oleh

Bolehkah Ibu Hamil Minum Pocari Sweat ? Amankah ?

Kehamilan menuntut seorang perempuan untuk lebih selektif dalam menentukan masakan atau minuman yang akan dikonsumsi, pasalnya janin dalam kandungan masih sangat sensitif terhadap zat tertentu. Seiring dengan semakin banyaknya minuman isotonik yang dijual di pasaran, sering kali ada pertanyaan ” bolehkah ibu hamil minum pocari sweat ? “, keraguan ini muncul lantaran kewaspadaan ibu hamil semoga kehamilan berjalan lancar dan tak ada keluhan berarti.

Salah mengkonsumi masakan sanggup berakibat fatal terhadap kehamilan, hal itu disebabkan lantaran beberapa jenis masakan telah terpapar oleh virus dan kuman berbahaya. Mengenai masakan yang perlu dihindari oleh ibu hamil, kami telah membahasanya pada artikel berjudul MAKANAN YANG TIDAK BOLEH DIMAKAN SAAT HAMIL

Pada kesempatan ini, kami akan sedikit menjelaskan wacana boleh dan tidaknya ibu hamil minum minuman isotonik termasuk pocari sweat. Akhir simpulan ini, pocari sweat memang banyak dipilih oleh masyarakat sebagai minuman penghilang dahaga sekaligus pengganti cairan tubuh. Silakan simak penjelasannya berikut ini 🙂

image from pixabay

Bolehkah ibu hamil minum pocari sweat ?

Langkah sempurna untuk menentukan masakan atau minuman selama hamil yaitu konsultasi ke dokter. Mengapa demikian ? lantaran kondisi setiap orang itu berbeda beda, sanggup jadi ada satu masakan bergizi namun kurang cocok dikonsumsi oleh seseorang lantaran ia mempunyai gangguan kesehatan yang harus memantang masakan tersebut.

Adapun klarifikasi yang kami tulis ini yaitu keterangan umum, artinya berlaku bagi orang yang tidak mempunyai keluhan kesehatan tertentu yang mengharuskannya untuk menghindari minuman sejenis pocari sweat. Secara umum pocari sweat kondusif dikonsumsi oleh manusia, bahkan menyumbangkan banyak manfaat.

Lalu bagaimana dengan ibu hamil ? bolehkah ibu hamil minum pocari sweat ? jawabnya yaitu boleh dengan syarat tidak diminum dalam jumlah berlebihan. Pocari sweat yang diminum secara masuk akal justru sanggup menyumbangkan manfaat lantaran minuman isotonik ini banyak mengandung zat bermanfaat.

Kandungan Pocari Sweat

Pocari sweat termasuk minuman isotonik yang sangat terkenal di Tanah Air kita. Minuman ini diproduksi oleh salah satu perusahaan air minum di negara Matahari Terbit. Pocari sweat dibentuk dengan teknologi mutakhir sehingga menghasilkan air minum yang sangat menyerupai dengan cairan tubuh sehingga minuman ini sangat cantik untuk mengembalikan ion tubuh yang hilang sehingga terhindar dari dehidrasi.

Pocari sweat mempunyai rasa yang tidak terlalu manis namun cukup menyegarkan. Ketika cuaca panas, minuman ini sering kali dipilih masyarakat sebagai penghilang dahaga sekaligus pengganti cairan tubuh. Minuman ini dibentuk dengan komposisi air, natrium sitrat, asam nitrat, klasium laktat, magnesium dan lain lain. Kandungan anion dan kation yang bermanfaat bagi tubuh pun cukup banyak menyerupai Mg3+, K+, Na+, Ca2+ dan laktat.

Kabar yang beredar mengenai larangan ibu hamil minum pocari sweat menciptakan banyak ibu hamil yang bertanya tanya bolehkah ibu hamil minum pocari sweat ? Kalau melihat kandungan pocari sweat di atas, tentu saja minum pocari sweat ketika hamil itu boleh, bahkan termasuk minuman segar untuk ibu hamil, namun jangan berlebihan. Sangat tidak dianjurkan bila ibu hamil hingga meninggalkan air putih / air mineral  dan menggantikannya dengan minuman isotonik.

Manfaat Pocari Sweat bagi Ibu Hamil

Apabila diminum dalam jumlah wajar, pocari sweat sanggup menyumbangakan banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya yaitu mencegah kehilangan cairan tubuh (kekurangan cairan). Tak hanya ibu hamil, semua orang pun sama yaitu bila hingga kekurangan cairan tubuh maka kesehatan sanggup terganggu, apalagi janin yang masih ada di dalam kandungan. Berikut ini yaitu manfaat pocari sweat bagi ibu hamil dengan dosis wajar.

Mengganti Cairan Tubuh

Aktivitas yang dilakukan di bawah panasnya terik matahari menciptakan tubuh banyak kehilangan cairan melalui keringat. Apabila cairan tubuh banyak berkurang sedangkan suply cairan ke tubuh kurang sanggup jadi tubuh mengalami kekurangan cairan (dehidrasi). Dehidrasi berdampak kurang baik bagi tubuh, apalagi bagi orang yang sedang hamil. Minum pocari sweat secara masuk akal mempunyai kegunaan untuk mengganti cairan tubuh sehingga tubuh tetap sanggup menjalankan fungsinya secara optimal.

Menstabilkan Suhu Badan

Kekurangan cairan tubuh berdampak pada melemahnya fungsi tubuh sehingga suhu tubuh tidak sanggup terkontrol. Untuk menstabilkan suhu tubuh diharapkan asupan cairan yang cukup, salah satu cara nya yaitu dengan minum minuman isotonik. Di waktu demam, tubuh tidak sanggup menurunkan suhu tubuh sehingga tubuh terasa panas, di sinilah tugas minuman isotonik untuk memperbaiki asupan cairan tubuh.

Melancarkan pencernaan

Kebutuhan cairan tubuh yang sanggup terpenuhi dengan baik berdampak baik pada sistem pencernaan sehingga stamina tubuh sanggup terjaga dengan baik. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa ibu hamil sering kali menjumpai persoalan pencernaan dan susah BAB (buang air besar), maka dengan minuman isotonik ini proses pencernaan akan menjadi lancar.

Kesimpulan :
Bolehkah ibu hamil minum pocari sweat ? Jika menyimak klarifikasi dan uraian di atas tentu ditemukan balasan bahwa ibu hamil boleh minum pocari sweat asalkan tidak terlalu berlebihan. Konsumsi minuman isotonik dalam jumlah masuk akal justru berdampak kasatmata pada kesehatan ibu dan janin. Lakukan segala cara untuk menjaga kesehatan sang buah hati semoga tidak menyesal di kemudian hari.

INFO UPDATE