oleh

Burj Khalifa, Bangunan Tertinggi Di Dunia

Burj Khalifa merupakan bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101 sebagai bangunan tertinggi di dunia pada 21 Juli 2007. Pada tanggal 12 September 2007, Burj Khalifa berhasil melewati ketinggian CN Tower sebagai struktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia dan pada tanggal 7 April 2008 struktur tertinggi di dunia dari Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota, Amerika Serikat berhasil dilewati. Struktur tertinggi yang pernah dibuat oleh manusia, Menara Radio Warsawa 645,4 m (2.120 kaki) dibuat pada 1974 (namun runtuh pada saat renovasi pada 1991) berhasil dilewati pada 1 September 2008. baca juga Kingdom Tower, Menara Tertinggi Di Dunia.

Siapa yang gak mengetahui Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia ini memiliki tinggi 828 meter atau kurang lebih 2. 651 kaki. Saat ini aku gak mengupas tentang kemegahan gedung yang memiliki kurang lebih 160 lantai, tetapi aku akan sedikit bercerita tentang pemberian nama Burj Khalifa untuk gedung ini.

Uni Emirat Arab, adalah 1 buah Negara persekutuan yang memiliki 7 wilayah atau emirat terdiri dari Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah, dan Umm al-Qaiwain yang dipimpin oleh 1 orang presiden. Pemimpin-pemimpin pada wilayah-wilayah atau emirates ini biasa disebut sheikh termasuk presiden pendiri UEA merupakan Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan yang sudah mangkat pada 2 Nopember 2004.

Pencetus gagasan pembangunan gedung ini merupakan Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, penguasa Dubai ini pada awalnya memberi nama untuk calon gedung tertinggi di dunia dengan nama Burj Dubai. Pembangunan gedung dimulai sejak September 2004 yang menelan dana sampai USD 1, 5 Milyar. Sampai pada tahun 2007, dunia sedang dilanda krisis keuangan mengakibatkan pemimpin Dubai ini mengalami kesulitan financial dengan hutang yang menumpuk dan kesulitan untuk melanjutkan pembangunan Burj Dubai. Akhirnya presiden UEA Khalifa bin Zayed Al Nahayan membantu pendanaan pembangunan gedung itu dan penyelesaian gedung itu tepat waktu sampai pada januari 2010 diresmikanlah Gedung tertinggi didunia. Uniknya demi menghormati presiden UEA Khalifa bin Zayed Al Nahayan yang sudah membantu terselesainya pembangunan gedung ini, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum mengganti nama Burj Dubai menjadi Burj Khalifa.

Menara Khalifa sendiri merupakan gedung pencakar langit setinggi 828 meter yang berdiri di atas daratan dengan elevasi 5 meter. Tetapi, lantai teratasnya terletak pada ketinggian 585 meter, di mana tinggi matahari terbenam atau terbit merupakan -1, 54 derajat dari cakrawala. Sementara, tinggi matahari terbenam/terbit di lantai terdasar adalah -0. 90 derajat saja.

Dengan merujuk aturan sederhana di mana selisih tinggi 1 derajat merupakan setara, beda waktu 4 menit dan membulatkannya ke bilangan bulat terdekat, maka selisih tinggi matahari diantara lantai dasar dan teratas setara dengan beda waktu 3 menit.

Jika dirinci lebih lanjut, maka waktu berbuka puasa sampai ketinggian 116 meter merupakan sama dengan waktu berbuka puasa di lantai dasar ditambahkan 1 menit. Sementara, di ketinggian antara 116 sampai 373 meter ditambahkan 2 menit. Dan pada ketinggian antara 373 sampai 585 meter ditambahkan 3 menit.

Mulai dari dasar sampai puncaknya, Burj Khalifa Dubai memiliki lebih dari 6 kali tinggi Monumen Nasional (Monas). Gedung itu menjadi terlihat sangat jangkung jika dibandingkan dengan Monas yang tingginya hanya 132 meter. Puncaknya saja bisa dilihat sampai jarak sampai 95 kilometer. Burj Dubai juga menjadi hotel dan tempat tinggal yang bisa menampung 900 orang. Giorgio Armani menjadi salah satu penyewa pertama dan membuka Hotel Armani pertama di dunia di sana dengan 160 kamar dan Armani Residences sebanyak 144 kamar apartemen.

Kesamaan antara Monas dan Burj Dubai yakni sebagai salah satu ikon tujuan wisata. Tentu saja sarana dan kelengkapan di Burj Dubai jauh lebih banyak dan berbagai. 4 lantai khusus untuk sarana kebugaran dan wisata. Bahkan ada klub cerutu. Lantai 122 dibuat untuk restoran.

Sementara di lantai 124 pada ketinggian 442 meter disediakan teropong yang dilengkapi layar digital untuk melihat pemandangan Kota Dubai dan sekitarnya dari atas. Ini merupakan dek observasi tertinggi dari 1 buah gedung di dunia.

Catatan rekor Burj Dubai juga memecahkan rekor sebagai struktur bangunan tertinggi di dunia yang sebelumnya dipegang KVLY-TV di Blanchard, North Dakota, AS dan struktur bebas tertinggi yang sebelumnya dipegang CN Tower Toronto. Burj Dubai memenuhi semua kriteria struktur tertinggi, gak hanya berikut antena dan aksesori, tapi juga tertinggi jika diukur bangunan utamanya maupun bagian tertinggi yang dihuni orang sesuai penilaian CTBUH (Council on Tall Buildings and Urban Habitat).

Meski total ketinggiannya lebih dari 800 meter, lantai tertinggi yang dihuni hanya sampai ketinggian 636 meter. Sementara struktur beton yang menyangga setinggi 574, 4 meter.

Burj Dubai juga dilengkapi elevator paling cepat di dunia yang bergerak dengan kecepatan sampai 16, 7 meter per detik atau 60 kilometer per jam. Ini juga bagian dari lift yang pernah dioperasikan paling tinggi di dunia.

Lantai dasarnya seluas 334. 000 meter persegi. Dikelilingi taman seluas 15 hektar dan dilengkapi tempat parkir bawah tanah untuk 3. 000 kendaraan.

Pembangunan Burj Dubai yang dalam Bahasa Arab bermakna Menara Dubai itu membutuhkan material yang sangat banyak. Beton yang digunakan saja, jika dihitung-hitung beratnya setara dengan sekitar 100. 000 gajah dewasa.

Untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari, Burj Dubai dipasok 15 juta galon air atau setara dengan 20 kolam renang standar olimpiade. Sementara untuk sarana pendingin dibutuhkan proses yang setara dengan mencairkan 10. 000 ton es setiap hari. Untuk penerangannya perlu lampu yang setara dengan 360. 000 bohlam masing-masing 100 watt.

Total semua biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan Burj Dubai sekitar 4, 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 40 triliun. Biaya itu merupakan bagian dari investasi megaproyek Pusat Kota Dubai senilai 20 miliar dollar AS.

Burj Dubai didesain oleh Skidmore, Owings, and Merrill, konsultan arsitektur di Chicago, AS. Pengembang proyek itu merupakan Emaar Properties yang merupakan salah satu pengembang properti terbesar di jazirah Arab.

Sementara kontraktor proyek adalah Samsung bersama Besix dari Belgia dan perusahaan lokal Arabtec. Burj Dubai terletak di Sheikh Zayed Road tepatnya perempatan Doha Street.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

INFO UPDATE