by

Cara Atasi Gagal Booting (Bootloop) Windows 10 Secara Lengkap

Bila Anda menemukan duduk kasus gagal booting ketika masuk ke  operation system(os) windows 10 komputer/laptop Anda (bootloop) jangan buru- buru cemas dan membawa ke daerah reparasi.  Error booting sesaat loading Windows terjadi berulang dan tidak pernah masuk ke halaman Windows secara normal biasanya terjadi dikarenakan menyerupai :

  • utak-atik dan salah edit registry;
  • virus;
  • Jarang bahkan tidak pernah mendefrag partisi;
  • pernah install driver namun tidak sesuai dengan perangkat keras;
  • Kehabisan daya laptop (baterai) dan mati ketika proses Update Windows;
  • dan lainnya

Bila Anda menemukan duduk kasus gagal booting ketika masuk ke Cara Atasi Gagal Booting (Bootloop) Windows 10 Secara Lengkap
ilustrasi

Cara atasi yang paling gampang yaitu menginstal ulang windows 10 Anda, namun ini membutuhkan tenanga dan waktu alasannya yakni tentunya akan dibarengi dengan menginstall kembali software – software lainnya. Padahal permasalahan tersbeut diatas sanggup diselesaikan tanpa harus melaksanakan install ulang OS Anda. Berikut ini beberapa langkah yang sanggup mengatasi permalasahan tersbeu ttanpa melaksanakan install ulang OS Anda

Langkah awal

Cobalah dengan menggunakan cara masuk kebagian safe mode, apabila masih memungkinkan masuk ke safe mode OS Anda, sehabis masuk  lakukan pengubahan terhadap apa yang anda lakukan sebelumnya sebelum duduk kasus tersebut terjadi. Apabila cara tersebut diatas belum sanggup menyelesaikan, saatnya melaksanakan langkah kedua.
Langkah Kedua

Langkah masuk ke safe mode belum sanggup menyelesaikan, berikut langkah lain yang sanggup dicoba. langkah ini,  Anda membutuhkan CD/DVD atau Flashdisk Operating System Windows yang bootable dan sesuai dengan yang Anda pakai.caranya yaitu :

  1. restart komputer atau laptop anda.
  2. saat muncul tampilan BIOS, tekan F12 atau F2 (kombinasi sesuaikan dengan perangkat Anda) untuk merubah setting Booting.
  3. Masukkan CD/DVD/Flashdisk Master Windows Anda.
  4. Ubah pada sajian BIOS, First Boot menjadi ke CD/DVD. Sedangkan kalau anda menggunakan flashdisk  ubah First Boot menjadi USB.
  5. Tekan F10 untuk melaksanakan save kemudian restart  anda.
  6. Setelah di restart akan muncul goresan pena ‘Press Any Key From Boot to CD/DVD . . . ‘ Tekanlah tombol apapun pada keyboard.
  7. Tunggu beberapa ketika hingga masuk ke installer Windows, kemudian pilih Repair Your Computer.
  8. Beberapa ketika kemudian komputer akan melaksanakan cek sistem terlebih dahulu. Click Next.
  9. Selanjutnya akan muncul jendela task yang mempunyai 5 pilihan bagi anda. Anda sanggup mencobanya satu persatu dari atas kecuali opsi Windows Memory Diagnostics.
  10. Note : Pilih Startup Repair kalau Windows anda masih normal. Jika Anda pernah melaksanakan backup silahkan pilih System Restore. Jika anda pernah melaksanakan restore point image, pilih System Image Recovery. Jika tidak keduanya pilih opsi Command Prompt.

Nah, Pilihan terakhir yaitu menggunakan Command Prompt maka akan muncul kotak berwarna hitam menyerupai cmd / dos. selanjutnya langkahnya yaitu :

  1. Ketik DIR C: Ini untuk memanggil semua data yang ada pada Local Disk C khususnya sistem biar sanggup diakses dan diperbaiki.
  2. Ketiklah salah satu opsi di bawah ini satu persatu (tidak sekaligus), mulailah dari yang paling atas terlebih dahulu. Lalu tekan ENTER.
  • bootsect.exe/nt60 c:
  • bootsect.exe/nt60 all
  • bootrec /fixmbr
  • bootrec /fixboot
  • bootrec.exe /rebuildbcd
  • bootsect /nt60 all /force /mbr

Jika ada goresan pena ‘The operation completed succesfully’ silahkan restart komputer.

Langkah tersebut diatas sering berhasil untuk mengatasi booting yang error di windows atau tidak sanggup masuk windows.  Sarann terakhir, Jika tidak berhasil, anda harus melaksanakan install ulang.

News Feed