan tool/program khusus untuk me-recovery file tersebut.

Tool lain yang bisa anda gunakan yaitu kegiatan Restore my files yang bisa anda download gratis di internet.

Incoming search :
Merubah nilai serial com port di Windows 2000, Windows Me, Windows 98 SE, Menampilkan Info geotagging pada Photo di Blackberry, Memasang Password di Office 2007, Solusi Murah Berhotspot Ria di Rumah
Menampilkan Super Control Panel di windows 7, Tips Menampilkan display komputer ke monitor external atau LCD proyektor di windows 7, Tips Menampilkan check box untuk memudahkan seleksi file di windows 7, Tips Menampilkan Icon Share Button untuk Templete Lama atau customized template (Template yang telah Dimodifikasi), Trik membersihkan fisik memory SDR, DDR, SIM Card, Memory camera

News Feed