by

Bolehkah Ibu Hamil Potong Rambut ?

Bolehkah ibu hamil potong rambut dan creambath berdasarkan Islam ? Pertanyaan satu ini kerap muncul di kalangan perempuan hamil. Pertanyaan terbut santer dilontarkan alasannya ada yang menyampaikan bahwa potong rambut dikala hamil ialah pantangan kehamilan yang dilarang dilanggar.

Mereka menyampaikan kalau potong rambut itu dilarang dilakukan oleh ibu hamil muda dan ibu hamil tua. Padahal sebagaimana kita ketahui, perempuan hamil sering gerah dan ingin memotong rambutnya.

Hal itulah yang jadinya menciptakan dirinya bertanya-tanya apakah perempuan yang sedang hamil itu boleh potong rambut dan creambath. Untuk mendapat tanggapan lebih detil, silakan simak ulasan berikut ini.

Bolehkah ibu hamil potong rambut dan creambath berdasarkan Islam  Bolehkah Ibu Hamil Potong rambut ?
Ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Bolehkah Ibu Hamil Potong Rambut Menurut Islam ?

Pandangan Islam perihal potong rambut dikala bagi perempuan itu boleh asalkan tidak hingga ibarat lelaki. Ibu hamil boleh melaksanakan perawatan rambut dengan memotongnya asal tidak hingga botak dan atau ibarat lelaki.

Selain itu, tidak diperbolehkan pula melaksanakan perawatan rambut dengan materi kimia yang sanggup merusak kesehatan alasannya intinya sengaja melaksanakan sesuatu yang sanggup membahayakan diri itu tidak boleh. ( Baca juga : mitos ibu hamil potong rambut)

Larangan ibu hamil dilarang potong rambut ialah hal yang tidak benar alasannya tidak ada dalil yang memperkuatnya. Kecuali kalau memotong rambut terlalu pendek hingga mirip lelaki atau menggundul rambut hingga botak.

Anggapan yang menyebutkan bahwa potong rambut dikala hamil pamali, itu tidak ajarkan dalam Islam. Islam mengajarkan supaya kita tidak melaksanakan sesuatu yang tidak ada dasarnya.

Apabila Anda ditakut-takuti oleh orang sekitar dengan ancaman kehamilan bermasalah kalau hingga potong rambut, maka Anda tidak perlu terpengaruh. Seperti halnya ibu-ibu modern dikala ini, sudah jarang yang mempercayai mitos tersebut.

Namun demikian, masih banyak juga pasangan suami istri yang percaya dengan mitos tersebut sehingga rela tidak memotong rambutnya meski rasanya gerah dan ingin potong rambut.

Orang yang percaya dengna hal itu jadinya tersugesti untuk meyakini kalau ibu hamil dilarang potong rambut. Memang belum ada yang meneliti perihal dampak potong rambut bagi kehamilan.

Namun secara umum, medis sudah menyatakan kalau potong rambut dikala hamil itu boleh. Satu hal yang perlu diingat ialah ketika melaksanakan perawatan rambut mirip rebounding, smoothing dan mewarnai rambut sebaiknya dihindari selama menjalani kehamilan.

Kenapa demikian ? alasannya materi yang dipakai untuk melaksanakan perawatan rambut mirip tersebut di atas kebanyakan mengandung materi kimia yang sanggup mengganggu kehamilan.

Kesimpulan

Penjelasan perihal bolehkah ibu hamil potong rambut ? sudah begitu jelas, yaitu potong rambut boleh dilakukan dikala hamil. Jangan terlalu gampang dengan kabar yang berkembang sebelum tahu dasar yang memperkuatnya.

News Feed