Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat Flu ?

0
1

Bolehkah ibu menyusui minum obat flu ? Flu dikala sedang menyusui memang menjadi delima yang cukup membingungkan. Betapa tidak, jikalau tidak diobati takut sang buah hati tertular, namun jikalau diobati takut kalau ASI terkena imbas obat kimia. Langkah paling sempurna untuk menanggapi hal ini yaitu menentukan obat flu yang kondusif bagi ibu menyusui biar bayi tidak terkena imbas buruknya.

Ibu menyusui sebetulnya masih diperbolehkan minum beberapa jenis obat flu, akan tetapi obat flu tersebut akan sanggup mengalir ke ASI meski dalam jumlah kecil. Itulah alasan mengapa banyak ibu menyusui yang takut minum obat flu, yaitu khawatir kalau bayinya terkena dampak negatif dari obat flu yang dikonsumsi.

Oleh alasannya yaitu itu, jikalau ibu menyusi hendak minum obat flu maka wajib baginya untuk minum obat flu atas resep dokter. Jika tidak sempat untuk minta resep dari dokter, setidaknya bunda konsultasi dulu ke dokter mengenai obat flu yang akan dikonsumsi.

 Flu dikala sedang menyusui memang menjadi delima yang cukup membingungkan Bolehkah ibu menyusui minum obat flu ?
image from pixabay

Bolehkah ibu menyusui minum obat flu ?

Mengenai boleh dan tidaknya ibu menyusui minum obat flu itu tergantung pada obat flu yang akan dikonsumsi. Apabila obat flu tersebut merupakan obat yang sempurna maka tidak masalah, namun obat flu yang dikonsumsi sembarangan tanpa resep dokter sanggup jadi mengakibatkan gangguan kesehatan pada anak. Itulah langkah paling baik untuk menangani flu dikala menyusui.

Obat flu yang mengandung aspirin dan codeine hendaknya dihindari oleh ibu menyusui walaupun kedua zat tersebut sangat efektif untuk meredakan nyeri. Selain itu, obat flu yang mengandung guaifenesin (penghilang dahak), antihistamin (membuat ngantuk), dekongestan (melegakan hidung tersumbat) sebaiknya juga dihindari.

Jika Anda masih tetap ragu untuk mengkonsumsi obat kimia meskipun telah memakai resep dokter, Anda sanggup melaksanakan beberapa tips sederhana serta obat tradisional untuk mengatasi flu. Apa saja tips itu ? silahkan simak pada klarifikasi di bawah ini.

Tips Mengatasi Flu Saat Menyusui

Segera sembuh dari serangan penyakit yaitu cita-cita dari setiap orang yang sedang sakit. Namun kenyataannya, sembuh dari penyakit memerlukan proses dan tidak sanggup dilakukan dengan sekejap. Apalagi ibu hamil dan ibu menyusui yang tidak hanya memikirkan diri sendiri, melainkan juga memikirkan sang buah hati.

Apabila Anda masih khawatir untuk minum obat walau sudah sesuai resep dokter, Anda harus sabar dan telaten menerapkan beberapa tips yang terbukti sanggup meringankan flu. Tips tersebut antara lain yaitu sebagai berikut :

  • Cukup istirahat
  • Banyak minum air putih
  • Mandi air hangat
  • Terapi uap
  • Menghidari makanan yang memperparah flu
  • Menggunakan ramuan obat tradisional

Obat Flu Tradisional Aman untuk Ibu Menyusui

Sekali lagi kami sampaikan bagi orang yang masih bertanya tanya bolehkah ibu menyusui minum obat flu ? bahwa minum obat flu bagi ibu menyusui itu boleh boleh saja, asalkan degan memakai resep dokter. Adapun bagi Anda yang masih takut minum obat meskipun pakai resep dokter, silahkan gunakan obat flu tradisional di bawah ini :

Sembuhkan flu dengan madu

Sejak zaman dulu, banyak orang yang telah memakai madu sebagai obat tradisional pengusir flu. Bagi ibu menyusui, memakai madu sebagai obat flu ini tergolong kondusif bahkan sangat aman. Bagaimana cara menggunakannya ? yaitu dengan minum madu secara langsung, dicampur dengan teh dan atau dicampur dengan jeruk limon. Dengan cara ini, tenggorokan lega dan flu akan segera sembuh. Madu juga sanggup dijadikan sebagai obat batuk herbal untuk ibu hamil

Sembuhkan flu dengan nanas

Nanas juga sanggup dijadikan sebagai obat tradisional penghilang flu alasannya yaitu nanas memiliki kandungan bromelain yang sanggup membantu mengeluarkan lendir dan dahak dari tenggorokan. untuk memanfaatkan nanas sebagai obat batuk, Anda cukup mengkonsumsi nanas matang dalam jumlah wajar. Ingat ! dalam jumlah masuk akal saja, kalau berlebihan justru kurang baik.

Sembuhkan flu dengan probiotik

Probiotik yaitu jenis mikroorganisme yang diharapkan dalam pembuatan minuman yogurt. Manfaat yang disumbangkan oleh yogurt bagi kesehatan insan cukup banyak, salah satunya yaitu menjaga kekebalan tubuh. Dengan kekebalan badan yang baik, penyakit dalam badan akan dihalau secara perlahan lahan. Namun Anda harus hati hati , jangan hingga mengkonsumsinya dalam jumlah teralalu banyak.

Kesimpulan
Bolehkah ibu menyusui minum obat flu ? jawabnya yaitu boleh asalkan dengan memakai resep dokter atau memakai obat tradisional yang kondusif bagi bayi. Sekian informasi yang sanggup kami sampaikan semoga bermanfaat