oleh

Bolehkah Perempuan Hamil Makan Karedok ? Inilah Penjelasannya

Bagi Anda perempuan hamil yang suka makan koredok mungkin bertanya – tanya apakah koredok itu boleh dan kondusif dimakan selama kehamilan berlangsung. Koredok yakni kuliner khas Jawa Barat yang disajikan berupa adonan sayuran mentah kemudian disantap bersama bumbu kacang yang dibentuk sedemikian rupa hingga menghasilkan kuliner khas yang benar benar nikmat. Apabila Anda termasuk salah satu dari perempuan yang mencari info mengenai koredok bagi ibu hamil silakan simak ulasan pada artikel yang akan kami tulis dengan judul bolehkah perempuan hamil makan koredok.

Sebelumnya melanjutkan pembahasan, perlu kiranya Anda ketahui bahwa konsumsi sayuran mentah dikala hamil itu perlu diwaspadai. Mengapa demikian ? alasannya yakni kuliner mentah sangat gampang terkotori oleh basil berbahaya.

Beberapa waktu yag kemudian kami telah mengulas pembahasan mengenai sayuran mentah yang kondusif dikonsumsi oleh ibu hamil. Anda bisa membacanya terlebih dahulu pada post berjudul sayuran mentah untuk ibu hamil yang aman.

image from pixabay

Bolehkah ibu hamil makan koredok ?

Meski Anda tidak bisa menciptakan koredok sendiri namun dikala ini sudah banyak para pedagang koredok yang menunggu kehadiran Anda. menyantap koredok memang sangat nikmat kalau paduan bumbunya dibentuk agak pedas.

Keadaan ini lah yang berbanding terbalik dengan kuliner ibu hamil. Maksudnya gimana ? Ibu hamil itu sebaiknya menghindari kuliner terlalu pedas alasannya yakni sanggup menyebabkan dilema pencernaan sedangkan koredok nikmat disantap dengan bumbu pedas.

Makan koredok dikala hamil itu boleh, asalkan…

Koredok biasanya terbuat dari sayuran mentah menyerupai kacang panjang, tauge, kol, tering lalapan, mentimun dan kemangi kemudian disiram dengan bumbu kacang. Jika Anda bertanya bolehkah perempuan hamil makan koredok ? jawab : boleh namun tetap harus waspada pada beberapa hal berikut ini

1. Koredok tidak terlalu pedas

Makan koredok memang cukup nikmat kalau disantap dengan bumbu kacang yang agak pedas, apalagi bagi Anda yang suka dengan kuliner pedas. Namun demikian, ibu hamil dihentikan hanya menuruti kesenangan hati tanpa memperhatikan kesehatan diri dan janinnya. Makanan terlalu pedas bisa meyebabkan dilema pencernaan sehingga menciptakan kehamilan terasa tidak nyaman.

Apabila ibu hamil menjumpai dilema kesehatan tentu janin dalam kandungan pun akan mendapat dampak buruknya. Betapa tidak, janin itu masih sangat tergantung pada ibunya bahkan apa yang dirasakan oleh ibu, janin ikut merasakannya.

baca juga : makan pedas dikala hamil, bolehkah ?

2. Koredok dibentuk dengan sayuran sehat

Ibu hamil dihentikan sembarangan makan sayuran mentah alasannya yakni rentan terkotori oleh basil berbahaya. Mungkin badan ibu hamil berpengaruh menghadapi basil tersebut namun janin masih belum bisa mendapat serangan basil berbahaya.

Untuk itu, apabila Anda ingin makan koredok sebaiknya buat sendiri saja dengan materi – materi yang sehat dan tidak membahayakan kehamilan. Pilih sayuran mentah yang masih higenis untuk memperkecil resiko terkotori bakteri.

3. Cuci higienis sayuran

Sebelum dibentuk sebagai koredok, Anda harus mencuci higienis semua sayuran materi koredok hingga benar benar bersih. Meski anda telah membeli semua sayuran dari daerah yang higienis namun sebelum dibentuk koredok harus tetap dicuci dulu.

Mencuci sayuran yakni langkah sempurna yang perlu dilakukan oleh semua orang untuk menjaga kesehatan dirinya terkait dengan masakan yang akan dibuat. Apalagi ibu hamil yang tidak hanya memikirkan diri sendiri tapi janin dalam kandungan juga harus diperhatikan.

4. Buang sayuran busuk

Terkadang it menjumpai sayuran yang sebagian sudah bacin dan sebagian masih bagus. Misalnya kol, di penggalan atas masih cantik tapi penggalan bawah sudah bacin bahkan ada belatungnya.

Terkadang kita sayang kalau harus membuang semua kol itu, kita buang yang bacin kemudian yang masih cantik dimasak. Kami sarankan untuk tidak mengolah sayuran yang sebagian bacin tersebut sebagai koredok alasannya yakni sangat besar resikonya.

Bagaimana dengan sayuran yang sudah bacin secara keseluruhan ? Tentu dihentikan dimakan. Makanan bacin sangat tidak dianjurkan bagi siapa saja, tak terkecuali perempuan hamil.

5. Jangan makan koredok terlalu banyak

Meski Anda suka makan koredok, namun sebaiknya jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya. Makanan jenis apapun kalau dimakan dalam jumlah terlalu banyak maka sanggup menyebabkan banyak sekali macam dilema kesehatan.

Untuk itu, demi mencegah sesuatu yang tidak diinginkan alangkah bijaksananya kalau ibu hamil tidak makan koredok dalam jumlah tak wajar. Bila ingin makan koredok, silakan makan dalam porsi masuk akal saja.

Demikianlah warta terkait dengan bolehkah perempuan hamil makan koredok. Penjelasan di atas kami tulis berdasarkan pengalaman perawatan kehamilan yang disarankan oleh beberapa orang. Untuk mendapat keterangan niscaya silakan eksklusif konsultasi ke dokter kandungan Anda. Salam

News Feed