by

Bolehkan Ibu Hamil Makan Sambal Terasi Pedas ? Ini Jawabannya..

Bolehkah ibu hamil makan sambal terasi ? Mungkin Anda termasuk penggemar sambal sehingga berat rasanya kalau harus meninggalkan makan sambal ketika sedang hamil. Sambal terasi atau sambal belacan ialah salah satu kreasi pembuatan sambal dengan gabungan terasi mentah atau terasi bakar sampai menghasilkan aroma yang khas dan rasa pedas yang mantap.

Sebagaimana kita ketahui bahwa ketika ini banyak kabar yang menyebutkan bahwa ibu hamil itu tidak boleh mengkonsumsi kuliner pedas alasannya ialah sanggup membahayakan janin. Benar atau tidak sih kabar itu ? silakan baca makan pedas ketika hamil, bolehkah ?

Terkait problem makan sambal terasi ketika sedang hamil, kadang hati merasa ragu jangan jangan terasi sanggup mengakibatkan problem kehamilan. Untuk mengobati rasa ragu tersebut, silakan simak pembahasannya pada artikel ini sampai selesai.

 Mungkin Anda termasuk penggemar sambal sehingga berat rasanya kalau harus meninggalkan ma Bolehkan ibu hamil makan sambal terasi pedas ? Ini jawabannya..
image from pixabay

Bolehkah ibu hamil makan sambal terasi ?

Terasi ialah materi bumbu kuliner terbuat dari udang atau ikan yang dibuat adonan dengan proses fermentasi. Umumnya terasi itu berwarna coklat kehitaman dan ada yang berwarna kemerahan alasannya ialah ditambah dengan materi pewarna.

Terasi dengan warna coklat kehitaman ialah terasi alami tanpa pelengkap materi pewarna sehingga lebih kondusif untuk dikonsumsi. Berbeda dengan terasi berwarna merah yang umumnya diberi pelengkap materi pewarna kimia.

Jika materi pewarna yang dipakai ialah pewarna kuliner biasa maka tetap kondusif dikonsumsi, namun kalau pewarna tersebut ialah pewarna rhodamin B dan sejenisnya maka kurang baik bagi kesehatan alasannya ialah pewarna tersebut gotong royong bukan untuk mewarnai makanan.

Ada pendapat yang menyebutkan bahwa konsumsi kuliner yang diberi pewarna rhodamin B secara terus menerus dalam jangka waktu usang akan mengakibatkan banyak sekali macam penyakit menyerupai ginjal, kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Namun Anda tak perlu khawatir alasannya ialah pewarna rhodamin B itu sudah dihentikan semenjak tahun 70an sehingga terasi merah yang banyak dijual di pasaran kemungkinan besar diberi warna pakai pewarna kuliner yang kondusif bagi kesehatan.

Setiap orang mempunyai pandangan yang berbeda beda terkait terasi yang manis dan lebih nikmat kalau dibuat sambal. Namun, kebanyakan orang beropini bahwa terasi dengan tekstur tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras ialah terasi berkualitas bagus.

Apabila dilihat dari kadar keasaman, ternyata kadar keasaman terasi tergolong cukup tinggi, namun terasi mempunyai air kandungan air bebas yang cukup rendah sehingga terasi tidak praktis ditumbuhi mikroba yang membahayakan kesehatan. Berarti dari sisi mikrobiologi, Anda tak perlu mengkhawatirkannya.

Daerah penghasil terasi di Nusantara sangat lah banyak menyerupai tempat toboali (Bangka), Madura, Sidoarjo, Indramayu, Rembang, Cirebon, Pati dan masih banyak tempat penghasil terasi lainnya.

Pembuatan Sambal Terasi

Untuk mendapat hasil olahan sambal terasi yang nikmat dan beraroma sedap, biasanya terasi dibakar terlebih dahulu sebelum disambal. Dengan dibakar, aroma gurih dan sedap terasi akan tercium meski dari tempat yang agak jauh.

Membuat sambal terasi tergolong sangat mudah, hanya membutuhkan cabai, bawang merah, bawang putih, garam dan terasi kemudian semua materi dihaluskan pakai cobek dan ulekan. Untuk hasil yang lebih mantap cabai, bawang merah dan bawang putih digoreng lebih dulu.

Menu kuliner menjadi lebih mantap kalau dilengkapi dengan ayam goreng dan lalapan pakai nasi hangat. Sungguh sajian makan yang sangat menarik hati hati, namun Anda tetap harus waspada, makan sambal terasi ketika hamil itu amankah ?

Amankah ibu hamil makan sambal terasi

Tak ada larangan makan sambal terasi bagi ibu hamil, alasannya ialah terasi tidak termasuk makanan pantangan ketika hamil, namun Anda harus tetap hati hati dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Konsumsi sambal terasi terlalu banyak sanggup mengakibatkan problem pencernaan dan diare.

Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan ulang sebelum benar benar mengkonsumsi terasi mengingat zat asam dalam terasi tergolong cukup tinggi. Apabila Anda mempunyai problem kesehatan lambung, sebaiknya jangan terlalu banyak makan sambal terasi.

Kesimpulan

Bolehkah ibu hamil makan sambal terasi ? boleh, asalkan tidak berlebihan dan tidak mempunyai problem kesehatan yang tidak cocok dengan terasi. Silakan eksklusif konsultasi ke dokter untuk tanggapan lebih sempurna terkait kondusif dan tidaknya sambal terasi bagi diri Anda. Salam

News Feed