oleh

Bolehkah Ibu Hamil Makan Timun Mentah ? Baca Ini Sebelum Menyesal

Mentimun mentah bolehkah dimakan oleh ibu hamil ? Pertanyaan ini terkadang muncul di benak sebab saking hati – hatinya dalam menjaga dan merawat kehamilan. Mentimun mentah memang sangat cocok disajikan sebagai lalapan seafood atau sebagai materi lotis /rujak. Di ketika usai kehamilan muda, impian untuk makan rujak seakan menjadi hal penting yang tidak sanggup ditinggalkan. Entah kenapa, di usia kehamilan muda memang banyak yang mengalami keadaan itu.

Sebelum lanjut membaca artikel ini, silakan simak terlebih dahulu mengenai makan rujak ketika hamil, boleh atau tidak. Simak penjelasannya disini “bolehkah ibu hamil makan rujak“.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas lebih khusus wacana mentimun mentah bagi ibu hamil, apakah kondusif dikonsumsi ibu hamil atau tidak. Di sini akan kami sampaikan mengenai manfaat dan resiko makan mentimun mentah ketika sedang hamil.

image from piaxbay

Bolehkah ibu hamil makan timun mentah ??

Tidak ada larangan makan timun mentah ketika hamil, pasalnya timun mengandung nutrisi yang diperlukan ibu hamil. Namun demikian, bunda harus tetap berhati – hati dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Pastikan mencuci higienis mentimun sebelum dikonsumsi guna menghindari imbas jelek yang ditimbulkan. Silakan baca dulu sayuran mentah untuk ibu hamil yang aman.

Selain itu, ibu hamil juga tidak direkomendasikan makan timun mentah dengan bumbu rujak / bumbu lotis yang terlalu pedas sebab sanggup mengakibatkan gangguan pencernaan. Apabila ibu hamil makan timun dalam jumlah masuk akal dan dimakan dengan cara yang benar maka bunda akan menerima banyak manfaat.

Manfaat Ibu Hamil Makan Timun Mentah

Jika anda bertanya bolehkah ibu hamil makan timun mentah ? Jawabnya boleh, asalkan dimakan dalam jumlah wajar, dicuci higienis terlebih dahulu dan tidak dimakan dengan gabungan yang sanggup mengganggu kesehatan. Di bawah ini yaitu manfaat timun bagi ibu hamil 🙂

1. Sebagai cemilan segar

Bunda boleh menciptakan rujak atau lotis dengan materi timun asalkan tidak memakai cabai terlalu banyak. Rujak timun termasuk cemilan yang menyegarkan dan tidak mengakibatkan kenaikan berat tubuh berlebih sebab kandungan kalori dalam timun tergolong sangat rendah. Anda juga sanggup menjadikan timun sebagai materi lalapan asalkan tidak pakai sambal terlalu banyak.

2. Mencegah dehidrasi

Dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) yang dialami ibu hamil sanggup mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin. Untuk itu, bunda perlu banyak minum air putih paling tidak 8 gelas setiap hari ditambah dengan mengkonsumsi masakan yang banyak mengandung air, salah satunya yaitu mentimun. Kandungan air yang terdapat dalam mentimun sangat cocok bagi ibu hamil untuk mencegah dehidrasi.

3. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat pada kulit mentimun sangat baik untuk melancarkan pencernaan ibu hamil sehingga sanggup terhindar dari sembelit (susah BAB). Namun demikian Anda harus tetap waspada, hendaknya timun dicuci hingga higienis sebelum disantap untuk menghindari imbas jelek yang mungkin terjadi. Berhubung ibu hamil banyak yang mengeluhkan sembelit, maka jikalau ada yang bertanya bolehkah ibu hamil makan timun ? jawabnya boleh asalkan tidak berlebihan.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tak hanya segar ketika dimakan, mentimun juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh sebab mengandung vitamin C, vitamin A dan betakaroten. Kekebalan tubuh yang terjaga dengan baik tentu berbengaruh positif terhadap tubuh kembang dan kesehatan janin dalam kandungan. Selain daripada itu, mentimun juga mempunyai kandungan vitamin K yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil.

5. Penyumbang nutrisi penting

Meski hanya terlihat sederhana namun kenyataannya timun mempunyai kandungan nutrisi yang cukup banyak, ibarat vitamin A, vitamin C, vitamin B1, B2, B3, kalium, asam folat,zat besi dan magnesium yang kesemuanya itu sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk menjaga kehamilan semoga tetap sehat dan bugar. Siakan baca tips hamil sehat dan bugar secara alami.

6. Menjaga elastisitas kulit

Sebagaimana kita ketahui bahwa penggalan tertentu pada tubuh ibu hamil akan mengalami pembengkakan ibarat penggalan perut, paha, pay*d*ra dan bok0ng. Untuk itu, ibu hamil perlu meningkatkan keelastisan kulit guna mencegah terjadinya garis hitam yang terlihat terang sesudah kehamilan usai. Salah satu upaya yang sanggup dilakukan untuk meningkatkan elastisitas kulit yaitu mengkonsumsi mentimun segar sebab kandungan kalogen dalam mentimun sangat baik untuk meningkatkan elastisitas kulit.

Resiko Makan Timun bagi Ibu Hamil

meski mempunyai manfaat yang luar biasa, namun apabila ibu hamil makan timun terlalu berlebihan maka akan timbul banyak sekali macam problem kehamilan yang cukup mengganggu. Di bawah ini yaitu beberapa resiko yang akan terjadi apabila bunda makan timun di luar batas kewajaran :

➮ Terlalu banyak makan timun sanggup mengakibatkan perut kembung
➮ Memicu alergi
➮ Buang air kecil menjadi lebih sering
➮ Dan lain lain

Untuk memastikan apakah Anda kondusif untuk mengkonsumsi timun mentah, silakan konsultasikan dulu ke dokter. Langkah ini merupakan langkah sempurna yang sangat dianjurkan sebab sebelum memberi saran, dokter akan menyelidiki kondisi kesehatan bunda terlebih dahulu sehingga apa yang disarankan sesuai dengan keadaan tubuh Anda.

Kesimpulan
Bolehkah ibu hamil makan timun mentah ? boleh, asalkan dalam jumlah masuk akal dan tidak dimakan bersama dengan masakan yang sanggup membahayakan kesehatan. Sekian yang sanggup kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam

INFO UPDATE