oleh

Cara Masak Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil Yummy Dan Bergizi

Cara memasak kacang hijau untuk ibu hamil gotong royong sama dengan memasak kacang hijau biasa, hanya saja perlu dikurangi santan dan gula nya semoga tidak terlalu manis. Campuran materi yang dianggap kurang baik bagi kesehatan janin juga perlu ditinggalkan menyerupai pewarna masakan dan materi pelengkap buatan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa perempuan yang sedang hamil itu membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak daripada orang biasa. Mengapa demikian ? alasannya ialah asupan nutrisi tidak hanya untuk ibu melainkan juga untuk janin.

Kacang hijau ialah salah satu masakan yang gampang dimasak , rasanya yummy dan mengandung banyak nutrisi yang diharapkan oleh ibu hamil. Kacang hijau sanggup dibentuk aneka jenis masakan sehat menyerupai kolak kacang hijau, bubur kacang hijau, peyek kacang hijau dan lain lain. Pada artikel ini akan dituliskan cara masak bubur kacang hijau sederhana yang cocok untuk ibu hamil.

image from flickr

Cara Masak Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Untuk mendapatkan sajian bubur kacang hijau yang nikmat dan kondusif bagi kehamilan, bunda perlu mempersiapkan materi – materi yang berkualitas serta memasaknya dengn cara yang benar. Di bawah ini ialah teladan cara menciptakan bubur kacang hijau sederhana kondusif dikonsumsi ibu hamil. Sebelumnya, siapkan dulu materi – materi di bawah ini :

  • Kacang hijau kualitas baik 1/2 kg
  • Ketan hitam 2 ons
  • Santan kelapa 500 ml
  • Daun pandan 1 lembar
  • Air higienis 500 ml
  • Gula dan garam secukupnya

Langkah Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

Setelah semua materi di atas berhasil Anda siapkan, datang saatnya Anda mulai menciptakan bubur kacang hijau dengan benar. Silakan ikuti langkah di bawah ini untuk masak bubur kacang hijau untuk ibu hamil..

  • Pertama, masak ketan hitam dan kacang hijau sampai empuk
  • Setelah itu, tuangkan santan kelapa dan masak sampai mendidih sambil terus diaduk aduk
  • Masukkan gula dan garam sambil terus diaduk
  • Setelah matang dan semua materi tercampur rata, letakkan daun pandan semoga aroma bubur kacang hijau wangi
  • Angkat dan bubur kacang hijau siap untuk dinikmati.

NB : Pemberian gula sebaiknya jangan terlalu banyak mengingat konsumsi gula berlebihan ketika sedang hamil sanggup menciptakan berat tubuh janin meningkat dengan cepat.

Kandungan Gizi Kacang Hijau

Kacang hijau mempunyai kandungan gizi yang sangat lengkap sehingga banyak menyumbangkan manfaat untuk ibu hamil. Kami telah mengulas ihwal manfaat kacang hijau pada manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Manfaat tersebut sanggup didapat alasannya ialah kacang hijau mengandung nutrisi antara lain sebagai berikut..

1. Mengandung vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh semua manusia, apalagi ibu hamil. Sebagaimana kita tahu bahwa janin yang masih ada di dalam kandungan sangat membutuhkan vitamin dan mineral untuk membantu tumbuh kembangnya, sedangkan janin hanya sanggup mendapatkannya dari ibu. Maka dari itulah penting kiranya bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi masakan yang banyak mengandung vitamin dan mineral menyerupai kacang hijau ini.

2. Mengandung protein nabati

Selain vitamin dan mineral, ibu hamil juga membutuhkan asupan protein baik protein nabati maupun protein hewani. Protein hewani sanggup diperoleh dari telur, ikan laut, ikan segar, daging sapi dan lain lain. Sedangkan protein nabati sanggup diperoleh dari banyak sekali kacang kacangan menyerupai kacang polong, kacang almond dan kacang hijau.

3. Mengandung lemak nabati

Pada dasarnya tubuh insan itu membutuhkan lemak baik untuk kelangsungan hidupnya. Tubuh yang banyak mendapatkan asupan lemak baik akan mendapatkan imbas positif alasannya ialah semakin banyak lemak baik yang masuk ke tubuh maka lemak jahat akan semakin berkurang. Jika ternyata lemak yang banyak terdapat di dalam tubuh ialah lemak jahat, maka tubuh akan gampang terancam serangan penyakit mematikan menyerupai stroke, serangan jantung dan lain lain.

4. Mengandung serat

Sebagaimana kita ketahui bahwa ibu hamil itu membutuhkan serat untuk melancarkan proses pencernaannya. Mengapa demikian ? alasannya ialah proses pencernaan ibu hamil itu sering mengalami duduk perkara sehingga kerap sembelit (susah BAB). Dengan mengkonsumsi masakan berserat, duduk perkara pencernaan akan teratasi dengan mudah. Makanan yang banyak mengandung serat tidak hanya kacang hijau tapi kebanyakan ialah dari buah – buahan, silakan simak penjelasannya buah berserat tinggi untuk ibu hamil

Demikianlah cara masak kacang hijau untuk ibu hamil dan beberapa manfaat yang sanggup didapat dengan mengkonsumsi kacang hijau. Selamat mencoba menciptakan bubur kacang hijau dan nikmati bersama dengan  keluarga.

INFO UPDATE